by

Pjs Kades Duren Lakukan Pelepasan Mahasiswa KKN Unsika

KOPI, Karawang – Pjs Kepala Desa Duren, Engkos Kosasih melakukan pelepasan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Singa Perbangsa Karawang (Unsika), Rabu (31/1/24), bertempat di Aula Kantor Desa Duren, Jalan Raya Cikampek-Karawang, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Sebanyak 18 orang mahasiswa dari berbagai jurusan telah menyelesaikan tugas KKN selama 35 hari di Desa Duren.

Engkos Kosasih menyampaikan sangat senang dengan adanya mahasiswa KKN di desa-nya yang penempatannya terbagi di tiga dusun yaitu Dusun Duren, Dusun Kawali, dan Dusun Kaliurip. “Masa KKN selama 35 hari telah berjalan lancar dan sukses. Masyarakat juga menyambut antusias kehadiran mahasiswa KKN di dusun-nya,” ujar Pjs Kades.

Pjs Kades Duren berharap untuk ke depannya Unsika akan tetap menempatkan mahasiswa KKN di desa-nya. “Alhamdulillah sudah 2 kali mahasiswa Unsika KKN di sini selalu berjalan baik dan disambut antusias warga,” jelasnya.

Engkos berharap agar masyarakat dapat menyerap ilmu dan pengetahuan yang diberikan para mahasiswa KKN. “Dalam KKN kali ini, mahasiswa KKN mengedukasi masyarakat di antaranya tentang pembuatan tanaman hias, pot bunga, dan beberapa kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Saya berharap masyarakat dapat mengaplikasikan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari,” tandas Engkos.

Sementara itu, salah satu mahasiswa KKN, Nurkasyana Jurusan T. Mesin Unsika menyampaikan pengalamannya saat KKN di Desa Duren. “Kami memperoleh banyak pengalaman salah satunya terjalin erat rasa kekeluargaan satu sama lain. Kami juga melakukan edukasi terkait pemberdayaan UMKM kepada masyarakat dari Dusun Duren, Dusun Kawali, dan Dusun Kaliurip,” terangnya.

Lanjutnya, banyak potensi yang bisa digali dari masing-masing dusun, seperti UMKM bawang goreng dan kue basah yang sudah ada di Dusun Kawali dan Dusun Duren. “Kami mencoba melakukan pemberdayaan dan optimalisasi dalam bidang UMKM. Yang kami bantu lebih ke proses promosi seperti pengadaan banner, plang dan mendaftar di google maps agar usaha mereka mudah ditemukan,” ungkapnya.

Ia juga berharap ke depannya UMKM yang ada di Dusun Kawali dan Dusun Duren lebih maju. “Kita berharap apa yang telah kita lakukan bermanfaat dan UMKM lebih berkembang. Dan UMKM yang masih dipegang pihak lain, ke depannya bisa dipegang oleh masyarakat sendiri,” pungkasnya. (DJ)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA