by

Denny JA: Tetaplah Menyebar Positivity ke Sekitarmu

Mindset

Sejak awal saya mengenalnya, Denny sering “sesumbar” bahwa ia harus menjadi orang besar di negeri ini. Orang besar itu berarti presiden, pemimpin atau seorang yang kaya raya. Itu mengingatkan saya pada Bung Karno yang juga di masa mudanya sering “sesumbar” seperti itu.

Bagi kebanyakan orang, sesumbar seperti itu adalah sesuatu yang tak biasa, tak patut, atau berlebihan. Sehingga kebanyakan orang memendam cita-cita besar yang dimiliki.

Sayangnya seringkali itu malah membuat kita mudah melupakan cita-cita besar yang kita sudah tetapkan. Sedangkan bagi Denny itu bukan sekedar “sesumbar”, tapi Denny sedang membangun dan menjaga mindset-nya sebagai orang besar.

Oleh karena itu ia pun sejak awal sekali atau sejak muda sudah harus berpikir dan bertindak atau berperilaku sebagai orang besar. Apa pun yang ia pikir atau lakukan selalu dengan mempertimbangkannya sebagai jalan untuk menjadi orang besar.

Di masa 80-an tak banyak motivator, buku, atau seminar dengan topik “mindset”. Namun Denny sudah mempraktikkan teori tentang mindset. Mungkin saja itu hasil dari menghayati biografi tokoh-tokoh dunia.

Itu membuat saya terperangah. Saya dulu kurang menyadari apa pentingnya menetapkan cita-cita setinggi langit seperti itu dan “berkoar-koar” tentang itu. Padahal kita sering ditanya saat kecil: Apa cita-citamu?

Ternyata sebenarnya itu pertanyaan penting, agar kita terus memiliki mindset tentang bagaimana kita menyusun rencana dalam mencapai cita-cita sejak kita masih muda sekali. Dalam bahasa yang keren adalah: memiliki mindset adalah untuk menjaga kita agar terus berada di rel yang tepat.

Madu Baduy (https://www.tokopedia.com/madubaduy)
______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA