by

Wali Kota Bekasi Terima Penghargaan Evaluasi SAKIP dari Kementerian PANRB

KOPI, Batam – Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi hadir dalam undangan dari Kementerian Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokasi (PAN RB) RI dalam acara penyerahan hasil evaluasi atas penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pemerintah kabupaten/ kota wilayah I di Radisson Golf & Convention Resort Batam pada Senin, 10/ 2/ 2020.

Perlu diketahui bahwa wilayah 1 tersebut meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Banten dan Jawa Barat.

Wali Kota Bekasi menerima hasil evaluasi tersebut dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokasi, Tjahyo Kumolo serta diserahkan berupa piagam penghargaan atas apresiasi dalam akuntabilitasi kinerja tahun 2019 dengan predikat nilai B, berikut juga dengan kepala daerah atau yang mewakili hadir dalam penerimaan tersebut.

Salah satu langkah konkret yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan reformasi birokrasi adalah melalui pengelolaan anggaran secara efektif dan efisien dengan menerapkan SAKIP.

Setiap tahun, Kementerian PANRB RI melaksanakan evaluasi atas implementasi SAKIP pada seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk mengukur perkembangan implementasi SAKIP serta melakukan pembinaan yang berkesinambungan di seluruh instansi pemerintah. 

Evaluasi tersebut telah dapat memetakan instansi pemerintah pada beberapa kategori. Pengkategorian ini dilakukan bukan sekedar untuk menilai instansi pemerintah, namun untuk memetakan tingkat implementasi manajemen kinerja masing-masing instansi pemerintah, sehingga memudahkan proses perbaikan dalam implementasi SAKIP. 

Rapor SAKIP juga bukan hanya menitikberatkan pada nilai yang diberikan, namun juga menunjukkan bagaimana kemampuan instansi pemerintah dalam melakukan pengelolaan penggunaan anggaran sehingga dapat dipertanggungjawabkan demi memberikan pelayanan dan kemanfaatan bagi masyarakat.

“Peraihan penghargaan tersebut dan akan terus memaksimalkan kinerja Aparatur Sipil Negara di Pemerintah Kota Bekasi sehingga harus terpacu dalam kinerja berikutnya dan menjadikan penghargaan tersebut sebagai tingkatan motivasi semoga di tahun berikutnya bisa bertambah hasil evaluasi SAKIP,” katanya.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA