by

Satgas Yonif 310/KK Laksanakan Karya Bakti Bersama Anggota DPRD Pegunungan Bintang Papua

KOPI, Pengunungan Bintang Papua – Karya bakti merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat atau lingkungan sekitar. Salah satu bentuk karya bakti yang dilakukan oleh Satgas Pamtas Statis Yonif 310/KK di Distrik Okbibab adalah melibatkan delapan kampung dalam rangka menyambut peringatan HUT RI ke-78.

Distrik Okbibab sendiri adalah sebuah Distrik di Kabupaten Pegunungan Bintang, salah satu daerah pedalaman yang terletak di Papua, Indonesia. Namun semangat untuk menyambut peringatan kemerdekaan tetap ada di hati masyarakat setempat. Yonif 310/KK yang tergabung dalam Satgas Pamtas Statis Yonif 310/KK memiliki niatan untuk membantu masyarakat dan menguatkan rasa kebangsaan dengan melibatkan delapan kampung dalam kegiatan karya bakti.

Demikian disampaikann Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal di Makotis, Rabu (9/8/23). Selanjutnya, Distrik Okbibab terdiri dari 8 Kampung di antaranya Kampung Abmisibil, Manunggal, Okaplo, Okbifisil, Atlobol, Iriding, Oktanglap dan Kampung Oksemar. Ibu kota Distrik terletak di kampung Abmisibil yang jaraknya 30 km dari Ibu Kota Kabupaten di Oksibil, dari 8 kampung di Distrik ini, Kampung Okaplo yang terluas wilayahnya merupakan kampung terjauh dari Ibu Kota Distrik.

“Distrik Okbibab memiliki 8 Sekolah Dasar, 1 Sekolah Menengah Pertama, dan Distrik ini menjadi salah satu dari dua Distrik di Kabupaten Pegunungan Bintang yang memiliki Sekolah Menengah Atas yaitu SMA Okbibab, sementara hanya memiliki 1 Puskesmas sebagaimana Distrik-Distrik yang ada di Pegunungan Bintang,” pungkas Dansatgas.

Karya bakti yang dilakukan Satgas Yonif 310/KK dalam rangka memperingati HUT RI ke-78 sekaligus memperkenalkan Satgas ini karena baru dalam bertugas di wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang khususnya di Distrik Okbibab. Mewakili Dansatgas, Danpos Letda Inf Falty Suangro Sagala.

Pelaksanaan karya bakti ini diikuti warga beserta aparat pemerintah dan keamanan setempat berjumlah 100 orang yang diwakilkan dari 8 kampung yang berada di wilayah Distrik Okbibab Kab. Pegunungan Bintang. Berikut nama Aparat Kampung di 8 kampung Distrik Okbibab di antaranya: Timotius, Sekretaris Distrik Okbibab; Feri Uropmabin, Kepala Kampung Abmisibil; Alfonus Uropmabin, Kepala Kampung Manunggal; Yosem Apintamon, Kepala Kampung Okaplo; Markus Sitokdana, Kepala Kampung Okbifisil; Belasius Singpanki, Kepala Kampung Atlbol; Ambrosius Nalsa, Kepala Kampung Iriding; Dilimus Ningdana, Kepala Kampung Oktanglap; Erwin Kalaka, Kepala Kampung Oksemar.

Danpos Letda Inf Falty Suangro Sagala juga menambahkan bahwa kegiatan yang dilakukan Satgas Yonif 310/KK akan berkelanjutkan khusus di Distrik Okbibab beserta 8 kampung di Distrik ini. Terutama kegiatan yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan, perbaikan dan pemeliharaan gedung sekolah, pelayanan Posyandu dan peningkatan gizi balita, ibu hamil dan menyusui, perbaikan dan pemeliharaan tempat ibadah, serta peningkatan ekonomi warga Distrik dan kampung. Satgas Yonif 310/KK meminta dukungan dari para Pemangku Adat, Kepala Kampung, dan para warganya untuk membantu menjaga keamanan dan kestabilan khususnya di Distrik Okbibab beserta 8 kampung.

“Satgas Yonif 310/KK pun mengajak warga agar ikut menyemarakkan HUT RI ke-78 dengan memasang bendera merah putih di setiap rumah-rumah warga yang sudah di bagikan sebelumnya,” ucap Danpos.

Turut hadir dalam pelaksanaan karya bakti yang dilaksanakan bersama masyarakat Distrik Okbibab mendapatkan apresiasi positif oleh Bapak Yohanes selaku Anggota DPRD Komisi C. Beliau menyampaikan bahwa “Baru kali ini selama adanya anggota Satgas di daerah kami (Distrik Okbibab), baru datang di daerah kami, turun langsung ikut membantu masyarakat kami untuk mengikuti karya bakti”. (Pen Satgas Pamtas Statis Yonif 310/KK)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA