by

Manfaat dan Kelebihan dari Backlink PBN dalam Dunia SEO

KOPI, Cirebon – Sudah diketahui umum bahwa backlink dan PBN adalah aspek penting untuk dipertimbangkan. Mereka membantu meningkatkan lalu lintas dan meningkatkan peringkat situs web yang ditargetkan.

Saat ini banyak orang yang menawarkan jasa backlink PBN dengan harga yang lumayan. Namun, hal ini sesuai dengan apa yang dilakukan karena menjaga kestabilan ranking website tidak mudah.

Apa itu PBN?

PBN memiliki arti private blog network atau jaringan blog pribadi. Ini adalah sekumpulan domain yang dimiliki oleh pemilik blog lain. PBN merupakan salah satu solusi cepat yang berguna untuk meningkatkan peringkat website.

Namun, di sisi lain, PBN adalah salah satu teknik SEO yang melanggar peraturan Google. Konsekuensi terburuk dari menggunakan PBN adalah website Anda berisiko mendapatkan penalti. Untuk meningkatkan peringkat website, dibutuhkan teknik link building yang sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Semua praktisi SEO dan spesialis SEO telah setuju bahwa link building yang sesuai dengan peraturan merupakan cara yang lebih baik untuk meningkatkan peringkat website dalam mesin pencarian. Bahkan, Google sendiri telah menyatakan bahwa link building adalah salah satu dari tiga aspek penting dalam SEO.

Faktor atau aspek penting lain yang dapat mempengaruhi kenaikan peringkat adalah Rankbrain dan konten yang berkualitas. Para praktisi SEO bekerja keras untuk mendapatkan backlink berkualitas yang dapat membantu meningkatkan peringkat website.

Sebenarnya, ada banyak jenis backlink yang dapat digunakan, tetapi tidak semuanya memiliki kualitas yang baik. Kualitas backlink merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kenaikan peringkat website.

Kualitas backlink dari PBN

Untuk meningkatkan kualitas backlink, salah satu cara yang biasa digunakan adalah dengan menggunakan expired domain atau domain yang sudah tidak aktif. Domain yang sudah expired tersebut sebelumnya memiliki website yang memiliki konten dan backlink yang berkualitas.

Setelah domain tersebut habis masa berlakunya, link-link yang ada di dalamnya masih tercatat di database Google. Jika domain tersebut didaftarkan kembali dan dibuat website baru, website baru tersebut akan menerima limpahan otoritas tinggi dari link-link tersebut.

Backlink yang diperoleh dari expired domain memiliki kualitas yang baik karena mendapatkan limpahan backlink dari website yang kredibel dan berkualitas. Namun, syarat utama yang harus dipenuhi adalah domain yang expired tersebut tidak memiliki catatan kriminal.

Menjaga keamanan PBN

Menggunakan PBN mirip dengan bermain petak umpet, karena jika Google mengetahui penggunaan PBN, web target yang dibangun mungkin akan dihapus dari hasil pencarian.

PBN dapat dianggap sebagai praktik black hat SEO yang sangat dilarang oleh Google. Salah satu hal yang dapat menimbulkan bahaya PBN adalah footprint atau jejak pencarian. Oleh karena itu, pengguna PBN harus memiliki cara untuk menyembunyikan footprint dari Google.

Ada beberapa cara untuk mengamankan PBN agar website yang dibangun tidak terkena penalti dari Google.

  • Menggunakan server hosting yang berbeda untuk setiap website PBN.
  • Meregistrasi domain dengan data dan kepemilikan yang berbeda-beda untuk setiap website PBN.
  • Menggunakan TLD (Top Level Domain) yang berbeda untuk setiap website PBN.
  • Menggunakan template yang berbeda untuk setiap website PBN.
  • Membedakan profil link untuk setiap website PBN.

Manfaat dan kekurangan dari menggunakan backlink PBN

 Backlink PBN adalah salah satu faktor yang dapat membantu meningkatkan peringkat website dalam mesin pencarian. Namun, penggunaan backlink PBN juga memiliki manfaat dan kekurangan.

Manfaat Dari Backlink PBN

  • Meningkatkan peringkat website dalam mesin pencarian.
  • Mempercepat proses pengujian kredibilitas website
  • Dapat digunakan untuk mengarahkan traffic ke website yang diinginkan
  • Dapat digunakan untuk meningkatkan otoritas website

Kekurangan dari backlink PBN

  • Risiko penalti dari Google jika digunakan dengan cara yang tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  • Dapat menimbulkan kesan tidak alami pada mesin pencarian.
  • Dapat merusak reputasi website jika tidak digunakan dengan benar.
  • Memerlukan biaya yang cukup tinggi untuk membeli domain expired atau domain yang sudah tidak aktif.
  • Memerlukan waktu yang cukup lama untuk membuat website PBN yang sehat.
  • Memerlukan pengujian yang cukup untuk menghindari risiko penalti.

Secara keseluruhan, backlink PBN dapat menjadi solusi cepat untuk meningkatkan peringkat website dalam mesin pencarian. Namun, seperti halnya dengan setiap teknik SEO, penggunaan backlink PBN juga memiliki risiko yang harus dipertimbangkan.

Penggunaan backlink PBN harus dilakukan dengan benar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku agar tidak menimbulkan risiko penalti dari Google. Selain itu, pengujian yang cukup harus dilakukan untuk menghindari risiko.

Pemahaman yang baik tentang manfaat dan kekurangan dari backlink PBN akan membantu dalam pengambilan keputusan yang tepat dalam meningkatkan peringkat website.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA