by

Yuk Ketahui Manfaat Bermain Bola Voli untuk Kesehatan

KOPI, Nganjuk – Dibandingkan olahraga voli, sepakbola dan basket lebih terkenal di Indonesia. Tetapi, semenjak team Indonesia sukses masuk semi-final Kejuaraan Voli Asia di tahun 2017 lalu, olahraga ini sukses mengambil alih banyak perhatian.

Selain sanggup menjaga badan supaya masih tetap bugar dan sehat, teknik dasar posisi pemain bola voli membutuhkan kerja sama antara anggota team. Nah, jika tertarik dengan cabang olahraga ini, ada bermacam manfaat yang bakal kamu peroleh, lho! Misalnya ada empat manfaat berikut yang penting kamu ketahui!

1. Memperkuat Otot dan Sendi

Tehnik permainan voli mengikutsertakan banyak pergerakan pada anggota badan. Dimulai dari otot paha, betis, pantat, dan pinggul yang digerakan untuk lari dan lompat sampai otot punggung dan lengan atas untuk memukul bola.

Selain membuat dan memperkuat otot-otot itu, tehnik permainan bola voli dapat perkuat sendi karena terus dilatih untuk lakukan pergerakan melonjak, memukul, dan lari. Jika sendi kuat, kamu akan terbebas dari bermacam resiko cidera saat beraktivitas harian dan olahraga.

2. Ampuh Menolong Menurunkan Berat Tubuh

Karena terhitung dalam tipe olahraga kardio, olahraga bola voli bisa mempertingkat detak jantung. Jika dilaksanakan sepanjang minimum 15-20 menit, renyut nadi akan bertambah sekitar 60-80% dari umumnya. Olahraga kardio memacu otot jantung supaya terus bergerak hingga makin kuat. Jika otot jantung kuat, karena itu pembuluh darah bisa salurkan darah bisa lebih cepat serta lebih banyak.

Ini mengakibatkan oksigen semakin banyak mengucur pada beberapa sel otot dan menolong proses pembakaran lemak bahkan juga saat badan kamu istirahat.

Karena secara umum tehnik dasar bola voli bisa menolong proses pembakaran lemak, karena itu kamu perlu lakukan olahraga ini dengan teratur bila ingin turunkan berat tubuh. Disamping itu, olahraga voli bisa menahan kegemukan sebagai pemicu timbulnya bermacam penyakit beresiko seperti diabetes.

3. Menyehatkan Organ Intern

Selainnya bisa membakar lemak lebih efisien, olahraga kardio seperti olahraga bola voli rupanya bisa sehatkan organ-organ intern atau organ sisi pada tubuh.

Dengan demikian organ intern seperti ginjal, paru-paru, hati, dan lain-lain bisa berperan dengan optimal. Badan akan makin bugar dan sehat. Oleh karena itu, tidak ada kelirunya lakukan olahraga seperti voli khususnya di tengah kritis kesehatan karena menjalarnya COVID-19.

4. Membantu Meningkatkan Fokus

Tingkat fokus seorang bergantung dari kesehatan moralnya. Jika ingin fokus bertambah dan masih tetap tajam, karena itu psikis juga harus pada kondisi sempurna.

Lakukan olahraga bola voli dapat menjadi satu diantara langkah untuk mempertahankan kesehatan psikis sekalian mempertingkat fokus. Ditambah olahraga ini menuntut pemainnya untuk selalu kontraksi memperhatikan gerakan bola.

Selainnya memerhatikan pergerakan bola, salah satunya tehnik permainan bola voli yakni memerhatikan gerakan teman dan musuh supaya taktik permainan dapat dilancarkan.

Tidaklah aneh bila olahraga ini terhitung dalam olahraga yang sanggup mempertajam fokus dan mengawasinya supaya masih tetap konsentrasi. Hal ini nanti akan punya pengaruh pada pekerjaan dan rutinitas yang lain dilaksanakan setiap hari.

Setelah mengetahui empat manfaat di atas, ada beberapa alasan untuk jadikan bola voli sebagai salah satunya olahraga pilihan kamu. Olahraga yang hebat ini dapat kamu kerjakan bersama rekan atau keluarga.

Demikian artikel Manfaat Bermain Bola Voli untuk Kesehatan, semoga bermanfaat.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA