by

Daihatsu Santai Walau Penjualan Sirion Kalah Jauh dari Mobil LCGC

KOPI, Jakarta – Selain mobil Low Cost Green Car (LCGC), masyarakat Indonesia kini disajikan beragam model mobil perkotaan. Dari sisi harga, city car umumnya dibanderol lebih mahal daripada LCGC yang saat ini tersedia dalam pilihan model hatchback maupun MPV.

Menurut Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, meski hampir serupa, pihaknya tidak khawatir city car akan tergerus oleh LCGC, mengingat secara dimensi dan harga tidak berbeda jauh.

“Bukan kekhawatiran, masing-masing segmen mobil ini ada pasarnya. Jadi di kami ini city car karena harganya di luar LCGC ada yang beli tetapi memang enggak besar,” kata Amel di Jakarta beberapa waktu lalu.

Saat ini, kata Amel, penggemar mobil mungil, misalnya Daihatsu Sirion, untuk perkotaan di Indonesia masih tetap ada. Apalagi dengan adanya produk-produk baru yang dihadirkan para agen pemegang merek, maka konsumen memiliki pilihan yang beragam.

Sebagai pengetahuan bersama, Daihatsu Sirion adalah mobil hatchback kelas bawah yang awalnya diperkenalkan pada tahun 2007. Mobil jenis city car ini punya pesaing ketat, yaitu Suzuki Splash, Toyota Etios, dan Nissan March.

Bagian luar mobil Daihatsu Sirion ini punya desain yang menarik, mirip dengan mobil KIA Soul yang hanya dijual di Amerika Serikat. Kelengkapan yang menariknya adalah velg sebesar 15 inchi tipe M, spoiler belakang, bodykit, dan lampu depan menggunakan mika hitam.

Performa dari mesin yang digunakannya bisa terbilang cukup meski tergolong kecil. Akselerasinya cukup mumpuni karena bobotnya lumayan ringan, yaitu 1,3 ton. Kapasitas mesinnya adalah sebesar 1,3 liter yang berkonfigurasi dengan 4 silinder dengan 16 katup. Dengan memakai mesin itu tenaga maksimal yang dihasilkan sampai sebesar 92 Hp/6000 Rpm. Sedangkan torsi yang bisa dihasilkan sampai dengan 116 Nm/4000 Rpm.

Tahun pembuatan mobil ini adalah 2008 dengan kode sasis M300. Memiliki kapasitas tangki sebesar 40 liter juga transmisi manual dengan 5 percepatan sementara matic-nya 4 percepatan ECT. Mobil satu ini juga punya penggerak roda depan. Lalu bore x stroke-nya adalah 72 mm x 79.7 mm.

Kelebihan yang dimiliki Daihatsu Sirion antara lain harganya yang murah, luas kabin lega, biaya perawatan mesinnya terbilang murah, tarikan yang cukup responsif, bisa menggunakan part Xenia atau Avanza 1.3 karena menggunakan mesin yang sama, hematnya konsumsi BBM, serta punya sistem handling yang baik sekali.

Disadur dari berbagai sumber

Kunjungi juga website kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

BACA JUGA...