by

Bupati Jembrana bersama Ketua TP PKK Provinsi Bali Resmikan Kawasan Produksi KWT Bedetan Perancak

KOPI, Jembrana – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Nyonya Putri Koster didampingi Bupati Jembrana I Nengah Tamba beserta Nyonya Candrawati Tamba yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jembrana meresmikan Kawasan Produksi Kelompok Wanita Tani (KWT), Jum’at (2/6/2023). Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan Prasasti Fasilitas Produksi Bedetan Perancak, Jembrana Bali.

Kelompok Wanita Tani (KWT) Bedetan Perancak yang bergerak di bidang pengolahan ikan segar yang dibentuk pada tahun 2021. Hal tersebut mendapat dukungan dari Bupati Jembrana I Nengah Tamba kini telah berkembang pesat sehingga mendapat perhatian dari Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Nyonya Putri Koster.

Saat ditemui di sela-sela acara Bupati Tamba mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Jembrana sejak awal pembentukan kelompok tani telah memberikan dorongan dan dukungan kepada Kelompok Wanita Tani Desa Perancak. Dalam memfasilitasi penjualan dengan menjajakan Produk Bedetan Perancak di Sentra Oleh-oleh Jembrana.

“Semenjak dibentuk, saya sudah beberapa kali mengunjungi Kawasan Produksi Bedetan Kocing ini, kita endors dan fasilitasi sehingga berkembang pesat dan menjadi maju, produknya juga sudah mewarnai Rumah Tenun yang merupakan Sentra Oleh-oleh Kabupaten Jembrana,” ucap Bupati Tamba.

Bupati Tamba mengungkapkan bahwa pihaknya mengaku bangga dengan kemajuan Kelompok Wanita Tani (KWT) Bedetan Perancak, sehingga memperoleh bantuan dari beberapa pihak seperti:

  1. Bank BCA
  2. PT. Impack Pratama Industri Tbk
  3. Produsen dan Distributor bahan bangunan dan plastik.

“Saya bangga melihat perkembangan dari 40 anggota KWT, hari ini dibantu oleh Bank BCA dan PT Impack Pratama Industri Tbk. dengan memberikan sumbangan berupa rumah produksi, packaging, dan bangunan pengering solar dryer dome untuk membantu proses produksi,” ungkap Bupati Tamba..

Lanjutnya, Bupati Tamba mengatakan sangat optimis bahwa produk bedetan tersebut akan laris di pasaran. “Saya berharap dengan kunjungan Ibu Gubernur hari ini dapat memberikan semangat dan dorongan kepada kelompok tani, karena produk bedetan kocing ini memiliki kualitas yang bagus, Kita yakin akan laris terjual,” ujar Bupati Tamba.

Sementara, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Nyonya Putri Koster mengatakan bahwa pemerintah provinsi menyambut baik UMKM yang ingin maju dan berkembang. Yaitu dengan memfasilitasi penyelesaian permasalahan dan memberikan solusi untuk meningkatkan produktivitas.

“Prospek kemajuan UKMM, kami pasti akan dukung, ini untuk mereka agar dapat meningkatkan produktivitas, contoh kerjasama kami lakukan dari provinsi ke kabupaten menghubungkan permodalan UMKM dengan pihak Perbankan, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan mengedukasi mereka agar cerdas dalam berproduksi, ini kami lakukan untuk meningkatkan perkekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” ucap Ketua TP PKK Provinsi Bali Nyonya Putri Koster. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA