by

Surat dari Sahabat: Betlehem Tidak Bisa Merayakan Natal!

Dikirim oleh: Elias Deis

KOPI, Betlehem, Palestina“Pembatalan Natal bukanlah suatu berita. Alasan di balik pembatalan inilah yang menjadi bahan pemberitaan. Genosida di Gaza adalah beritanya.” (Pendeta Dr. Munther Isaq, seorang Evangelis Gereja Lutheran Natal, Betlehem, Palestina)

Sahabat terkasih,

Di jantung kota Betlehem, di mana jalanan berbatu pernah bergema dengan tawa anak-anak dan melodi lagu-lagu Natal yang menggembirakan, keheningan yang belum pernah terjadi sebelumnya kini menghantui kota ini. Pembatalan perayaan Natal, sebuah kejadian yang tak terbayangkan di tanah suci ini, telah membuat suasana di Lapangan Manger menjadi suram. Permadani kota yang semarak, dihiasi dengan kekayaan sejarah tempat kelahiran Yesus, kini menanggung beban ketidakpastian.

Saat fajar menyingsing di Gereja Kelahiran Kristus, aula sucinya bergema dalam kehampaan, mencerminkan kesulitan yang dialami oleh keluarga-keluarga yang bergantung pada industri pariwisata. Hotel-hotel dan toko-toko suvenir yang tadinya ramai, kini kosong, menjadi saksi bisu terputusnya jalur perekonomian Betlehem – pariwisata.

Di tengah kehancuran ini, masih beruntung ada Yayasan Tanah Suci (Holy Land Trust) yang muncul sebagai secercah harapan, berkat dukungan yang tak tergoyahkan dari individu-individu yang penuh kasih. Keluarga-keluarga yang menghadapi kesulitan ekonomi menemukan hiburan dalam program penjangkauan yang menawarkan secercah cahaya di masa-masa sulit ini.

Namun, ketika masyarakat berada di ambang tahun baru, sebuah permohonan muncul. Kelelahan dan ketakutan yang nyata di kota ini menuntut diakhirinya konflik yang sedang berlangsung, kerinduan akan pemulihan perdamaian dan keadaan normal.

Di tengah tantangan-tantangan ini, Yayasan Tanah Suci terus bekerja untuk mengadakan acara Natal yang menjanjikan akan menjadi mercusuar kegembiraan. Yayasan berupaya menyediakan 500 paket bingkisan Natal kepada anak-anak dan keluarga, sebuah isyarat yang dimaksudkan untuk menanamkan harapan ke dalam hati yang terbebani oleh kesulitan.

Saat kita memasuki musim sakral ini, kami mengundang Anda untuk menjadi bagian dari cerita ini. Dukungan Anda dapat mengubah narasi, membawa kehangatan dan cahaya ke dalam kehidupan mereka yang mengalami kesulitan. Dalam semangat Natal, mari kita bergandengan tangan untuk menciptakan kisah perdamaian abadi dan kemakmuran bagi Betlehem dan Gaza.

Kami mengucapkan selamat berlibur dan Selamat Natal kepada Anda dan orang yang Anda cintai.

Yayasan Tanah Suci
Elias Deis ([email protected])

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA