by

Bupati Lepaskan Ribuan Bibit Ikan di Sungai Musi

Loading…

KOPI, Musi Rawas – Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Musi Rawas dalam menjaga kelestarian ekosistem sungai Musi, Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan melepaskan ribuan bibit ikan di aliran sungai Musi di Kecamatan Muara Lakitan, Minggu (25/08/2019). Adapun bibit ikan yang disebarkan diantaranya anakan ikan patin Musi sebanyak 5000 ekor dan ikan Patin dengan berat 0,5 kg perekornya dengan total 3,5 kwintal serta penaburan ikan lele seberat 25 Kg.

Pelepasan bibit ikan ini bersamaan dengan Lomba Mancing Tradisional di perairan sungai Musi dalam rangka HUT ke-74 Kemerdekaan RI dengan mengangkat tema “Lestarikan Alam Sungai Musi” yang diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai daerah.

Bupati Hendra Gunawan usai melepas bibit ikan ini berharap  bibit ikan yang ditebarkan dapat berkembang biak dan bermanfaat bagi masyarakat serta dapat mempertahankan kelestarian ekosistem Sungai Musi. “Pelepasan bibit ikan ini hanya sebagai stimulus, namun yang paling utama yaitu bagaimana kita menjaga ekosistem sungai ini agar tetap alami dengan tidak melakukan ekploitasi ikan dengan cara-cara yang tidak berpihak kepada pelestarian ekosistem alami sungai Musi”papar Bupati H2G

Madu Baduy

Untuk itu, pemimpin yang dikenal merakyat ini menghimbau agar ekploitasi ikan dengan cara penyetruman dan menggunakan racun yang berlebihan agar dihentikan karena selain membunuh ikan dan anak ikan juga berdampak pada rusaknya lingkungan Sungai Musi. “Jika ekosistem dan kealamian sungai Musi ini terus dijaga tentu akan berdampak postif baik bagi ekonomi masyarakat maupun lingkungan,”demikian kata Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan

Sementara itu, Camat Muara Lakitan Freewan Novio bersama Kapolsek Muara Lakitan AKP Romi menegaskan untuk mempertahankan kealamian ekosistem sungai Musi in. Pihaknya bersama-sama unsur Tripika dan seluruh Kepala Desa Muara Lakitan dan masyarakat akan terus melaksanakan sosialisasi dan patroli.

“Kita terus menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat akan pentingnya sungai Musi ini sebagai.sumber kehidupan. Menjaga dan melestarikannya merupakan tugas kita bersama, untuk itu mari kita jaga dan manfaatkan sungai musi ini dengan baik dan beretika,” demikian kata Freewan.

Hadir mendampingi Bupati Musi Rawas saat pelepasan bibit ikan, Sekretaris DPRD Musi Rawas Amir Hamzah, Camat Kecamatan Muara Lakitank Freewan Novio, dan Kapolsek Muara Lakitan AKP Romi serta tokoh dan masyarakat Muara Lakitan. (vhio)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Loading…

Comment

BACA JUGA...