by

Pemkab Jembrana Gelar Pelatihan Penghematan Energi dan Pengenalan Teknis Penggunaan Kompor Listrik

KOPI, Jembrana – Pemerintah Kabupaten Jembrana menggelar Pelatihan Penghematan Energi dan Pengenalan Teknis Penggunaan Kompor Listrik, bertempat di Hotel Jimbawarna, Bali, Senin (5/6/2023). Kegiatan pelatihan tersebut menindaklanjuti Kementerian PPPA, Kementerian ESDM melalui PEM Akmigas dan PPSDM KEBTKE.

Pelatihan tersebut diikuti sebanyak 75 peserta dengan kategori yaitu:

  1. Kelompok rentan baik perempuan yang menjadi kepala keluarga
  2. Perempuan penyintas bencana
  3. Perempuan penyintas kekerasan
  4. Perempuan penyintas TPPO.

Ketahanan energi merupakan isu besar yang saat ini menjadi perhatian global, ketahanan ini mencakup ketersediaan energi, akses atas energi dan keberlanjutan energi tersebut. Sebagai kelompok dengan jumlah hampir 50 persen dari total penduduk yang ada, perempuan memiliki potensi kontribusi yang sama dengan laki-laki, baik dalam hal penyediaan, akses dan konservasi energi.

Staf Ahli Menteri Bidang Pembangunan Keluarga Kementerian PPPA Indra Gunawan dalam pembukaannya menjelaskan bahwa tujuan pelatihan tersebut untuk membekali para perempuan kelompok target tentang tata cara dan upaya penghematan energi dan keselamatan penggunaan kompor listrik. Hal tersebut tujuannya agar dapat meningkatkan peran perempuan dalam penghematan energi dan mendukung program konservasi energi nasional.

“Sebagai kelompok yang menjalankan peran gendernya sebagai pengurus keluarga, kontribusi perempuan menjadi hal penting dalam konservasi energi, karena perempuanlah yang selama ini menjadi tulang punggung terdepan dalam mengatur penggunaan energi sektor rumah tangga,” jelas Indra Gunawan.

Lanjutnya, Indra Gunawan menambahkan bahwa hal tersebut yang menjadikan perempuan sebagai agen konservasi energi nasional. “Perempuan juga memiliki potensi membentuk pola konsumsi energi masa depan, jika dilihat perannya sebagai pendidik utama dalam keluarga masing-masing,” imbuhnya.

Sementara, mewakili Bupati Jembrana, dalam sambutannya I Gusti Ngurah Sumber Wijaya, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Jembrana menuturkan bahwa kegiatan tersebut penting dan bermanfaat bagi para perempuan di Jembrana. “Jembrana saat ini sedang terus mengembangkan kebijakan yang fokus pada keterlibatan masyarakat dalam pembangunan, dan perempuan menjadi salah satu fokus target pembangunan, dan kami selalu mendorong keterlibatan dan kontribusi perempuan termasuk dalam pembangunan ketahanan energi di Kabupaten Jembrana,” tutur I Gusti Ngurah Sumber Wijaya.

Selain itu, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PPPA RI yang sudah memberikan kesempatan kepada perempuan Jembrana untuk mengikuti kegiatan pelatihan. “Kami berterima kasih kepada Kementerian PPPA, Kementerian ESDM melalui PEM Akamigas dan PPSDM KEBTKE yang telah menjadikan Kabupaten Jembrana sebagai tempat dan lokus penyelenggaraan kegiatan, hal ini tentunya akan memberikan manfaat besar kepada para perempuan Jembrana dan pembangunan di Kabupaten Jembrana secara umum,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA