by

Ini Dia Profesi yang Cocok untuk Anda yang Hobi Fotografi

KOPI, Jakarta – Fotografi merupakan salah satu hobi yang digemari banyak orang dari masa ke masa. Apalagi saat ini, banyak kawula muda yang senang bereksperimen di dunia fotografi dan memasarkannya di sosial media. Akan tetapi, tidak banyak yang mengetahui bahwa dunia fotografi sangat luas dan banyak profesi yang bisa digeluti di dalamnya.

Untuk bisa menggeluti dunia fotografi lebih dalam tentunya Anda harus memiliki berbagai skill. Anda pun harus memiliki kamera yang sesuai dengan spesifikasi profesi yang digeluti.

Seorang fotografer profesional harus memahami tentang photography rules hingga teknik dasar fotografi. Teknik dasar fotografi meliputi eksposure, focusing, hingga komposisi. Akan tetapi, saat ini dengan handphone yang memiliki kamera mumpuni bisa menjadi sarana menjanjikan bagi Anda yang hobi di dunia fotografi.

Bahkan, Anda juga bisa bekerja di suatu perusahaan dengan skill tersebut. Agar bisa diterima di perusahaan sebagai fotografer, temukan di sini CV fotografer yang menarik.

Selain itu, ada juga beragam profesi untuk yang memiliki bakat dalam fotografi. Berikut daftar selengkapnya!

Profesi di Dunia Fotografi

Jurnalis Foto

Siapa yang tidak kenal Arbain Rambey dan Oscar Motuloh? Dua orang tersebut merupakan salah satu legenda di dunia fotografi jurnalistik. Anda pun bisa memulai karir dengan menjadi jurnalis foto di sebuah perusahaan media. Tentu, Anda harus memulainya dari posisi yang paling bawah yaitu seorang freelancer. Anda bisa berkeliling kota atau mengunjungi suatu kegiatan, aksi, dan lain-lain kemudian menciptakan foto jurnalistik yang bagus.

Jurnalis foto pun harus memiliki kemampuan menulis. Akan tetapi, berbeda dengan jurnalis pada umumnya, jurnalis foto harus bisa menulis caption singkat yang sesuai dengan kaidah jurnalistik. Banyak perusahaan media yang masih menerima jurnalis foto, seperti Kompas, Antara, hingga Detik.

Food Photographer

Fotografer makanan menjadi salah satu profesi yang disenangi para pecinta fotografi. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa menggeluti profesi ini. Anda bisa menjual foto makanan yang Anda tangkap ke platform jual foto yang ada di internet. Selain itu, Anda pun bisa bekerja sama dengan pengusaha makanan dan minuman.

Tentu pada mulanya akan sulit. Namun, dengan terus berkarya dan menunjukan pada dunia bahwa Anda memiliki hasil foto yang baik, tentu Anda tidak perlu susah mencari klien. Klien akan datang menghubungi Anda dan mau membayar mahal karena hasil foto dengan kualitas yang terbaik.

Travel Photographer

Apabila Anda memiliki hobi jalan-jalan sambil memotret tentu profesi ini sangat tepat. Apalagi, jika hasil fotomu yang dibagikan di sosial media memiliki banyak peminat dan terkenal di kalangan pecinta fotografi. Terdapat sejumlah cara agar Anda bisa menggeluti profesi ini secara profesional.

Anda bisa menjual foto ke platform jual foto seperti Shutterstock dan Getty Images. Di platform tersebut, foto Anda tidak dibayar dengan rupiah, melainkan dollar. Semakin banyak mengunduh foto Anda, semakin banyak keuntungan yang Anda dapatkan. Anda pun bisa menjual foto Anda ke perusahaan media dengan harga tertentu.

Wedding Photographer

Profesi ini merupakan salah satu yang populer di kalangan pecinta fotografi. Biasanya, seorang wedding photographer bekerja sama dengan wedding organizer dalam mendapatkan job. Akan tetapi, tidak sedikit pula yang memiliki perusahaan fotografi pernikahan mandiri yang bisa dipesan oleh konsumen.

Anda bisa mengawali karir ini dengan mencari teman yang hendak melangsungkan pernikahan. Kemudian, Anda bisa memberikan harga yang murah terlebih dahulu dengan menunjukan hasil foto berkualitas. Setelah teman Anda puas, Anda bisa membagikan hasil foto pernikahan ke sosial media supaya orang semakin tahu bahwa kualitas foto Anda sangat baik. Seiring berjalannya waktu, Anda pun akan kebanjiran orderan dan akan mendapatkan keuntungan tinggi dari profesi ini.

Event Photographer

Hampir sama seperti wedding photographer, seorang fotografer acara biasanya menerima orderan untuk semua kegiatan secara umum. Mulai dari acara keluarga, pernikahan, ulang tahun, reuni, hingga acara pemerintahan. Tentu, profesi ini cukup menjanjikan apalagi jika Anda sudah terkenal sebagai fotografer andal.

Anda bisa memulai karir ini dengan memotret acara keluarga Anda sendiri. Kemudian, membagikan hasilnya di sosial media. Anda pun bisa menawarkan jasa fotografer kegiatan pada teman yang hendak menggelar acara, lalu membagikan hasilnya di sosial media. Seiring berjalannya waktu, Anda pun akan menjadi fotografer acara dan akan di-hire untuk acara yang lebih besar lagi.

Menjadi fotografer memang mengasyikan, akan tetapi apabila dianalisis lebih jauh ternyata banyak profesi menjanjikan dari hobi fotografi. Memang pada awalnya setiap profesi akan kesulitan mendapatkan job. Meskipun begitu, jika dibarengi dengan ketekunan dan rajin membuat karya yang menarik, bukan tidak mungkin seorang fotografer bisa berdaya dan mendapatkan keuntungan yang besar.

Nah, itulah uraian tentang profesi yang bisa digeluti oleh Anda yang memiliki hobi fotografi. Anda bisa memahami lebih dalam dari profesi tersebut di literatur yang lain agar semakin mendapatkan pengetahuan yang dalam. Selamat mencoba!

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA