by

Kapolda Jabar Resmikan Gedung SPKT Polres Karawang Sekaligus Launching ETLE dan Aplikasi E-Silang

KOPI, Karawang – Kapolda Jabar Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K., M.Si., M.M., melakukan peresmian gedung baru Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Karawang sekaligus melaunching Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dan Aplikasi E-Silang,  Selasa (27/2/24). Kegiatan dihadiri Forkopimda Kabupaten Karawang, para PJU Polda Jabar, Ombudsman RI, para PJU Polres Karawang beserta instansi terkait lainnya.

Dalam sambutannya Kapolda Jabar mengungkapkan bahwa inovasi yang dibuat Polres Karawang merupakan implementasi kebijakan Program Kapolri yaitu Presisi perubahan tekhnologi Kepolisian Modern, peningkatan kualitas Yan Publik, menjamin keamanan untuk mendukung Program Pembangunan Nasional. Lanjutnya, dengan adanya ETLE dapat membangun budaya tertib berlalulintas untuk masyarakat, meningkatkan kualitas keselamatan, meminimalisir potensi pelanggaran dan mencegah konflik antara petugas dengan masyarakat serta bisa pengungkapan kasus lain yang terjadi di jalan dari pemanfaatan kecanggihan ETLE.

Sementara aplikasi E-Silang memudahkan masyarakat membuat laporan bisa dari rumah, lebih hemat waktu, efisien, memangkas birokrasi. Kapolda juga mengapresiasi kinerja Polres Karawang dan jajaran yang telah meningkatkan fasilitas pelayanan publik.

“Launching ETLE dan E-Silang ini guna peningkatan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Karawang,” ucapnya.

Ucapan terima kasih kepada Pemda Karawang dan seluruh pihak yang mendukung terwujudnya gedung SPKT ini dan pengadaan ETLE dan aplikasi E-Silang. “Semoga menjadi motivasi untuk Polri khususnya Polres Karawang dalam peningkatan kinerja, pengabdian memberikan kontribusi positif bagi institusi dan masyarakat menjadi Polri Presisi,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Wicaksono dalam sambutannya menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan ini tidak hanya merupakan wujud nyata dari peningkatan pelayanan publik kepolisian di Kabupaten Karawang tapi kita juga menjadi saksi dari sebuah kemajuan peradaban, tentunya dengan adanya pemolisian yang berbasis digital akan betul-betul membuktikan yang dulu masyarakat Kabupaten Karawang dinilai masyarakat yang berkembang sekarang sudah memiliki bukti nyata, dengan adanya aplikasi, adanya ETLE dan ditambah dengan beberapa Aplikasi Kepolisian maka akan menjadi masyarakat yang maju.

Dikatakannya, semua pelayanan akan lebih mudah, salah satunya dalam membuat surat kehilangan, dan Alhamdulillah di tahun anggaran 2023 Polres Karawang telah mendapatkan peringkat WBK, di antara 8 satker seluruh indonesia. Polres Karawang terus berupaya dalam meningkatkan citra kepolisian. “Kami akan terus kami melakukan peningkatan dibantu Pemerintah Daerah dan dalam kesempatan ini juga mendapat hibah dari Pemda Karawang serta didukung dari stockholder lainnya.

“Gedung SPKT Polres Karawang ini juga sudah mendapatkan asistensi dari Kemenpan-RB khususnya Deputi Pelayanan Publik, terkait kelengkapan fasilitas yang melengkapi aspek terhadap pelayanan publik, sehingga dapat memberikan pelayanan prima dan berkualitas kepada masyarakat sesuai standar pelayanan yang dapat meningkatkan citra Polri dan kepercayaan publik terhadap Polri,” tutup Kapolres. (DJ)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA