by

5 Hari Raya dalam Agama Kristen

KOPI, Jakarta – Setiap agama di dunia memiliki hari besarnya masing-masing. Tak terkecuali agama Kristen. Biasanya hari raya tersebut akan dirayakan oleh umat yang menganut agama tersebut.

Metode perayaannya pun berbeda-beda, disesuaikan dengan harinya. Hari besar ini tentu saja berbeda dengan hari biasanya, contohnya hari minggu. Cara untuk perayaan hari besar biasanya dikhususnya di gereja.

Lalu apa saja sih hari besar dalam agama Kristen? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Hari Raya Paskah

Paskah adalah perayaan terbesar bagi agama Kristen. Di sini, Yesus Kristus berhasil bangkit dari maut. Sebelum memperingati Paskah di gereja, umat Kristiani akan mengikuti ibadah Tri Hari Cusi terlebih dahulu. Selanjutnya ibadah di gereja dilakukan dengan rangkaian doa, membaca ayat alkitab tentang ibadah paskah, nyanyian rohani, semuanya untuk pujian kepada Tuhan.

2. Hari Raya Pentakosta

Dalam bahasa Ibrani, Pentakosta berarti Shavout yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti minggu-minggu. Pada Perjanjian Lama, Pentakosta disebut sebagai perayaan atas ‘pencurahan’ rahmat Tuhan dalam kehidupan mereka. Berkat tersebut diwujudkan secara spiritual melalui Taurat. Secara jasmaniah, berkat yang diberikan Allah dinyatakan melalui hasil panen gandum yang didapatkan bangsa Israel.

3. Hari Raya Ekaristi

Kemudian ada hari raya Ekaristi yang merupakan hari peringatan untuk mengenang wafat dan kebangkitan Yesus Kristus. Hari raya Ekaristi disebut juga dengan Perjamuan Suci setiap Hari Minggu. Ekaristi sebagai tanda Tuhan tidak lagi hadir dalam wujud manusia, namun dalam wujud Roh Kudus.

4. Hari Raya Kenaikan Yesus Kristus

Hari Raya Kenaikan Yesus Kristus dirayakan setelah 40 hari periswita kebangkitan Yesus Kristus dari maut. Peristiwa ini disaksikan sendiri oleh murid-murid-Nya. Yesus yang diangkat menuju surga tiba-tiba menghilang karena tertutup oleh awan. Sebelum itu, Yesus berpesan kepada murid-murid-Nya untuk segera menjadi saksi Yesus dan memberitakan Injil.

Baca: 5 Makna Natal yang Tak Boleh Dilupakan

5. Hari Raya Natal

Kata Natal berasal dari bahasa Portugis yang artinya kelahiran. Benar, Natal diperingati sebagia hari alhirnya Yesus Kristus ke dunia. Peringatan ini dilakukan setiap 25 Desember dan Natal menjadi perayaan yang sangat krusial bagi umat agama Kristen.

Itu dia serangkaian hari raya dalam agama Kristen. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan kita, ya!

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA