by

Jelang Nyepi, Bupati Jembrana Serahkan Bantuan Babi dan Beras ke Desa Adat

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba menyerahkan bantuan babi dan beras ke seluruh desa adat se-Kabupaten Jembrana dalam rangka menyambut Hari Suci Nyepi Tahun Caka 1946, bertempat di Stadion Pecangakan Jembrana Bali, Rabu (6/3/2024). Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna, Dandim 1617 Jembrana Letkol Inf. Mohamad Aldiansyah, Wakapolres Jembrana Kompol I Made Kanton serta Kepala OPD terkait.

Untuk masing-masing desa adat mendapatkan bantuan sebanyak 2 ekor babi dan 200 kg beras. Bantuan tersebut diperuntukkan untuk membantu Umat Hindu dalam melaksanakan upacara melasti yang merupakan rangkaian Hari Raya Nyepi, sehingga total tahun ini ada 128 ekor babi yang telah dibagikan secara simbolis.

Usai menyerahkan bantuan, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan bahwa bantuan tersebut merupakan program pemerintah yang sudah berjalan tiga kali, semenjak ia menjabat sebagai Bupati Jembrana, bantuan ini diberikan kepada masing-masing desa adat yaitu 2 ekor babi dan 200 kg beras. “Bantuan ini dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi, khususnya pada saat pemelastian Ida Bhatara, mudah-mudahan dengan bantuan ini pelaksanaan catur brata penyepian dilaksanakan dengan seksama,“ ujarnya.

Bupati Tamba juga meminta kepada semua unsur di Desa Adat, Bendesa, Kelian untuk kedepannya juga harus bekerja profesional karena kedepan Jembrana akan menyambut Jembrana Emas Tahun 2026. “Mohon bantu semua program Pemerintah Kabupaten Jembrana,” pintanya.

Ia juga berharap kepada seluruh Umat Hindu khususnya di Jembrana untuk bisa menjalani Catur Brata Penyepian sebagai rangkaian perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Caka 1946 dengan sungguh-sungguh, sehingga pelaksanaan brata panyepian bisa berjalan dengan baik setiap tahunnya serta terus ada peningkatan. ”Kepada seluruh Umat Hindu dimanapun, khususnya di Jembrana agar benar-benar melaksanakan catur brata panyepian, kita hormati tradisi kita, semakin tahun harus semakin bagus, hargai betul-betul brata panyepian,” harapnya.

Sementara, Ketua Majelis Desa Adat (MDA) Jembrana I Nengah Subagia menyampaikan terima kasih kepada Bupati Jembrana yang juga selaku Pemerintah Daerah Kabupaten Jembrana sudah hadir membantu kelancaran serangkaian perayaan Jari Raya Nyepi. “Bantuan ini dipergunakan untuk kelancaran agar proses melasti berjalan baik, tujuan bantuan ini agar krama desa yang melakukan ngayah di desa adat supaya tidak lesu dan tetap semangat, sehingga dapat berjalan lancar dan baik,“ tandasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA