by

Apakah Backlink Penting Untuk Website? + 4 Hal Yang Perlu Diketahui

KOPI, Kediri – Terlepas Anda blogger atau pemilik bisnis yang berupaya menjangkau pelanggan secara online melalui SEO, backlink adalah kunci pengubah permainan. Tentu, setelah Anda membuat konten berkualitas tinggi di website Anda.

Google sendiri telah mengkonfirmasi bahwa 2 faktor utama peringkat adalah konten dan tautan berkualitas yang masuk ke situs Anda. Ini jelas telah menjawab pertanyaan tentang; apakah backlink penting untuk website. 

Mesin pencari adalah semacam ajang kontes popularitas. Jutaan website berjuang untuk mendapat posisi teratas. Backlink adalah “suara kepercayaan/dukungan” dari website lain, indikasi nilai yang menentukan tingkat popularitas itu sendiri. 

Tapi tidak hanya sekedar itu manfaat backlink. Melalui artikel ini, saya akan mengajak Anda untuk mengeksplorasi lebih dalam. Apa saja dampak sebuah ‘tautan masuk’ terhadap kesuksesan bisnis online Anda. Dan bagaimana cara mendapatkannya. 

Mari kita langsung saja.. 

Apa itu Backlink?

Backlink adalah tautan dari situs orang lain yang mengarah ke situs And. Juga dikenal sebagai tautan masuk (inbound link). Secara alami, backlink terjadi karena pemilik situs lain, ingin agar pengguna mengetahui halaman situs Anda. Untuk berbagai alasan. Seperti, sebagai rujukan atau pengakuan bahwa halaman Anda hebat. 

Misalnya, blogger kecantikan (situs A) mengulas tentang 10 daftar produk kecantikan terbaik di Indonesia, dan menautkan postingannya ke salah satun ke halaman situs distributor kecantikan (situs B), maka situs B mendapat mosi percaya — atau backlink — dari situs A.

Semakin banyak mendapat tautan, itu akan menjadi sinyalemen bahwa situs A populer. Yang artinya, memiliki otoritas di industri produk kecantikan. 

Mengapa Backlink Penting?

Kembali mempertegas apakah backlink penting untuk SEO, karena ini memberi sinyal kepada Google dan mesin pencari lain, bahwa, sumber lain menganggap konten terkait cukup berharga untuk ditautkan. 

Sehingga, mesin pencari menyimpulkan bahwa website tersebut memiliki sesuatu yang layak dipromosikan. Dimana pada akhirnya diberi peringkat lebih baik di SERP (Search Engine Result Page) atau halaman hasil mesin pencari.

Itulah yang menjadi alasan, top 10 di halaman mesin pencari untuk kueri pencarian tertentu, biasanya hanya ditempati oleh situs populer. Dalam lanskap SEO, itu dinilai dari kuantitas dan kualitas backlink yang dimiliki.  

Sekarang, coba Anda mengetik kata kunci “Cara mengikat tali sepatu” di mesin pencari Google. Anda akan melihat di SERP, hasil seperti ini; 

Selanjutnya, coba Anda baca artikel di halaman merdeka.com yang menempati posisi top 1 Google itu. Saya yakin 100%, Anda bisa membuat artikel yang jauh lebih hebat dari itu. Jika pun Anda bukan penulis handal, Anda bisa membayar penulis profesional untuk membuatnya. 

Tapi, yakinlah Anda akan sulit untuk masuk dalam peringkat, jika situs Anda belum memiliki otoritas yang cukup terkait topik tersebut. 

Dalam hal ini, salah satu faktor otoritas paling penting, dinilai dari berapa jumlah backlink berkualitas yang situs Anda miliki.

Belum percaya?

Mari kita lihat jumlah backlink yang dimiliki situs merdeka.com dan berapa backlink yang dimiliki oleh situs yang mendapat peringkat di bawahnya. 

Silahkan Anda hitung sendiri perbedaan jumlah tautan yang dimiliki dua website contoh ini. 

Benar, bahwa jumlah backlink bukan satu-satunya tolak ukur untuk mendapat peringkat di mesin pencari. Namun, jika ada dua situs yang memiliki konten yang sama-sama hebat untuk kata kunci target yang sama, maka kuantitas dan kualitas backlink akan menjadi penentu. 

Ini adalah gambaran kasar yang menggambarkan bahwa; backlink memiliki peranan penting dalam kontes popularitas di mesin pencari. Tapi, Anda mungkin dapat mengalahkan situs merdeka.com kendati memiliki backlink yang jauh lebih sedikit, jika situs Anda berspesialisasi pada niche sepatu.

Karena, mesin pencari juga akan memprioritaskan situs yang ahli dalam topik tertentu. Ketimbang situs dengan topik umum. 

Tapi, yakinlah bahwa, jika Anda bermain di salah satu topik spesifik, Anda akan bersaing dengan situs sejenis. Karena, disana juga sudah ada pemain yang berpikiran sama.

Anda, setidaknya akan bersaing dengan kompetitor berdasarkan topik. Kuantitas dan kualitas backlink tetap menjadi faktor kunci untuk menang.  

Semoga di titik ini, pertanyaan apakah backlink penting untuk website terjawab secara lugas. Tapi, saya akan membuat beberapa point penting manfaat backlink untuk website Anda dari berbagai sudut; 

Manfaat backlink untuk website paling nyata

Sekarang setelah Anda tahu apa itu backlink dan mengapa perlu menginvestasikan waktu di hari-hari sibuk terkait hal ini? Ternyata, backlink tidak hanya penting untuk SEO atau peringkat situs. Lebih dari itu, juga memberi dampak lain. Baik secara langsung maupun tidak langsung. 

1. Backlink memberi  meningkatkan lalu lintas rujukan website Anda

Yang satu ini cukup jelas. Semakin banyak backlink yang Anda miliki dari website yang berbeda, semakin besar peluang Anda untuk meningkatkan lalu lintas rujukan dari situs terkait.

Bayangkan, Anda adalah pemilik bisnis yang menjual produk tertentu. Ada beberapa situs populer yang memuji produk Anda dan menautkan ke situs Anda. Itu jelas dibaca oleh audiens mereka. Ini benar-benar akan memberi Anda lalu lintas dengan tingkat konversi tinggi. 

2. Backlink adalah dukungan untuk website Anda.

Mirip dengan nomor satu. Anda sendiri, jelas tidak akan membuang tautan di website Anda, yang bisa dibilang platform pemasaran terpenting untuk bisnis Anda, pada sumber manapun tanpa alasan yang jelas. Anda memastikan itu mengarah pada sumber yang andal dan berkualitas, dan begitu juga pemilik bisnis lainnya. 

Mendapat tautan dari situs lain memberikan dukungan otomatis, atau persetujuan, terhadap konten di situs Anda.

Itu artinya, backlink berkontribusi besar dalam  membangun kepercayaan dan otoritas untuk bisnis atau merek Anda. Apalagi itu  ditampilkan di website otoritatif atau populer.

Semakin banyak dukungan yang Anda terima dari situs otoritatif, semakin tinggi peringkat website Anda di mesin pencari, semakin banyak orang akan mempercayai dan mengenal bisnis Anda.

3. Backlink membangun hubungan online antar website

Saat Anda menautkan atau mendukung website lain, orang-orang melihatnya sebagai koneksi yang Anda miliki dengan situs lain, dan itu membangun lebih banyak kepercayaan ketika orang tahu, Anda cukup di percaya satu sama lain untuk memiliki hubungan online yang transparan. 

Namun, jangan membuat kesalahan dengan berpikir bahwa, pertukaran tautan akan bermanfaat, karena ini berdampak buruk ketika terindikasi sebagai manipulasi link building. Mesin pencari seperti Google dapat menganggap itu sebagai skema tautan

4. Backlink adalah alat promosi untuk website Anda

Sederhananya, website lain yang menautkan ke situs Anda, secara langsung berdampak pada visibilitas yang lebih konsisten untuk situs Anda. Itu semacam iklan gratis! Yang masa berlakunya sangat lama. Sepanjang tautan dan situs pemberi tautan tersebut masih online.

5. Backlink adalah jalur bagi mesin pencari untuk menemukan situs Anda

Google dan mungkin seluruh mesin pencari yang ada di dunia, memerlukan cara untuk menemukan halaman website yang jumlahnya tidak terhitung lagi. Dan salah satu cara yang akan selalu digunakan, mereka menggunakan bot crawler yang mana merayapi setiap halaman website yang terhubung oleh tautan. 

Tautan adalah jalan atau jalur yang digunakan oleh bot crawler untuk masuk dari satu halaman web ke halaman web lain. Dari satu situs ke situs lain. 

Itu artinya, ketika situs Anda memiliki cukup banyak backlink maka secara otomatis ada banyak jalan bagi bot crawler untuk menemukan, merayapi dan mengindeks situs Anda di mesin pencari. 

Bagaimana cara mendapatkan backlink? 

Setelah Anda mengetahui manfaat backlink, Anda mungkin mulai jatuh cinta dengannya. Dan berpikir bagaimana mendapatkannya.

Kabar baiknya, ada banyak cara untuk membuat backlink. Baik secara gratis maupun berbayar. Namun yang perlu diperhatikan adalah, tidak semua backlink bernilai sama. Beberapa bisa menjadi racun untuk situs Anda, karena berbagai faktor. 

Menurut, salah satu pakar strategi link building di Garuda website, Dedi Ariko, mesin pencari seperti Google menjadi lebih serius dalam memberlakukan backlink sebagai komponen penentu peringkat di mesin pencari mereka.  

SEO saat ini, telah bertumbuh menjadi industri dengan berbagai dinamika didalamnya. Itu artinya, beberapa pelaku seringkali berupaya untuk memperoleh jumlah tautan dengan cara curang. Tujuannya, untuk mendapat peringkat yang lebih baik. 

Google, ingin memastikan bahwa halaman hasil hanya ditempati oleh situs yang benar-benar layak. Yang memperoleh tautan dengan cara wajar, alami dan pada akhirnya mampu memberi pengalaman yang baik pada pengguna. 

Nah.. beberapa backlink yang terindikasi curang untuk memanipulasi peringkat, itu akan dimasukkan dalam klasifikasi sebagai tautan SPAM. Khususnya jenis yang tidak memberi nilai pada pengguna. Jenis ini justru akan berdampak buruk terhadap SEO itu sendiri. Resiko terbesar, situs Anda akan dihukum dan hilang dari mesin pencari. 

Untuk itu, Anda harus memahami pola dan jenis tautan berkualitas. Salah satunya adalah memastikan bahwa tautan dibuat di halaman situs terpercaya dan memiliki nilai; yang memberi pengalaman baik pada pengguna. 

Dikatakan oleh Dedi Ariko, backlink biasanya diperoleh dengan tiga cara utama; 

1. Backlink Alami 

Tautan alami, terjadi cenderung tanpa tindakan apa pun dari pihak pemilik website. Misalnya, Anda membuat konten berkualitas tinggi yang menjadi rujukan banyak pemilik website lain. 

Untuk mendapat tautan jenis ini, hal utama yang perlu Anda lakukan adalah membangun kredibilitas situs sebagai ahli dan layak dipercaya. Tentunya, Anda harus populer dan dapat dengan mudah ditemukan oleh pengguna secara online. 

Contoh paling nyata adalah situs Wikipedia. Mereka memiliki banyak konten yang menjadi rujukan situs lain. Secara alami, mereka mendapat banyak backlink tanpa perlu melakukan upaya apa-apa. 

2. Backlink UGC

Backlink UGC (User Generated Content) atau tautan yang Anda buat sendiri melalui berbagai platform. Seperti, Anda memposting konten di forum, komentar blog, direktori online dan lain sebagainya. Selanjutnya, Anda menambahkan tautan yang mengarah ke situs Anda. 

Hati-hati – memang jenis tautan ini mungkin tampak sebagai cara termudah untuk mendapatkan backlink, banyak dari strategi ini cenderung ke arah “spam”. Sehingga, berdampak negatif pada reputasi website Anda. 

Tautan ini biasanya diberi label dengan tag “no follow” atau “UGC”.

Tapi, ketika Anda dapat melakukannya dengan cara tepat dengan cara yang tepat juga, tautan seperti ini masih berpotensi baik untuk meningkatkan visibilitas dan traffic rujukan. 

Caranya, Anda membuat posting berkualitas yang mendorong orang ingin tahu lebih dalam. Baik Anda sebagai pembuat konten atau halaman situs Anda yang memberi nilai pada pengguna.

3. Backlink Penjangkauan

Backlink penjangkauan, ini adalah jenis yang paling umum dan banyak digunakan praktisi SEO secara global. Ini seringkali disebut sebagai strategi link building. Anda melakukan berbagai aktivitas atau upaya untuk memperoleh tautan berkualitas untuk website Anda. 

Cara yang paling efektif, Anda menjadi Guest Blogging untuk situs-situs yang menerima posting tamu. Tidak sulit untuk mencarinya. Anda cukup searching di Google dengan kata kunci “guest post gratis”.

Jangan mengetik kata kunci “Jasa Guest Post”, karena itu akan membawa Anda pada halaman situs yang menyediakan layanan profesional yang berbayar. Jika Anda mencari versi gratisan.  

Lalu, Anda membuat konten berkualitas tinggi dan menempatkan tautan yang mengarah ke halaman situs Anda. Anda akan mendapat backlink dari cara ini. 

Namun, jika Anda adalah pelaku bisnis yang sebagian besar waktunya dihabiskan untuk mengelola usaha dan membutuhkan jumlah backlink cukup banyak untuk bersaing pada kata kunci tertentu, opsi menggunakan layanan profesional mungkin dapat dipertimbangkan. 

Jangan tergiur dengan harga murah. Pastikan bahwa Anda mendapat kualitas, ketimbang kuantitas. Walaupun mungkin Anda dikenakan biaya yang sedikit lebih tinggi. Agar, backlink yang Anda peroleh bukan jenis SPAM yang seharusnya Anda hindari. 

Kesimpulan

Demikianlah gambaran singkat tentang apakah backlink penting untuk website Anda. Jawabannya secara tegas bahwa itu sangat penting dan dapat memberi manfaat untuk banyak hal. Baik untuk SEO maupun untuk faktor lain yang berkontribusi langsung terhadap kesuksesan Anda secara online. 

Situs Anda perlu memiliki cukup banyak backlink. Namun, seperti yang berulang kali telah ditekankan pada beberapa poin diatas, Anda perlu untuk berfokus pada kualitas. Karena, hanya dengan itulah Anda dapat memperoleh manfaatnya.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA