by

Ketua DPRD Bekasi Hadiri Peresmian Sekretariat Pepes dan Sentra Oleh-oleh Kota Bekasi

KOPI, Kota Bekasi – Akhirnya janji Ketua DPRD Kota Bekasi, H.Chairoman J Putro untuk hadir dan meresmikan sekretariat Organisasi Pemberdaya Penggerak Indonesia Sejahtera (Pepes) Kota Bekasi dan Sentra Oleh – Oleh Kota Bekasi terlunasi.

Momen yang ditunggu-tunggu, Senin (28/12/2020) oleh seluruh panitia dan anggota Pepes Kota Bekasi berakhir sukses dengan dihadiri sejumlah pejabat baik dari lembaga legislatif dan lembaga eksekutif Kota Bekasi juga dari jajaran Pepes Propinsi (Pesi) Jabar dan organisasi UMKM lainnya.

Dalam sambutannya, Chairoman mengungkapkan rasa bangganya atas ide dan gagasan Pepes Kota Bekasi yang memanfaatkan cafe atau kedai milik anggota untuk dijadikan kantor sekretariat yang bisa disinergikan dan saling memberikan manfaat.

“Ditambah lagi ada Sentra Oleh – Olehnya untuk memasarkan produk UMKM anggotanya agar penjualannya lebih dikenal di masyarakat luas dan jadi destinasi wisata kuliner,” terangnya di Kedai Kreatif, Jalan RA.Kartini No.G1, Bekasi Timur.

Selain dihadiri Ketua DPRD Kota Bekasi, beberapa perwakilan dari Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan turut hadir pula menyemarakan acaranya.

“Jadi bagi pemerintah dan masyarakat Kota Bekasi dimudahkan jika ada kunjungan dan koleganya bisa bertandang disini untuk mencari Cinderamata oleh – oleh Kota Bekasi,” ungkap Chairoman.

Ketua Pepes Kota Bekasi, Sofiyah Prilestari juga mengaku bersyukur atas suksesnya tiga agenda sekaligus yakni Peresmian Sekretariat dan Sentra Oleh – Oleh serta Webinar dalam rangka memperingati hari Ibu bertajuk Wanita Tangguh di Era Pandemi Covid 19 dalam satu hari sekaligus.

“Alhamdulillah, di penghujung tahun 2020 ini kami menuntaskan program Pepes Kota Bekasi yakni memiliki sekretariat yang representatif dan sentra oleh – oleh UMKM yang memang menjadi agenda kami sebelumnya,” bebernya.

Menurut Sofie nantinya di Kedai Kreatif ini menjadi tempat bagi para pengurus dan anggota berdiskusi , merencanakan dan menjalankan program kerjanya sekaligus sentra produk umkm yang bisa dititipkan untuk dijual berbagai jenis usaha dari kuliner, fashion dan kosmetika serta herbal.

“Pepes juga akan membuka pelatihan – pelatihan tentang UMKM seperti cooking class, marketing digital, dan aneka pelatihan lainnya. Selain meramaikan Kedai Kreatif, tujuannya juga agar para pengunjung mendapatkan ilmu selain makan, minum dan berbelanja oleh – oleh aneka produk UMKM,” jelas Sofie.

Kedepannya Pepes Kota Bekasi memanfaatkan potensi yang ada untuk bersinergi dengan Pemerintah dan Legislatif Kota Bekasi dalam memajukan Kota Bekasi sesuai dengan visi dan misi Kota Bekasi, Cerdas,Kreatif, Maju, Sejahtera dan Ihsan.

Di acara webinar zoom meeting juga tak kalah serunya dengan hadirnya para pemateri yang memaparkan topik bahasannya yang cukup menarik dan menambah wawasan bagi para pelaku UMKM.

Pemateri pertama dari Ketua Umum Alisa Khadijah, Ina Marlina mengusung materi berjudul Charater Building Muslimah bagi pelaku UMKM yang penting diterapkan.

” Karena tujuannya agar pelaku UMKM tidak hanya sebatas memiliki aset usaha yang besar saja namun perlunya memiliki karakter pengusaha yang profesional dan berakhlakul kharimah yang mencerminkan seorang muslimah yang baik,” ungkap Ina Marlina serius.

Diantaranya sifat kemandirian, percaya diri, optimis dan berakhlak mulia diantaranya pandai bersyukur atas nikmat yang Allah berikan semua.

Pemateri Kedua dari Ketua Umum Pepes Official, Srie Wulandari menjelaskan tentang kiat-kiat pelaku UMKM untuk bangkit meski Pandemi Covid 19 sangat berdampak secara ekonomi.

Sementara dari Pemerintah Kota Bekasi yang mewakili Wakil Walikota , Tri Adhianto yakni Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), dihadiri Kabid Pengurusutamaan Gender, Wadi Rimal dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Abdillah Hanta secara online. (RED)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA