by

Wajib Tahu, Ini Dia 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Blogger Pemula

KOPI, Jakarta – Apabila seseorang bertanya bagaimana cara blogging yang benar bagi pemula maka akan saya jawab secara langsung to the point bahwa yang perlu dilakukan hanyalah membuat blog dan mengisinya dengan konten-konten yang ia buat.

Jika tujuan Anda dalam blogging hanyalah sekedar mengisi waktu luang, tempat menuangkan curhatan, atau tempat menulis hal yang Anda sukai tanpa memikirkan apakah tulisan Anda menarik pembaca ataupun menghasilkan uang maka blogging dengan cara di atas merupakan cara yang 100% benar untuk Anda terapkan.

Namun, apabila tujuan Anda dalam blogging adalah untuk menarik pembaca dan menghasilkan uang maka cara blogging di atas masih bisa dikatakan benar meski tidak sepenuhnya benar sebab banyak masih banyak hal yang perlu blogger pemula lakukan untuk sukses mendatangkan viewers dan menghasilkan pundi-pundi uang.

Secara garis besar, beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mendatangkan viewers dan menghasilkan uang adalah menerapkan SEO, men-setting tampilan blog agar menarik dan nyaman dipandang, menulis konten dengan rutin, dan memonetisasi blog.

Meski terdengar mudah, namun nyatanya banyak pemula yang melakukan kesalahan-kesalahan ketika melakukan hal di atas sehingga usaha yang dilakukan serasa tidak membuahkan hasil. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengindari melakukan kesalahan-kesalahan agar bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Lalu, apa saja kesalahan-kesalahan yang perlu kita hindari tersebut?

5 Kesalahan Blogging yang Harus Dihindari Oleh Blogger Pemula

Berikut ini 5 kesalahan blogging yang biasanya dilakukan oleh para blogger dan ada baiknya untuk blogger pemula hindari agar perkembangan blog Anda lancar.

1. Tidak menentukan niche blog dari awal

Sebelum membuat blog bahkan sebelum membeli domain sebaiknya Anda memikirkan terlebih dahulu apa niche dari blog Anda, hal ini penting sebab dengan menentukan niche blog dari awal akan memudahkan dalam menentukan nama domain blog, memudahkan riset keyword untuk artikel-artikel Anda nantinya, dan jika niche blog sudah ditentukan dari awal dan fokus pada niche tersebut maka saingan Anda pun seringkali hanya itu-itu saja sehingga mudah untuk dipelajari dan dikalahkan.

Kemudian, jika Anda tidak menentukan niche dari awal maka akan besar kemungkinan bahwa blog Anda akan punya nama domain blog yang asal-asalan dan akan berakhir menjadi blog gado-gado (niche apa saja diembat) yang mana kurang direkomendasikan untuk pemula sebab seringkali blog gado-gado akan memiliki saingan yang sangat banyak dan begitu beragam, dan juga kebanyakan blog gado-gado yang biasanya berada diposisi atas SERP merupakan blog besar yang mana dari situ kita bisa simpulkan bahwa blog kecil memang susah bersaing di niche gado-gado.

2. Asal-asalan dalam menentukan domain blog

Jika berpindah platform alias bahasa kerennya “migrasi” misal dari Blogger ke WordPress saja bisa membuat trafik blog drop sangat parah dan lama pulihnya maka apalagi jika blog ganti domain, seketika blog seperti direset ketika ganti domain dan rasanya seperti mulai dari awal lagi. Oleh karena itu penting untuk memikirkan dengan matang-matang nama domain blog agar tidak menyesal dikemudian hari.

3. Menulis artikel tidak sesuai dengan User Intent

Bagi yang belum tahu apa itu User Intent, singkatnya User Intent merupakan maksud atau niat user ketika mencari suatu kata kunci (keyword) di search engine Google.

Nah, biasanya pemula seringkali menulis artikel yang tidak sesuai dengan User Intent seperti contoh menyajikan banyak informasi yang tidak terlalu berguna sebelum akhirnya menyajikan informasi utama yang dicari-cari oleh User hanya agar artikel terlihat panjang dan berisi.

Sebagai contoh, ketika membuat artikel dengan keyword “cara mengisi token listrik” bukannya memberikan informasi tentang bagaimana cara mengisi token listrik secara langsung tanpa berbelit-belit eh malah memberikan informasi yang tidak diinginkan oleh pembaca seperti sejarah lengkap PLN, sejarah penemuan listrik dan bagaimana listrik dibuat.

Lalu, kenapa kita harus menulis artikel sesuai dengan User Intent?

Karena Google dan kebanyakan Search Engine akan berusaha memberikan hasil pencarian yang paling relevan dengan User Intent, oleh karena itu Google akan menempatkan hasil pencarian paling relevan dan sesuai dengan User Intent di posisi atas dan menempatkan hasil pencarian yang kurang relevan di posisi bawah.

4. Tidak rutin membuat artikel

Kesalahan keempat yang biasanya dilakukan oleh blogger pemula dan bahkan blogger yang sudah jago adalah tidak rutin membuat artikel. Perlu Anda ketahui bahwa hal ini merupakan kesalahan yang cukup fatal sebab rutin posting artikel merupakan salah satu poin penting dalam SEO.

Konsisten merupakan hal utama sehingga lebih baik posting dengan frekuensi 1 artikel setiap harinya daripada sehari posting 7 artikel kemudian 6 hari selanjutnya tidak posting apa-apa.

Apabila misal kesibukan bertambah maka sebaiknya jangan sampai tidak posting sama sekali, lebih baik turunkan frekuensi postingnya dan naikkan kualitas artikel, dan apabila misal sangat sibuk sampai-sampai tidak sempat menulis artikel maka tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa penulis artikel yang banyak bertebaran di internet.

5. Tidak sabar dalam menjalani proses

Tidak sabar merupakan salah satu kesalahan yang seringkali dilakukan oleh banyak blogger pemula termasuk saya dulu, banyak blogger pemula yang mengira bahwa SEO merupakan trik sakti yang akan mengantarkan artikel blog mereka ke page one dalam waktu beberapa hari saja padahal untuk masuk page one memerlukan banyak waktu dan lamanya beragam tergantung tingkat persaingan keyword serta usaha SEO yang dilakukan.

Dari pengalaman saya pribadi, beberapa artikel dengan keyword persaingan rendah-menengah di blog kecil saya baru mampu page one setelah sekitar 2-3 bulanan dengan berbagai usaha SEO on-page yang saya terapkan.

Penutup

Demikian 5 kesalahan blogging yang harus dihindari oleh blogger pemula, semoga bisa bermanfaat bagi para blogger-blogger pemula, sekian dan terimakasih atas waktu yang telah Anda luangkan untuk berkunjung.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA