by

Media Center90 Zulkifli Laksakan Pelatihan Pemasaran Digital bagi UMKM Luwu

KOPI, Belopa, Sulawesi Selatan – Tim Relawan Media Center90 Zulkifli sukses menggelar Pelatihan/Workshop UMKM Luwu Go Digital Desain Konten Canva dan Digital Marketing serta Sosialisasi Sertifikasi Halal bagi para pelaku UMKM Se-Dapil 1 Luwu (Belopa, Belopa Utara dan Kamanre). Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, 26-27 Desember 2024, bertempat di Rumah Pemenangan dan Media Center Zulkifli, ST, M.Si,

Acara yang diikuti sekitar 35 orang ini telah ditutup secara resmi oleh Wakil Ketua 2 DPRD Luwu, Zulkifli, ST, M.Si, pada Rabu, 27 Desember 2023. Peserta kegiatan antara lain berasal dari Kecamatan Larompong, Suli dan Ponrang Selatan karena materi kegiatan yang sangat mereka butuhkan.

Pada saat pembukaan kegiatan dihari pertama lalu, Wakil Ketua 2 DPRD Luwu sempat melakukan dialog dan serap aspirasi para pelaku UMKM ini. Ada peserta yang mengeluh tentang bantuan usaha, baik modal dan peralatan serta kegiatan pembinaan dan pelatihan bagi pelaku UMKM yang masih minim dalam mengelola usaha mereka.

Menanggapi keluhan para UMKM ini, Zulkifli berkata bahwa pemerintah daerah memang mengalami keterbatasan untuk bisa memenuhi semua kebutuhan UMKM yang ada di Kabupaten Luwu. Untuk itulah, sebagai salah satu cara ikut membantu pemerintah dirinya mengadakan kegiatan seperti yang mereka ikuti saat ini.

“Apalagi kegiatan ini dibawakan langsung oleh para mentor yang ahli dibidangnya masing-masing baik di Pemasaran Digital, Desain Konten dan fasilitasi pembuatan Sertifikasi Halal,” ujar Zulkifli.

Materi yang diberikan kepada peserta antara lain adalah Desain Konten dengan Canva oleh Ruspandi Sabir (Desain Grafer), Digital Marketing Dasar oleh Aziz Aripuddin (Digital Marketer dan Pegiat Desa Digital Luwu), Cuang dari Konter Kreator oleh Mislukha Sabil (Konten Kreator Belopa dengan penghasilan jutaan rupiah setiap bulan dari Sosmed) serta Pendampingan Sertifikasi Halal oleh Ibu Yeni Murniaty, SE, S.Sos, M.M (LPK YP3K Yenita Taylor). “Kedepan kegiatan seperti harus bisa dilakukan oleh Pemerintah Daerah dan Saya akan fasilitasi agar Dinas terkait bisa memprogramkan ini sehingga para pelaku UMKM kita mampu beradatapasi dengan Digitalisasi dalam melalukan kegiatan dan promosi usahanya” tutur Zulkifli saat sambutan dan menutup kegiatan ini. (Syarif Aldhin)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA