by

Penting! Lakukan Pengecekan Ini Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh

KOPI, Jakarta – Bagi yang berencana melakukan perjalanan jauh dengan mobil, seperti mudik atau pergi ke tempat wisata, berikut informasi penting. Selain persiapan fisik (bagi yang berkendara), Anda juga perlu mengecek kondisi mobil agar terhindar dari bahaya.

Nah, inilah hal penting yang harus Anda periksa sebelum melakukan perjalanan jauh.

Radiator udara

Pastikan air di radiator mobil sudah penuh, dan ketinggian air tangki air telah mencapai batas ketinggian air, dan tidak perlu terlalu penuh. Periksa juga kondisi selang radiator dan selang yang terhubung ke tangki air.

Jika ternyata selangnya bengkak atau putus, segera ganti agar selang tidak pecah di tengah jalan. Pastikan juga sambungan selang ke mesin dan radiator cukup kencang dan tidak bocor.

Kondisi filter bensin dan selang

Pastikan selang bahan bakar tidak rusak atau bocor. Pastikan juga filter bahan bakar tidak tersumbat. Nah, terutama bagi yang rutin melakukan perawatan kendaraan secara rutin, filter bensin biasanya bersih. Namun, tidak ada yang salah dengan pemeriksaan, tidak lebih.

Radiator udara

Oli mesin

Pastikan jumlah oli mesin cukup. Cara mengecek level oli adalah dengan mengecek level oli pada dipstick oli. Level oli harus berada di garis antara tanda L dan F, dan harus sedikit lebih rendah dari garis F. Jika tidak cukup, tambahkan lagi. Pastikan batas waktu pemakaian oli (km) Anda masih cukup untuk menempuh jarak.

Kipas pendingin atau AC

Jika kipas diputar oleh sabuk, periksa kondisi fisik sabuk. Jika sabuk putus, segera ganti. Periksa juga kekencangan belt agar kipas berputar dengan optimal. Saat kipas diputar oleh motor listrik, keadaan motor listrik masih baik dan layak.

Untuk mengetahui apakah pendinginan mesin mobil oleh kipas mesin beroperasi dengan normal, lihat indikator suhu. Jika melebihi garis tengah, berarti mesin cukup panas tapi masih aman. Namun jika melebihi setengahnya, sebaiknya berhenti dan menunggu mesin mobil dingin, lalu periksa kondisi air pendingin dan kipas.

Baterai

Periksa baut-baut tiang baterai dan bersihkan kotoran atau kerak yang menempel pada tiang baterai. Periksa juga ketinggian air baterai. Jika tidak cukup, tambahkan saja air aki murni. Namun ingat, hindari mengisi air aki dengan air zuur (H2S04) untuk menjaga kualitas aki mobil.

Timing Belt

Penggantian timing belt didasarkan pada indikasi kilometer dan jarak tempuh pada speedometer. Jika timing belt telah digunakan sejauh 50.000 kilometer, meskipun tidak rusak, harus segera diganti dengan yang baru.

Rem

Periksa level minyak rem. Jika diturunkan dari batas minimum level, kemungkinan kebocoran perlu dicurigai. Periksa selang sistem rem dan manifold rem untuk kebocoran yang jelas. Jangan lupa untuk mengecek apakah ada kelembapan di bagian dalam pelek, ini tandanya ada kebocoran di wheel cylinder. Pastikan sistem pengereman dapat bekerja dengan baik.

Penyaring udara / Filter Udara

Bersihkan saringan udara atau air filter sebelum berkendara jarak jauh. Penggunaan filter udara didasarkan pada jarak tempuh sekitar 10.000 kilometer.

Cek Kondisi Ban

Periksa kondisi, fisik dan tekanan ban pada ban. Tekanan ban mobil normal sekitar 30-34 psi.

Lampu

Periksa kondisi lampu secara keseluruhan. Pastikan semua lampu dapat bekerja dan menyala dengan baik. Jika lampu padam, harus segera diganti.

Wiper

Ini sangat berguna saat berkendara di musim hujan. Pastikan wiper kaca depan dapat bekerja dengan normal. Jika Anda masih memiliki pertanyaan tentang cara pemeriksaan yang benar, sebaiknya bawa mobil Anda ke bengkel resmi atau bengkel langganan.

Nah! itulah tadi di atas merupakan sebuah pengertahuan tentang Pengecekan Mobil Anda sebelum melakukan bepergian jauh semoga bermanfaat dan memberikan ilmu pengetahuan kepada anda serta juga tentunya memberikan solusi terbaik untuk anda.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA