by

Cara Menganalisis Peluang Usaha Untuk Pemula

-Berita-1,533 views

KOPI, Kediri – Baik Anda memulai bisnis kecil dari awal atau membeli perusahaan atau waralaba yang sudah ada, Anda perlu mengambil langkah untuk menganalisis potensi bisnis dan kemampuan Anda untuk membuatnya berhasil. Penyelidikan Anda harus menyeluruh, menganalisis risiko dan manfaat dari peluang tersebut. Evaluasi bisnis memerlukan analisis keuangan, produk dan sumber daya manusia. Tinjau potensi dan perangkap yang melekat dalam bisnis untuk membuat keputusan yang tepat dan meningkatkan peluang Anda untuk sukses.

Melansir beberapa sumber, sebagian besar usaha kecil gagal karena manajemen yang buruk dan ketidakmampuan pemilik untuk mengelola sumber daya. Bahkan sebelum Anda mulai meneliti kelayakan ide Anda dan pasar yang akan Anda masuki, evaluasi bakat, keinginan, dan tujuan Anda sendiri. Pertimbangkan kesediaan Anda untuk mengambil risiko serta jumlah waktu dan energi yang Anda perlukan untuk membuat bisnis ini sukses. Tinjau keterampilan keuangan, personal, dan pemasaran Anda juga untuk memastikan Anda memiliki latar belakang yang diperlukan untuk mensukseskan usaha baru Anda.

Komponen Keuangan

Setelah mempelajari tentang investasi yang diperlukan untuk membeli bisnis atau waralaba yang ada atau biaya awal yang Anda perlukan pada awalnya, analisa sumber daya Anda sendiri. Bagian dari penilaian keuangan mencakup jumlah yang Anda miliki dalam tabungan pribadi untuk ditambahkan ke investasi awal. Bank biasanya meminta pengusaha untuk datang dengan sebagian dari investasi untuk menunjukkan itikad baik dan kemauan untuk mengambil risiko dengan pemberi pinjaman. Nilai pembiayaan yang tersedia melalui penjual, investor, dan pemberi pinjaman saat menganalisis peluang Anda untuk berhasil.

Riset Pasar

Untuk benar-benar memahami apa yang Anda hadapi, lakukan proyek riset pasar yang ekstensif untuk menentukan kelayakan bisnis Anda. Selain mengumpulkan statistik tren dan pola pembelian pelanggan saat ini, Anda perlu mengetahui siapa pelanggan Anda, di mana mereka berada, dan jenis persaingan apa yang ada di wilayah Anda. Pertimbangkan riset pasar sebagai langkah pertama Anda dalam analisis peluang yang membantu Anda memahami dengan tepat bagaimana Anda akan menjual produk atau layanan ke pasar tertentu.

Tugas Beresiko

Analisis lengkap dari peluang bisnis mencakup penilaian risiko. Penilaian yang jujur ​​tentang potensi risiko yang melekat dalam bisnis baru Anda dapat membantu Anda mempersiapkan diri untuk kemungkinan masalah dan memutuskan apakah risiko tersebut sepadan dengan investasi. Detail yang perlu Anda pertimbangkan dalam proses penilaian risiko mencakup faktor-faktor yang dapat memengaruhi bisnis Anda secara negatif, seperti keadaan ekonomi secara umum, peristiwa cuaca, dan daya saing pesaing Anda. Pertimbangan internal harus mencakup kesehatan Anda sendiri, tingkat kredit yang tersedia bagi Anda dan jumlah serta jenis karyawan yang perlu Anda pekerjakan untuk menjalankan bisnis secara efisien.

Mendukung

Terakhir, analisa jumlah dukungan yang Anda harapkan dari keluarga dan masyarakat. Kemungkinan besar Anda akan menghabiskan banyak waktu pada tahap awal pembukaan bisnis baru Anda, yang dapat memengaruhi hubungan keluarga Anda. Analisis peluang usaha membutuhkan pertimbangan profesional dan pribadi. Hobi dan komitmen di luar mungkin perlu dibatasi untuk beberapa waktu. Sikap dan preferensi budaya di komunitas Anda dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk mengembangkan dan mempertahankan bisnis Anda. Evaluasi posisi Anda di semua bidang ini untuk memastikan Anda mendapatkan dukungan yang diperlukan untuk menjadi sukses.

Referensi: Bizbox.id

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA