by

Tingkatan Kesejahteraan Masyarakat, Bupati Resmikan Gebyar Job Fair Online Loker dan Workshop Entrepreneur BLK Disnakertrans

KOPI, Karawang – Bupati Karawang Hj. dr. Cellica Nurrachadiana resmi membuka kegiatan “Gebyar Job Fair Online Via Info Loker dan Workshop Entrepreneur Barista dan Pastry UPTD BLK Disnakertrans Kabupaten Karawang Tahun 2023”, Selasa (12/9/23), bertempat di Kantor Disnakertrans Kabupaten Karawang. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka HUT Karawang ke-390.

Dalam sambutannya, Bupati Karawang menyampaikan bahwa di momen HUT Karawang ke-390 Pemda Karawang terus berusaha meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat Karawang termasuk para pencari kerja. “Pencari kerja semakin tahun semakin meningkat, oleh sebab itu Pemda fokus dalam menangani masalah pengangguran di Kabupaten Karawang dengan mengadakan Gebyar Job Fair Online yang diikuti lebih dari 100 perusahaan,” jelas Cellica.

Bupati berharap, program ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Karawang. “Selama ini banyak sekali keluhan masyarakat terkait proses rekruitmen perusahaan yang dirasa sangat menyusahkan. Untuk itu, kami berupaya menyediakan proses yang mudah untuk melamar kerja menggunakan sistem online yang bisa diakses oleh semua masyarakat, sesuai dengan temanya yaitu Hemat Waktu, Hemat Biaya dan dapat terjangkau oleh seluruh masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Kadisnakertrans Karawang Hj. Rosmalia Dewi, S.H., M.H., menyampaikan rasa syukur atas digelarnya Gebyar Job Fair ini. “Dari hasil penelusuran kami, Alhamdulillah ada 96 perusahaan yang membuka lowongan kerja dengan loker yang bervariasi. Insyaallah dari 96 perusahaan ini ada 1000-an loker yang bisa digunakan oleh masyarakat Karawang untuk bekerja. Lowongan tersebut akan kita posting di website infolokerkarawangkab.co.id setiap hari mulai hari ini sampai 30 September mendatang,” jelasnya.

Selain itu, untuk mengatasi masalah pengangguran bukan hanya melalui perusahaan saja, di tahun ini BLK Disnakertrans Karawang telah membuka workshop entrepreneur Barista dan Pastry. “Kita berharap dengan adanya workshop ini, sudah ada 50 pemilik Coffee Shop and Cafe bisa menyerap siswa yang telah kami latih untuk menjadi karyawan di Coffee Shop tersebut,” ungkapnya.

Rosmalia menambahkan, dalam website info loker tersebut yang membuka lowongan bukan hanya di bidang industri saja, tapi ada di bidang kesehatan, garmen, kecantikan dan kuliner. “Anak-anak yang tidak terserap di industri maka masih ada peluang di bidang garmen atau kecantikan, hal ini akan memperluas hubungan kerja di luar hubungan industrial,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Disnakertrans Karawang juga memberikan piagam penghargaan kepada beberapa perusahaan yang telah bersinergi dalam hal perekrutan tenaga kerja. Salah satu perusahaan yang mendapatkan penghargaan adalah PT. Siix EMS Indonesia.

Kepada awak media, Dedeh selaku HRD PT. Siix menyampaikan terima kasih atas penghargaan tersebut. “Kami dari PT. Siix merasa sangat dihargai, memang selama ini proses rekruitmen yang kami lakukan sudah sesuai aturan Disnakertrans yaitu satu pintu dan dengan adanya portal website Karawang ini sangat membantu para pencari kerja,” ujarnya.

Ia berharap ke depannya Karawang lebih baik dan lebih maju lagi. Kegiatan tersebut dihadiri Narasumber dari Institut Pariwisata Trisakti Jakarta, Robiatul Adawiyah dan Chairul Salim; Ketua APINDO Karawang, H. Abdul Syukur; Pimpinan OPD Karawang; Pimpinan LPK Galuh Berkarya Karawang; Pimpinan Perusahaan dan Pemilik Coffee Shop; serta tamu undangan lainnya. (DJ)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA