by

Cara Cepat Belajar SEO Pemula Supaya Cepat Mahir

KOPI, Cirebon Ingin Belajar SEO? Tapi masih belum tahu cara cepat dalam memahami Teknik SEO Pemula? Tenang! Di sini Anda akan belajar tentang cara cepat menguasai Teknik SEO. Sebelum mempelajari lebih lanjut tentang SEO, Anda harus tahu dulu apa itu SEO. Secara sederhana, SEO merupakan cara untuk mendatangkan lalu lintas organik dengan menempatkannya di halaman pertama mesin pencari.

Dalam dunia blogging memang banyak cara yang harus dipelajari agar website yang dimiliki bisa memiliki traffic yang padat. Salah satunya dengan memanfaatkan teknik SEO. Untuk itu, jika Anda masih baru terjun ke dunia ini, artikel kali ini akan mengulas Cara Cepat Belajar SEO Pemula Supaya Cepat Mahir.

Cara Cepat Belajar SEO Pemula Supaya Cepat Mahir

Cara belajar SEO ini setidaknya dengan menerapkan pemahaman tentang SEO sebagai langkah dasar. Nah, untuk lebih mudahnya, berikut langkah-langkahnya:

1. Memahami Konsep Dasar

Dalam teori apapun, memahami konsep dasar adalah kunci utama untuk dapat mempelajarinya. Begitu juga dengan teknik SEO ini. Inti sebenarnya dari teknik ini sendiri adalah tentang bagaimana membuat kata kunci terbaik untuk sebuah website, sehingga bisa sesuai dengan apa yang dicari pengguna internet.

Tentunya bukan ketika Anda menggunakan internet dan kemudian ingin mencari sesuatu di Google, maka Anda akan mengetikkan kata kunci tertentu? Hal inilah yang digunakan agar setiap kali pengguna internet mengetik, website bisa tampil di halaman pertama sesuai kata kunci tersebut.

2. Melihat Video SEO dari Youtube

Cara belajar SEO untuk pemula selanjutnya adalah dengan menonton video tips dan trik SEO dari YouTube. Banyak pakar SEO memberikan pendidikan tentang SEO melalui saluran YouTube mereka. Kamu bisa menggunakan ini untuk belajar gratis hanya dengan kuota internet. Semakin banyak channel YouTube yang Anda tonton, semakin banyak pula trik dan tips SEO yang bisa Anda terapkan, karena setiap praktisi biasanya memiliki trik yang berbeda-beda.

3. Aturan Pembelajaran SEO

Seperti materi lainnya, teknik SEO juga memiliki aturan yang diterapkan saat mulai mempelajarinya. Hal ini tidak lain untuk memudahkan para pemula agar dapat dengan cepat memahami cara menggunakannya secara optimal. 

Teknik utamanya adalah menerapkan konsep 80% praktik, dan 20% untuk pembelajaran teori. Mengapa harus? Sebab, dengan latihan, seseorang akan terjun dan melihat bahkan mengalaminya secara langsung sehingga otomatis otak akan lebih mudah mencernanya.

3. Ada Guru Pendamping

Salah satu dukungan yang sangat penting ketika belajar SEO adalah memiliki guru atau tutor yang menemani Anda. Tentu saja, bahkan dalam pemilihan, Anda harus mencari yang benar-benar ahli. Selain itu, hal ini juga akan memudahkan untuk cepat memahami suatu teori. Selain itu, teknik SEO tergolong teori yang sulit dipelajari secara mandiri. Namun, dengan seorang tutor Anda bisa memeras pengetahuan mereka sehingga mereka bisa menguasai teknik-teknik tersebut dengan mudah.

4. Metode Pembelajaran SEO

Dalam mempelajari sesuatu, setiap orang biasanya memiliki metode atau caranya masing-masing agar cepat memahami suatu materi. Begitu juga dengan SEO, saat belajar, carilah metode yang cocok untuk Anda. Hal ini juga berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran itu sendiri. Di sisi lain, teknik SEO memiliki segudang materi yang harus dipahami, jadi jangan sampai metode Anda “macet” hanya pada satu materi saja.

5. Fokus

Tidak salah jika sampai saat ini banyak sekali cara belajar SEO yang digunakan oleh para ahli. Ini adalah cara mereka untuk belajar dan berbagi pengetahuan. Jadi, dari sini Anda harus bisa fokus pada metode yang dipilih. Materi SEO sendiri sangat luas, jadi fokus pada metode yang tepat akan membuat Anda menguasainya dengan cepat. Jangan sampai ketika merasa kesulitan kemudian mengubah cara belajar.

6. Dengarkan Podcast SEO

Tidak hanya menonton video YouTube, Anda juga dapat menggunakan podcast untuk mendapatkan banyak pengetahuan tentang SEO. Banyak praktisi SEO membuat podcast pendidikan khusus tentang SEO. Sehingga ilmu yang berkaitan dengan optimasi menjadi lebih beragam dan berkembang.

7. Bergabunglah dengan Komunitas SEO di Facebook

Ketahui fakta tentang satu hal, Google selalu mengubah algoritmenya secara teratur untuk memberikan pengalaman pencarian yang lebih baik kepada pengguna. Bahkan, menurut Hubspot, Google telah mengubah algoritmanya 3.000 kali setahun. Artinya, menerapkan algoritma hari ini belum tentu bisa digunakan besok. Atau mendengarkan podcast dan menonton YouTube mengenai algoritma SEO hari ini, mungkin bulan depan masih relevan untuk diterapkan.

Inilah pentingnya bergabung dengan komunitas SEO di Facebook atau pada komunitas online lainnya. Fungsinya untuk mengetahui perkembangan algoritma Google secara real time, sehingga teknik SEO yang Anda terapkan selaras dengan algoritma yang sedang berjalan.

8. Baca Berita, Blog SEO dan Twitter

Banyak sekali informasi bertebaran di internet terkait SEO. Selain YouTube, podcast, dan bergabung dengan komunitas, cara belajar SEO selanjutnya juga dapat membaca teori terkait SEO di blog atau Twitter. Banyak praktisi SEO memberikan edukasi menggunakan blog atau lewat hashtag #SEO di Twitter.

9. Mobile Friendly Content

Mayoritas pengguna membuka situs web menggunakan perangkat seluler seperti smartphone atau iPhone. Sisanya menggunakan desktop, laptop atau PC. Oleh karena itu, buatlah konten yang mobile friendly. Apa itu konten ramah seluler? Yaitu konten yang dapat membantu mengoptimalkan sebuah website untuk perangkat mobile atau dengan kata lain website yang responsive. Dengan tampilan menyesuaikan perangkat yang digunakan pengguna untuk membukanya.

Anda dapat membuat konten mobile friendly dengan menyesuaikan tata letak, ukuran, dan konten agar mudah dibaca di perangkat seluler. Contohnya adalah membuat paragraf yang tidak terlalu panjang, atau tulisan yang pendek, jelas, to the point, dan tidak bertele-tele.

10. Belajar SEO dari Ahlinya

Untuk bisa cepat belajar SEO, Anda harus belajar dari ahlinya. Dengan belajar bersama ahlinya, Anda bisa lebih mudah memahaminya karena Anda akan dibimbing dan diberitahu tentang metode dan teknik optimisasi mesin pencari. Itulah alasan mengapa Anda harus belajar dari ahlinya.

11. Aplikasikan Teori yang Sudah Dipahami

Sudahkah Anda belajar dari YouTube, podcast, blog, Twitter, dan juga komunikasi SEO di Facebook? Artinya, Anda memiliki banyak pengetahuan terkait SEO yang dapat Anda terapkan, jadi inilah saatnya untuk menerapkan pengetahuan ini dalam praktik nyata. Anda dapat mencoba menerapkan SEO di situs web Anda sendiri atau situs orang lain. 

Lebih baik memilih website dengan domain berbayar daripada gratis, karena domain berbayar memiliki kinerja yang lebih baik di mata robot mesin pencari daripada domain gratis yang banyak tersedia seperti blogspot, wix, medium, dan sebagainya.

12. Dapatkan Sertifikasi SEO

Sertifikasi SEO penting untuk menunjukkan keahlian Anda setelah mengikuti pelatihan, pembelajaran, atau pengalaman praktis SEO. Dengan sertifikasi ini, Anda dapat memberikan keyakinan kepada klien bahwa Anda kompeten untuk mengoptimalkan situs web dengan SEO. Jadi tidak ada salahnya mendapatkan sertifikasi kompetensi SEO. Baik yang diselenggarakan oleh instansi swasta tertentu atau langsung dari pemerintah.

Demikian ulasan tentang Cara Cepat Belajar SEO Pemula Supaya Cepat Mahir yang dikutip dari situs AndreTron semoga bermanfaat.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA