by

Alasan dan Kode Mobil Batam Tidak Bisa Dibawa Keluar

KOPI, Batam – Harga kendaraan di Batam relatif murah. Untuk mobil sekelas Ferrari saja dijual di kisaran ratusan juta rupiah. Meski murah, mobil Batam tidak bisa dibawa keluar daerah, termasuk ke Jakarta dan kota-kota lain yang ada di Indonesia.

Setidaknya ada satu alasan kenapa hal tersebut terjadi, yaitu mobil tersebut belum memiliki izin dari bea cukai. Memang setiap barang yang masuk ke Indonesia harus membayar pajak terlebih dahulu. Besarnya tergantung jenis barang. Pastinya, pajak tersebut membuat harga naik saat tiba di kota lain.

Kode Mobil Batam Tidak Bisa Dibawa Keluar

Pada hakikatnya, mobil yang ada di Batam tidak bisa Anda bawa keluar benar adanya. Namun hal tersebut tidak berlaku pada semua jenis kendaraan. Aturan tersebut hanya berlaku kepada kendaraan roda empat dengan kode-kode berikut ini:

  1. Plat Z

Indonesia memiliki wilayah yang cukup luas. Setiap daerah memiliki kode kendaraan tersendiri. Khusus di Batam, ada plat nomor dengan akhiran Z. Segala jenis kendaraan dengan kode demikian sebaiknya tidak Anda bawa keluar dari wilayah Batam dan sekitarnya. Kenapa?

Sebab kendaraan plat Z adalah barang impor luar negeri yang bebas pajak oleh pemerintah setempat. Sehingga mobil tidak boleh Anda bawa ke luar daerah, termasuk Jakarta. Kalaupun mau, Anda  harus mengurus beberapa dokumen yang tidak mudah dan memakan waktu banyak.

  • Plat Y dan X

Sama seperti sebelumnya, Anda tidak boleh membawa kendaraan berkode Z ke luar kota Batam. Jika tetap nekat, Anda harus membayar pajak yang cukup tinggi.

Pasalnya kode Y dan X adalah kode yang kepolisian untuk mengidentifikasi mobil impor luar negeri dengan posisi belum membayarkan pajak dan hanya sekitar 10% saja pajak yang telah terbayarkan. Sehingga mobil dengan plat nomor ini tidak bisa Anda bawa keluar ke daerah lain di luar Batam dan wilayah sekitarnya di Indonesia.

  • Plat U

Setiap mobil dengan plat U tidak bisa Anda pakai di luar Batam. Karena hanya kendaraan umum saja yang memakai kode ini. Dan kendaraan yang termasuk transportasi umum adalah: bus, angkutan umum dan sebagainya.

Sudah tahu kan, apa saja yang membuat mobil Batam tidak bisa dibawa keluar dan alasannya mengapa sebaiknya Anda tidak membawa mobil dengan plat nomor di atas keluar dari daerah Batam.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA