by

Sewa Mobil untuk Liburan Tahun Baru, Simak Dulu Tips Ini

KOPI, Jakarta – Jika Anda ingin menghabiskan liburan di kampung halaman bersama keluarga, rental mobil adalah pilihan yang tepat. Namun sebelum menyewa rumah, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Saat mudik, akan sangat melelahkan membawa mobil pulang kampung sendiri.

Oleh karena itu, banyak pemudik yang menggunakan transportasi umum akan menyewa mobil di kampung halamannya. Namun sebelum menyewa mobil, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Dari reputasi persewaan mobil hingga “mengunci mobil”.

Cari perusahaan rental mobil terpercaya

Banyak orang yang tertipu saat menyewa mobil. Misalnya, Anda mungkin dikenakan biaya tambahan yang tidak biasa untuk waktu sewa yang terlalu lama. Beberapa orang tiba-tiba menemukan bahwa tubuh itu rusak dan meminta kami untuk menggantinya, bahkan jika kami mengemudi dengan aman.

Oleh karena itu, carilah rental mobil yang terpercaya dan terbukti jujur. Anda dapat menemukannya di Internet, dan Anda biasanya dapat mempercayai persewaan mobil dengan situs webnya sendiri. Jika tidak, silahkan bertanya kepada teman atau saudara yang tinggal di kota yang bersangkutan. Mintalah saran dari mereka tentang lokasi yang aman untuk menyewa mobil.

Baca Juga : Rental Mobil Jakarta

Pesan jauh-jauh hari

Selama liburan, sewa mobil pasti menjadi tujuan banyak wisatawan. Jadi ada baiknya untuk memesan terlebih dahulu. Namun perlu diketahui tanggal pasti Anda akan menyewa mobil terlebih dahulu. Semakin dekat Anda dengan Lebaran, semakin tinggi sewanya. Akan ada lebih sedikit pilihan mobil.

Memahami kisaran harga sewa mobil

Penting untuk memahami kisaran harga sewa mobil. Sewa di kota besar dan kota kecil pasti berbeda. Harga sewa MPV saat ini umumnya berkisar Rp 450.000.

Waktu sewa

bervariasi dari satu wilayah ke wilayah lainnya, dan kebijakan sewa mobil juga berbeda. Mengambil contoh Yogyakarta, waktu sewa umumnya 12 jam. Di Bali, waktu sewa umumnya adalah 10 jam. Pastikan untuk mengembalikan mobil sebelum waktu sewa habis. Jika melebihi batas waktu, jangan lupa untuk meminta biaya tambahan.

“Sewa mobil lepas kunci”

Saat Anda menyewa mobil, Anda dapat memilih apakah akan “membuka kuncinya”. Artinya apakah Anda ingin mengendarai mobil sendiri atau menggunakan jasa sopir. Tentu lebih murah “tarik kunci” alias menyetir sendiri. Jika Anda tidak tahu daerahnya, lebih baik menggunakan jasa sopir.

Cek kondisi kendaraan

Sebelum melepas mobil sewaan, cek dulu kondisinya. Pastikan tidak ada cacat pada bodi dan interior. Jika demikian, silakan laporkan ke petugas leasing. Tidak hanya fisik mobil, tetapi juga memeriksa setiap fungsinya. Mulai dari rem dan air hingga aki mobil. Ini membantu menghindari penipuan saat mengembalikan mobil.

Uang muka

Beberapa rental mobil menggunakan sistem pembayaran di muka. Anda dapat membayar langsung saat memesan kendaraan. Biasanya, jika Anda memilih opsi ini, rental mobil akan menawarkan diskon. Tapi tolong konfirmasi lagi, jika mereka membatalkan, apakah mereka akan mengembalikan uangnya.

Bensin

Banyak perusahaan persewaan mobil menyewakan kendaraan dengan bahan bakar bensin. Pastikan Anda tahu bahwa mobil yang Anda bayar sudah termasuk apa saja, seperti bensin dan sopir. Bahkan di luar negeri, ada rental mobil yang bisa menggantikan tagihan bensin Anda. Karena itu, menyimpan resi gas tidak akan merugikan Anda.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA