by

Prosedur Menjadi Anggota dan Mendapatkan ID Card PPWI

KOPI, Jakarta – PPWI menerbitkan kartu identitas (ID Card Citizen Journalist) bagi semua anggota pewarta warga dan masyarakat umum yang membutuhkannya. Kartu ini berfungsi sebagai tanda pengenal dalam setiap aktivitas jurnalisme warga yang meliputi mengumpulkan dan membagikan informasi kepada masyarakat. Media utama yang dapat digunakan oleh setiap pewarta warga adalah Koran Online Pewarta Indonesia (KOPI) dengan situs www.pewarta-indonesia.com.

Masa berlaku ID Card yang dikeluarkan secara resmi oleh Pengurus PPWI adalah 3 (tiga) tahun (berakhir pada tanggal 31 Desember). Ketentuan bagi setiap orang yang ingin menjadi anggota dan mendapatkan ID Card Indonesian Citizen Reporter, adalah sebagai berikut:

1. Memiliki keinginan untuk berbagi informasi dalam bentuk berita, artikel, opini, foto, video, dan lain-lain secara benar dan bertanggung jawab.

2. Amat disarankan agar memiliki situs pribadi, blog pribadi/komunitas, dan bentuk media berbagi informasi lainnya.

3. Mengisi dan mengirimkan FORMULIR PENDAFTARAN yang dapat di-download DI SINI, ke alamat email: [email protected] dan/atau [email protected]. Pendaftaran dapat juga dilakukan melalui WhatsApp, hubungi Nomor WA +6285772004248 (Ms. Wina)

4. Pengiriman FORMULIR harus disertai scanning identitas (KTP/SIM/Kartu Mahasiswa/Kartu Pelajar atau lainnya) dan file foto diri.

5. Mensubsidi pembuatan/penerbitan ID Card sebesar Rp. 350.000,– (Tiga ratus lima puluh ribu rupiah), diluar ongkos kirim. Dana ini dapat di-transfer ke rekening PPWI:

Nama Bank : Bank BNI Cabang Senayan
Nomor Rekening : 0243142926
Atas Nama : Persatuan Pewarta Warga Indonesia

6. Mendaftarkan diri menjadi agen Medio Kurir JNE sebagai salah satu kegiatan bisnis sampingan agar memiliki sumber penghasilan demi meningkatkan kemampuan ekonomi dalam rangka menjaga independensi sebagai pewarta warga. Tautan pendaftaran di sini: https://kurir.medio.biz/register/PPWI-Nasional.

7. Khusus bagi anggota PPWI yang akan memperpanjang ID Card-nya, selain persyaratan (No. 3, 4, 5, dan 6) di atas, permohonannya harus dilengkapi scanning ID Card yang lama (yang sudah kedaluwarsa) untuk penentuan Nomor di ID Card PPWI-nya yang baru.

7. Bagi Anda yang kesulitan mengirimkan data via internet, dapat juga melalui pos dengan alamat :

Sekretariat PPWI Nasional

Jl. Anggrek Cendrawasih X Blok K No. 29 RT. 001 RW. 003, Kel. Kemanggisan, Kec. Palmerah, Slipi, Jakarta Barat – 11480, DKI Jakarta, Indonesia
Phone: +62-21-53668243; Call/SMS Center: 08137101875 dan/atau WA 085772004248 (Mbak Wina)
Email: [email protected], [email protected]  
Homepage: www.pewarta-indonesia.com

Salah satu komitmen PPWI adalah memberikan pelayanan terbaik bagi setiap anggotanya dan masyarakat umum. ID Card akan diproses dengan segera dalam waktu 15 hari kerja sejak tanggal data dan subsidi biaya diterima pengurus. Konfirmasi, pertanyaan, dan pengaduan dapat dialamatkan pada alamat sekretariat tersebut di atas.

Dowload Formulir Pendaftaran DI SINI

Hubungi Sekretariat PPWI Nasional

Jika ada pertanyaan, masukan, usulan, dan/atau informasi lainnya, silahkan hubungi Sekretariat PPWI Nasional di alamat:
Jl. Anggrek Cendrawasih X Blok K No. 29 RT. 001 RW. 003, Kel. Kemanggisan, Kec. Palmerah, Slipi, Jakarta Barat – 11480, DKI Jakarta, Indonesia
Phone: +62-21-53668243; Call/SMS Center: 08137101875 dan/atau WA 085772004248 (Mbak Wina)
Email: [email protected], [email protected]  
Homepage: www.pewarta-indonesia.com

Last update: 29 Januari 2024

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA