by

Pentas 15 Dalang Cilik Asal Blora Bikin Gempar Penonton

KOPI, Blora Kiprah 15 dalang cilik lokal asal Blora membuat penonton terkagum kagum menyaksikan tampilannya sangat memukau saat pentas di Desa Nglarohgunung, Kecamatan Jepon Kabupaten Blora Jawa Tengah. Rabu (27/12/23) malam. Panitia menampilkan belasan dalang anak multitalenta yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Melalui pementasannya para dalang cilik menyampaikan pesan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. Acara yang sangat meriah ini, disaksikan banyak penonton, juga menampilkan Barongan Kuncoro Aji Joyo.

Pentas dalang cilik dengan tema ‘Merawat Bumi’ itu membawakan lakon Semar Bangun Klampis Ireng. Yang menarik di lakon Semar Bangun Klampis Ireng yang dibawakan para dalang cilik itu adalah pesan-pesan terkait isu pelestarian lingkungan.

Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP, M.Si, hadir secara langsung menyaksikan penampilan 15 dalang cilik. Orang nomor satu di Blora itu mengapresiasi kegiatan dalam rangka menanamkan kecintaan terhadap lingkungan hingga kesenian daerah.

“Kalau tadi melihat kegiatan kegiatan yang sudah dilakukan, luar biasa. Saya sampaikan apresiasi, Nglarohgunung keren,” teang Bupati.

Dengan kekayaan kesenian dan budaya yang dimiliki Blora, tambah Bupati, generasi muda perlu dilibatkan untuk ikut merawat dan melestarikannya. “Malam ini jadi sesuatu yang membanggakan untuk kita, bahwa Blora ini kaya akan potensi kesenian dan kebudayaan, termasuk dalang cilik yang ada di Blora,’’ ujar Arief Rohman.

Bupati yang akrab disapa Mas Arief tersebut mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Blora telah menjalin kerja sama dengan ISI Surakarta. Sehingga nantinya diharapkan dapat mendukung upaya pemajuan pada sektor kesenian dan kebudayaan di Kabupaten Blora.

“Kita terus mendukung upaya pelestarian kesenian dan kebudayaan ini, kita sudah ada kerja sama dengan ISI dan lainnya, diharapkan nanti adik-adik akan kuliah sesuai dengan hobinya,” papar Mas Arief.

Kepada para orang tua yang putra putrinya hobi dalang, diminta untuk terus mendampingi, apalagi ada rencana nanti akan ada cabang ISI di Blora. Semoga bakat terpendam yang ada bisa terus dibina dan semoga kesenian serta kebudayaan di Blora ini terus lestari dengan minat anak-anak kita.

Dana Indonesiana

Sementara itu, koordinator program, Munasir, menyampaikan, kegiatan positif ini terselenggara berkat dukungan penuh oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui program Dana Indonesiana. “Terima kasih kepada pihak dari Kementerian Pendidikan yang telah memberikan support pembiayaan penuh di kegiatan kami. Semoga kegiatan ini bisa memberikan kontribusi yang baik, buat generasi muda generasi budaya di kabupaten Blora,” terang Munasir.

Program ini diikuti oleh belasan pelajar mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Workshop sendiri, lanjutnya, digelar selama kurang lebih satu minggu diselenggarakan di Sanggar Seni Cahya Sumirat dan ditemani oleh 2 (dua) orang fasilitator. Hingga akhirnya diselenggarakan Lokakarya dan Pementasan 15 Dalang Cilik, di Desa Nglarohgunung.

Salah satu peserta Dalang Cilik, Satrio Damar Sakti, dari Desa Sumberejo yang masih duduk di bangku kelas 4 SDN Sumberejo, mengaku senang dan bersyukur bisa ikut tampil dalam pementasan ini. Saat disapa Mas Arief, Satrio dengan terus terang menyampaikan cita-citanya. “Cita-citanya jadi dalang,” ungkap Satrio kepada Bupati Blora. (SMD/YAN)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA