by

Alasan Pentingnya Mengikuti Pelatihan Laundry

KOPI, Jakarta – Bisnis laundry merupakan salah satu bisnis yang menguntungkan dan sangat mudah dijalankan di era digital saat ini. Sudah banyak pelaku bisnis yang sekarang mencapai kesuksesan dikarenakan menjalani bisnis laundry ini.

Untuk yang tertarik menjalankan bisnis ini sangat disarankan untuk mengadakan pelatihan laundry untuk karyawannya agar nantinya bisnis tidak mengalami kendala apa pun.

Manfaat Mengadakan Training Laundry

Training atau pelatihan memang sangat disarankan untuk dilakukan apabila bisnis yang dijalani masih terbilang baru. Meskipun nantinya harus mengeluarkan uang tapi harus tetap mengadakan pelatihan tersebut karena pelatihan ini bisa mendatangkan banyak manfaat untuk pelaku bisnis seperti beberapa manfaat yang akan diulas secara singkat berikut ini.

Kinerja Karyawan Menjadi Lebih Baik

Pelaku bisnis khususnya yang menjalankan bisnis laundry sangat disarankan untuk mengadakan training yang diikuti karyawannya. Training ini nantinya bisa membuat karyawan lebih bagus kinerjanya dibandingkan sebelum mengikuti training.

Memang ada beberapa pelaku bisnis laundry yang merasa kesulitan menjalankan bisnisnya dikarenakan kinerja karyawannya tidak maksimal. Dampak dari kinerja karyawan yang seperti itu membuat pendapatan yang diperoleh tidak maksimal.

Kalau karyawan diikutsertakan dalam training maka tidak akan terjadi hal seperti itu karena dengan mengikuti pelatihan bisa membuat keterampilan atau kemampuan karyawan lebih meningkat. Kalau kemampuan sudah bagus secara otomatis setiap tugas yang dikerjakan karyawan pasti akan selesai dengan cepat sehingga permintaan laundry menjadi semakin banyak.

Mengenal Teknologi Baru

Kemajuan teknologi sekarang memang sangat pesat dan karyawan laundry wajib untuk mengetahui teknologi terbaru dan bisa menggunakan teknologi terbaru. Kalau dulu karyawan pekerjaannya mencuci baju dan menyetrika baju dengan menggunakan mesin cuci dan setrika saja. Kalau sekarang sudah ada teknologi baru yang bisa membuat pekerjaan karyawan lebih cepat selesai.

Teknologi terbaru inilah yang nantinya akan dipelajari dalam pelatihan jadi pelatihan ini bukan saja melatih karyawan agar kemampuan mencuci ataupun menyetrika menjadi lebih bagus saja. Tetapi karyawan juga diberi ilmu tata cara menggunakan mesin-mesin canggih untuk mempermudah pekerjaan. Dengan begitu tidak akan lagi ada karyawan yang gaptek atau gagap teknologi.

Masalah Operasional Lebih Cepat Selesai

Menjalankan bisnis memang ada kalanya mengalami masalah baik masalah yang datang dari dalam atau masalah internal dan juga masalah eksternal yang datang dari luar. Masalah-masalah ini kalau dibiarkan begitu saja akan mengganggu jalannya bisnis dan bisa membuat bisnis yang dijalani mengalami kerugian bahkan kebangkrutan. Untuk pelaku bisnis yang masih sulit untuk memecahkan masalah operasional ataupun masalah lainnya sebaiknya mengadakan pelatihan laundry.

Training ini sangat disarankan untuk diikuti karena saat pelatihan berlangsung ada instruktur atau mentor yang bertugas memberikan pelatihan akan memberikan informasi seputar masalah-masalah apa saja yang biasanya muncul saat menjalankan bisnis laundry. Informasi yang diperoleh bukan seputar masalah saja tetapi juga akan diberikan informasi mengenai solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut sehingga bisnis bisa berjalan lancar.

Reputasi Menjadi Bagus

Training atau pelatihan selain bisa membuat karyawan kemampuannya meningkat juga akan membuat reputasi bisnis laundry yang dimiliki menjadi lebih bagus. Hal ini dikarenakan kinerja karyawan yang mulai mengalami peningkatan sehingga apa yang dikerjakan karyawan bisa selesai dengan cepat dan hasilnya sangat bagus. Kalau kinerjanya sudah seperti itu maka konsumen yang mencuci ataupun menyetrika baju di laundry akan merasa puas.

Konsumen yang sudah puas dengan pelayanan yang diberikan oleh karyawan pastinya akan memberikan review yang bagus baik itu di website milik pelaku bisnis ataupun di akun media sosial pelaku bisnis. Semakin banyak review atau testimoni yang positif bisa meningkatkan reputasi usaha atau bisnis laundry.

Keuntungan Meningkat Drastis

Ikut pelatihan memang harus mengeluarkan biaya tapi biaya yang dikeluarkan tidak akan terbuang sia-sia karena keuntungan yang diperoleh dari bisnis laundry akan meningkat pesat setelah selesai menyelesaikan pelatihan. Keuntungan pelaku bisnis bisa meningkat seperti itu dikarenakan karyawan bisa bekerja dengan sangat cepat dan hasilnya sangat bagus sehingga banyak konsumen baru berdatangan.

Jumlah konsumen yang semakin meningkat sudah pasti akan membuat jumlah pendapatan atau keuntungan juga mengalami peningkatan. Jika sudah mendapatkan keuntungan yang cukup banyak maka ada baiknya untuk pelaku bisnis menambah karyawan agar bisnisnya lebih berkembang.

Pelaku bisnis juga jangan lupa setelah mendapatkan karyawan baru segera adakan pelatihan untuk karyawan tersebut agar kemampuannya setara dengan kemampuan karyawan lama.

Tips Memilih Jasa Training Laundry

Sekarang memang banyak penyedia jasa yang mengadakan pelatihan training laundry dengan harga yang terjangkau. Pelaku bisnis sangat disarankan untuk berhati-hati kalau ingin memilih jasa training karena tidak semua jasa training yang saat ini menawarkan jasanya secara online maupun secara offline kualitasnya bagus. Agar nantinya bisa memperoleh yang bagus kualitasnya sebaiknya pelajari tips berikut ini.

Lihat Kredibilitas Penyedia Jasa

Sebelum memutuskan untuk memilih jasa pelatihan maka ada baiknya untuk melihat terlebih dahulu kredibilitas dari perusahaan jasa yang akan dipilih. Pelaku bisnis harus melihat kredibilitas perusahaan jasa dikarenakan dengan mengetahui kredibilitas perusahaan jadi bisa tahu bagaimana kualitas jasa pelatihan.

Kalau ingin tahu bagus dan tidaknya kredibilitas sebuah perusahaan maka perlu melihat portofolio yang dimiliki oleh perusahaan. Biasanya perusahaan atau penyedia jasa yang berkualitas dan kredibilitasnya bagus pasti sering mengunggah portofolionya di website resmi atau di akun media resmi yang digunakan untuk menawarkan jasa.

Baca Testimoni Klien

Pelaku bisnis juga disarankan untuk membaca testimoni konsumen atau klien yang sudah menggunakan jasa pelatihan atau jasa training. Membaca testimoni memang terdengar membosankan untuk dilakukan tetapi dengan membaca testimoni jadi bisa mengetahui bagaimana tingkat kepuasan klien yang sudah mengadakan training dengan bantuan penyedia jasa.

Testimoni yang harusnya dibaca bukan hanya testimoni yang ada di website milik perusahaan saja tetapi juga perlu membaca testimoni yang ada di akun media sosial. Kalau sebagian besar testimoni yang klien berikan ternyata bagus dan jarang ada testimoni negatif berarti kualitas dan kinerja perusahaan jasa tersebut bagus dan layak untuk.

Cek Program yang Ditawarkan

Pelaku bisnis juga harus mengecek program atau materi apa saja yang nantinya akan diberikan selama pelatihan berlangsung. Kalau program yang ditawarkan perusahaan jasa terbilang cukup lengkap seperti menyediakan materi-materi mengenai cara bekerja yang benar cara menggunakan peralatan laundry dengan baik dan benar berarti perusahaan tersebut cukup bagus kualitasnya.

Selain perlu mengetahui lengkap dan tidaknya program pelatihan juga perlu mengetahui bagaimana kemampuan dan pengalaman yang dimiliki oleh pelatih atau mentor yang akan membawakan pelatihan tersebut. Kalau mentor yang dimiliki perusahaan jasa masih muda sebaiknya jangan terlalu percaya dengan jasa tersebut karena mentor yang bagus adalah mentor yang sudah mempunyai banyak pengalaman dalam hal menjalankan pelatihan laundry. (*)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA