by

Cara Merawat Mobil yang Jarang Dipakai

KOPI, Surabaya – Bagi salah satu penyedia carter drop Juanda Malang, merawat mobil merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan. Selain menjadikan mobil tetap terlihat baru, mobil juga dapat Anda gunakan sampai bertahun tahun. Namun, merawat mobil tentunya tidak dengan sembarang cara. Terdapat beberapa cara merawat mobil dengan benar.

Cara Merawat Mobil dengan Baik dan Benar

Adapun untuk membuat kondisi mobil selalu dalam keadaan prima, maka berikut ini adalah cara merawat mobil dengan baik dan benar:

Cuci Mobil

Mencuci mobil adalah salah satu cara merawat mobil yang perlu Anda lakukan setidaknya seminggu sekali. Hal ini perlu dilakukan agar mesin atau body mobil Anda tidak mengalami kerusakan. Sebab kotoran yang terdapat pada mobil dapat menghambat kinerja dan penampilan mobil.

Selain itu, Anda perlu mencuci mobil dengan benar, seperti  menggunakan lap halus. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya lecet saat mencuci mobil.

Menggunakan Bahan Bakar yang Tepat

Dengan menggunakan bahan bakar yang tepat adalah salah satu cara merawat mobil yang jarang orang ketahui. Menggunakan bahan bakar yang tidak tepat ternyata dapat menghambat kinerja mesin mobil menjadi tidak efektif.

Kerusakan mesin mobil akan terjadi tanpa Anda sadari jika menggunakan bahan bakar yang tidak tepat secara terus menerus. Lalu, bagaimanakah cara  mengetahui bahan bakar yang tepat untuk mobil Anda? Hal ini bisa Anda ketahui dengan mengetahui rasio kompresi mesin serta jenis mesin yang digunakan.

Perlu Anda ketahui, bahwasanya jenis mesin terdapat dua macam, yaitu diesel dan mesin bahan bakar minyak. Dari kedua jenis mesin tersebut, tentunya menggunakan bahan bakar yang berbeda. 

Seperti contohnya mesin diesel. Untuk mesin diesel sendiri harus menggunakan bahan bakar khusus seperti Pertamina Dex. Untuk mobil dengan jenis mesin bahan bakar minyak tentunya harus menggunakan bahan bakar seperti, Pertalite, Pertamax atau Pertamax Turbo.

Mengecek Oli

Mengecek oli merupakan salah satu cara untuk merawat mobil yang dianjurkan dalam buku petunjuk manual. Kami sarankan agar selalu mengganti oli setidaknya 6 bulan sekali agar mesin dapat bekerja secara efektif saat Anda gunakan.

Perlu Anda ketahui juga bahwa terdapat beberapa hal yang menandakan oli perlu diganti. Hal tersebut seperti, oli yang sudah mengencer dan mesin mobil yang terasa kasar saat Anda gunakan.

Dari beberapa penjelasan di atas tentunya akan sia sia apabila Anda menggunakan mobil dengan tidak hati hati. Sebab salah satu cara merawat mobil yang paling penting adalah dengan berkendara secara hati hati. Sehingga mobil Anda dapat bertahan lama hingga bertahun tahun.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA