by

Tips Agar Tetap Nyaman Saat Bersepeda Jarak Jauh

KOPI, Jakarta – Bersepeda belakangan ini menjadi tren baru yang belum lama viral di Indonesia semenjak PSBB diterapkan, kini banyak orang dari berbagai kalangan dan umur yang mengikuti tren bersepeda ini dan bahkan akhirnya bersepeda menjadi hobi positif baru bagi sebagian orang.

Biasanya orang-orang yang mulai hobi bersepeda ini mulai menantang dirinya sendiri untuk menempuh jarak bersepeda yang jauh dan lebih jauh daripada jarak yang sebelum sudah pernah ditempuh.

Namun sayangnya banyak orang yang mencoba menempuh jarak yang tergolong jauh hanya dengan bermodalkan motivasi mengalahkan diri sendiri saja dan kurang dari segi pengetahuan bersepeda yang baik, akhirnya karena minim pengetahuan tersebut banyak orang yang mudah merasa tidak nyaman mengayuh sepedanya ketika menempuh jarak yang jauh.

Padahal bersepeda bukan hanya masalah mengayuh pedal saja melainkan harus memperhatikan sadel, posisi bersepeda, angin pada ban, ukuran gir, hingga pakaian yang digunakan agar saat bersepeda merasa nyaman dan tidak mudah lelah.

Oleh karena itu, kali ini saya akan membagikan beberapa tips agar tetap nyaman selama menempuh jarak jauh menggunakan sepeda, penasaran apa saja tips-tipsnya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Tips Agar Tetap Nyaman Saat Bersepeda Menempuh Jarak Jauh

Tips-tips yang akan saya bagikan merupakan hal-hal basic dan tidak jauh-jauh dari pengaturan sepeda dan diri Anda sendiri ketika menggunakan sepeda tersebut.

1. Pastikan Tekanan Angin pada Ban Pas

Tips pertama yang paling simpel adalah pastikan bahwa ban Anda tidak terlalu keras atau kurang angin. Alasan kenapa harus pas adalah apabila ban terlalu keras maka sepeda akan terasa tidak nyaman ketika melewati jalan yang tidak benar-benar mulus dan juga grip ban pada jalan akan berkurang sehingga ban akan terasa lebih licin, lalu apabila ban kurang angin maka sepeda akan terasa lebih berat ketika dikayuh dan juga bisa merusak ban serta velg apabila terus digunakan dalam jangka waktu lama.

2. Atur Sadel Senyaman Mungkin

Tips kedua adalah atur sadel sepeda Anda senyaman mungkin. Atur ketinggian sadel agar setiap kayuhan yang Anda lakukan tidak terlalu membuat lelah dan pegal kaki Anda. Jika ingin pengaturan yang lebih lagi, Anda bisa mencoba menggunakan sadel yang memiliki bentuk dan ukuran yang paling cocok dan nyaman bagi Anda.

3. Gunakan Ukuran Gir yang Paling Cocok dengan Jalur yang Anda Tempuh

Tips ketiga adalah selalu gunakan ukuran gir yang menurut Anda paling cocok untuk jalur yang akan Anda tempuh. Jika jalur dominan dengan tanjakan maka gunakan gir kecil agar Anda tidak cepat merasa lelah dan pegal ketika menanjak, lalu jika jalur yang Anda lalui minim tanjakan maka gunakan gir berukuran besar agar sepeda bisa melaju dengan kencang tanpa harus mengayuh dengan cepat.

Atau jika Anda menggunakan sepeda yang memiliki shifter atau operan, maka Anda bisa menyesuaikan ukuran gir menggunakan shifter sesuai dengan jalur yang sedang Anda tempuh.

4. Gunakan Pakaian yang Tipis dan Lembut

Jika ingin merasa lebih nyaman saat berkendara maka Anda juga harus menggunakan pakaian yang membuat Anda nyaman juga, dan tentunya pakaian yang nyaman digunakan saat bersepeda adalah pakaian yang tipis dan lembut. Kenapa begitu? Karena pakaian yang lembut dan tipis dapat membuat keringat lebih mudah terserap dan menguap serta mencegah iritasi akibat gesekan-gesekan yang dihasilkan saat bersepeda, selain itu pakaian tipis juga membuat angin yang menerpa Anda terasa lebih adem dan membuat suhu badan lebih rendah karena panas tidak terperangkap.

Kebanyakan orang kini menggunakan kombinasi pakaian berupa baju sepeda printing kebanggaan dengan desain khas masing-masing geng/organisasi/perkumpulan dan celana olahraga pendek/panjang. Menurut saya kombinasi tersebut sudah bagus dan bisa Anda tiru karena bahannya sendiri umumnya lembut dan tipis.

Penutup

Itulah dia beberapa tips bersepeda yang bisa Anda lakukan agar tetap merasa nyaman ketika menempuh jarak yang jauh. Semoga tips-tips tadi bisa bermanfaat bagi Anda yang suka gowes jauh-jauh.

Demikian artikel kali ini, apabila ada kesalahan mohon untuk dimaafkan, sekian yang bisa saya sampaikan dan sampai jumpa di artikel-artikel saya berikutnya.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA