by

Indahnya Kemenangan Timnas Kita

Oleh: Tubagus Soleh Cipoetat

KOPI, Jakarta – Saat ini rakyat Indonesia sedang berbahagia atas keberhasilan Timnas U-23 lolos ke babak perdelapan final dalam laga tingkat Asia. Keberhasilan ini, murni berkat latihan keras yang penuh disiplin dibimbing langsung Pelatih kaliber dunia Shin Tae Yong asal Korea Selatan, dan kita –rakyat Indonesia– sudah bisa menyaksikan hasilnya yang sangat luar biasa.

Sebagai Bangsa Pejuang, keberhasilan mencapai prestasi yang gemilang di perhelatan kejuaraan Tingkat Asia (AFC ) bukan karena bantuan wasit atau permainan “sepak bola gajah”. Timnas U23 berhasil karena kualitas permainan timnya memang mampu berkompetisi dengan penuh fair play. Berkompetisi di lapangan bersahabat dalam kehidupan. Siapapun yang menjadi lawan dalam “pertandingan” merupakan sahabat dalam kehidupan.

“Kemenangan memang dibutuhkan dalam setiap game. Tapi harus diraih dengan fair play. Bukan sebab karena menjadi tuan rumah apalagi sampai pake tangan pemain ke 12 yang berstatus wasit dan VAR.”

Penulis tertarik dengan ungkapan dari netizen, “Insyaallah Timnas U-23 siap bertanding dengan tim negara manapun dengan penuh fair play. Dan Insyaallah bisa menang asalkan wasitnya adil.”

Kekalahan Timnas kita dari Timnas Qatar diindikasikan karena Timnas Qatar dibantu oleh wasit yang sangat telanjang berpihak kepada Qatar. Hal ini tidak hanya dikeluhkan oleh kita saja tapi seluruh dunia sepakbola bola pun menyatakan demikian.

Namun mental sebagai Bangsa Pejuang perlakuan yang tidak fair dari Timnas Qatar tidak menyurutkan langkah mundur ke belakang. Tapi justru menjadi pemantik untuk pembuktian Timnas U23 kepada Bangsa Indonesia dan dunia. Hasilnya sangat indah. Timnas mampu unggul 1-0 lawan Timnas Australia. Dan menang 4-1 atas Yordania. Sehingga lolos ke babak perdelapan final tanpa bantuan wasit atau dengan cara culas.

Keberhasilan Timnas U-23 ini merupakan bukti nyata bahwa bangsa Indonesia mampu menjadi pemenang. Hal ini tidak lepas dari Kepemimpinan Bang Erik Tohir (ET) di PSSI dalam waktu singkat mampu memiliki pengaruh yang besar dalam kemajuan Timnas Indonesia.

Kita juga melihat peran tangan dingin pelatih STY yang sangat besar dalam merubah mental “bertarung” Garuda Muda Indonesia serta mengasah teknik dan strategi dalam bermain bola yang luar biasa.

Sebagai rakyat Indonesia, tentu kita menginginkan agar keberhasilan ini terus bisa berkesinambungan. Tidak hanya sesaat atau instan tapi akan berlanjut seterusnya.

Bila saat ini Timnas kita sudah bisa tembus ke babak perdelapan final. Penulis percaya timnas U-23 juga insyaallah bisa tembus ke babak semifinal dan Final serta menjadi juara untuk pertama kalinya.

Semua itu sangat mungkin dan terbuka Timnas raih. Dengan modal mental Pejuang, skill pesepakbola profesional dan strategi pelatih STY yang brilian serta doa dari seluruh rakyat Indonesia. Impian kita bisa berlaga di level Piala Dunia bisa terwujud. Ya, saat ini kita fokus memenangkan setiap pertandingan di AFC dulu.

Selamat buat Timnas U-23. Yakin usaha sampai, kita pasti bisa jadi juara. Amiin. (*)

Penulis adalah Ketua Klub Study Islam dan Politik (KSIP) “Sapu Lidi”

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA