by

BAIN HAM RI Somasi Kades Topejawa Takalar atas Dugaan Penyalahgunaan Wewenang

-Berita-229 views

KOPI, Makassar — Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Badan Advokasi Investigasi Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (BAIN HAM RI) telah mengirimkan surat somasi kepada Kepala Desa Topejawa, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Surat tersebut menyoroti dugaan penyalahgunaan wewenang oleh Kepala Desa berdasarkan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014. Jumat, (5/4/24).

Kepala Desa Topejawa telah menolak tanda tangan permohonan untuk pembuatan sertifikat tanah di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Takalar dengan alasan tanah tersebut dalam sengketa. Namun, salah satu Kuasa Hukum H.Bada yang diamanahkan oleh BAIN HAM RI, Djaya, SKM., S.H., LL.M, menegaskan bahwa tanah tersebut tidak sedang dalam sengketa, dengan tidak ada laporan kepolisian atau gugatan di pengadilan terkait hal tersebut.

Ketua DPP BAIN HAM RI, Djaya, SKM, S.H., LL.M

Djaya berharap agar Kepala Desa Topejawa memberikan solusi terbaik dan pelayanan prima kepada warganya sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Jika Kepala Desa masih bersikeras dengan keputusannya untuk tidak memberikan persetujuan dengan tanda tangan pada permohonan tersebut, BAIN HAM RI mengancam akan mengambil langkah hukum sesuai dengan aturan yang berlaku. Tutup Djaya.

Ini menunjukkan ketegangan antara pihak desa dan Badan Advokasi Investigasi Hak Asasi Manusia Republik Indonesia terkait klaim atas tanah yang belum terklarifikasi.(rls)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA