by

Peluncuran KPSP Jembrana, Bupati Tamba: Ini Menjadi Kebanggaan dan Penghargaan Buat Kita Semua

KOPI, Jembrana – PT. Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali melaunching Program Kredit Pembiyaan Sektor Prioritas Pertanian (KPSP) Kabupaten Jembrana dan UMKM Disabilitas Bali Nadi Jayanti, bertempat di Gedung Mendopo Kesari Negara, Jembrana Bali, Rabu (6/3/2024).
Inisiatif tersebut dalam rangka mendongkrak kredit pertanian di wilayah Kabupaten Jembrana.

Peluncuran KPSP tersebut dilakukan oleh Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Bali, Kristrianti Puji Rahayu, Direktur Kepatuhan PT. BPD Bali, I Wayan Sutela Negara dan Bupati Jembrana I Nengah Tamba. Pertama di Bali, BPD Bali pilih Jembrana Launching Kredit pembiayaan sektor prioritas peluncuran tersebut ditandai dengan pemukulan Jegog, yang mana Jegog tersebut merupakan musik tradisional khas Jembrana.

Terkait hal tersebut, Bupati Jembrana I Nengah Tamba menyambut baik atas kepedulian dan perhatian Bank BPD Bali terhadap Kabupaten Jembrana. “Tentu saya sangat senang karena OJK turun langsung bersama Perbankan yang ada di Bali dan mungkin ini yang pertama di Jembrana digarap, ini menjadi kebanggaan dan penghargaan buat kita semua,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati Tamba menjelaskan bahwa UMKM di Kabupaten Jembrana sudah sangat luar biasa, seperti halnya keberadaan Sentra Tenun yang merupakan pusat oleh-oleh khas Jembrana. “Bagaimana konsentrasi OJK terhadap pembiayaan UMKM dan Pertanian yang ada di Kabupaten Jembrana, UMKM kita sudah sangat luar biasa, kita ada hilirisasi UMKM di Sentra Tenun yang kita miliki, di situlah kebanggaan dari UMKM Jembrana karena selama ini UMKM itu tidak punya toko, tidak bisa memajang barangnya, juga mereka tidak bisa menjual barangnya,” jelasnya.

Di sisi lain Direktur Kepatuhan Bank BPD Bali, I Wayan Sutela Negara mengatakan bahwa peluncurkan Program Kredit Pembiayaan Prioritas yaitu pada Sektor Pertanian di Kabupaten Jembrana dan tentunya juga untuk UMKM Disabilitas Bali Nadi Jayanti sebagai bentuk kepedulian serta mendorong akselerasi UMKM dan Petani. “Data penyaluran kredit oleh Bank BPD Bali khususnya pada Sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan, khusus di Kabupaten Jembrana telah mengumpulkan 560 rekening dengan nominal Rp74.9 milyar atau 5.57 persen dari keseluruhan penyaluran kredit di Bank BPD Bali Cabang Negara,” ucapnya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada pihak regulator, OJK dan BI yang telah mempercayakan dan memberikan respon positif terhadap pengembangan produk dan layanan Bank BPD Bali, sehingga terus tumbuh menjadi Bank Daerah dengan standar nasional sesuai harapan masyarakat. “Semoga kerja sama dan sinergitas ini memberikan manfaat yang positif kepada masyarakat sekitar khususnya di Kabupaten Jembrana menuju Jembrana Emas 2026,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA