by

5 Makna Natal Ini Tak Boleh Dilupakan

KOPI, Jakarta – Natal ialah momen perayaan di mana Yesus Kristus telah lahir ke dunia. Seluruh umat Kristiani pergi ke gereja untuk merayakan Natal. Setelahmenyambutnya, umat Kristiani tak lupa mempersiapkan segala sesuatu.

Mulai dari dekorasi rumah yang cantik, acara tukar kado, hingga sajian kue kering yang enak. Namun perayaan natal bukan hanya itu saja, melainkan ada bebeerapa hal yang perlu dimaknai agar Natal menjadi semakin berkesan.

Melansir dari YuKristen, berikut adalah hal-hal yang perlu diingat dari perayaan Natal, supaya Natal tidak hanya menjadi perayaan tahunan saja.

1. Natal Adalah Sukacita

Natal merupakan hari yang penuh kegembiraan, sebab Yesus Kristus telah lahir ke dunia. Yesus lahir untuk membawa damai dan mengajarkan kasih kepada sesama manusia. Sebab, Natal menjadi sukacita yang besar. Sudah sepantasnya momen Natal digunakan untuk merefleksikan diri akan karunia yang nyata dengan lahirnya Yesus ke dunia.

2. Natal Mengajarkan Berbagi

Perayaan Natal juga sebagai pengingat untuk peduli kepada sesama. Bila Anda memiliki rezeki berlebih, alangkah baiknya jika berbagi dengan saudara yang kekurangan. Biarkan mereka turut merasakan kasih sukacita Natal, dengan demikian Anda telah menjadi sumber berkat bagi sesama.

3. Natal Adalah Kasih Tulus

Hal penting yang tidak boleh dilupakan adalah Natal adalah makna yang tulus dan saling mengasihi. Yesus lahir untuk membawa kasih dan damai, sudah sepantasnya perbuatan-Nya menjadi teladan. Anda perlu menunjukkan makna natal yang sesungguhnya melalui perbuatan dengan menyebarkan kebaikan kepada sesama.

4. Natal Adalah Momen Mengucap Syukur

Hal selanjutnya yang tidak boleh dilupakan dalam perayaan Natal adalah bersyukur. Benar, bersyukur untuk segala sesuatu dalam hidup, mulai dari karena diberi kesehatan, makan tiga kali sehari, hingga tempat tinggal yang nyaman. Mengucap syukur penting dilakukan agar di momen ini Anda terus mengingat kebaian yang Tuhan berikan.

5. Natal Menjadi Pengingat Kesederhanaan

Natal tidak harus dilewatkan dengan kemegahan, sebab itu bukan inti sesungguhnya. Bila Anda ingat, Yesus sendiri lahir ke dunia jauh dari kemewahan atau pesta besar. Yesus lahir dengan penuh kesederhanaan. Begitu pula dengan Natal, sudah sepantasnya menjadi pengingat kesederhanaan. Memperbanyak doa Kristen menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Itu dia pentingnya makna natal yang perlu diketahui, semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi umat Kristiani.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA