by

Pasukan Tengkorak Galakkan Program Ketahanan Pangan, Pemkab Karawang Berikan Benih Ikan dan Bibit Sukun

KOPI, Karawang – Pasukan Tengkorak Kostrad di bawah Pimpinan Letkol Inf Ardiansyah alias Raja Aibon Kogila tak henti-hentinya berkreasi. Ilmu dan pengalaman yang begitu berharga selama menjalankan tugas di Intan Jaya Papua, tak mau ditinggalkan begitu saja. Apalagi Karawang kondisinya sangat jauh berbeda dengan Intan Jaya, ditambah lagi, Pemerintah Kabupaten Karawang sangat mendukung dan membantu setiap program dan kebutuhan pasukan Tengkorak, Rabu (9/8/23).

“Di Intan Jaya kan serba susah. Kalau kita butuh sesuatu, harus pesan dari Timika, Nabire, Surabaya, bahkan dari Jakarta. Mau itu bibit sayuran, benih ikan dan sebagainya. Belum lagi ditambah biaya yang pastinya jadi berlipat ganda. Tapi, kita di sana sanggup menjalankan program Ketahanan Pangan, baik di bidang perkebunan maupun perikanan dan peternakan. Di sini tentunya lebih bisa, karena Pemkab Karawang sangat mendukung. Kebutuhan benih ikan dan pakannya, bibit sayur sampai dengan pohon buah, semuanya didukung oleh Pemkab. Makanya, kesempatan ini kami manfaatkan dengan sebaik mungkin. Yang penting kemauan saja. Itu kuncinya,” ucap Letkol Inf Ardiansyah, Komandan Batalyon PR 305 Tengkorak Kostrad.

Berawal dari obrolan ringan antara Komandan Pasukan Tengkorak dengan H. Aep Saepulloh, S.E., yang tak lain merupakan pejabat Wakil Bupati Karawang saat berkeliling menikmati indahnya Markas Tengkorak di malam hari, dilanjutkan nongkrong di Raja Aibon Cafe. Selama berkeliling sembari ngobrol, Raja Aibon bercerita dan sesekali menjawab pertanyaan dari sahabatnya itu, tentang kisah-kisah dan kreativitas serta inovasi Ksatria Tengkorak Kostrad selama berada di Intan Jaya Papua. Sang Wabup menunjukkan kekaguman dan kebanggaannya terhadap pasukan Tengkorak, satu-satunya Satuan Tempur yang berada di Kabupaten Karawang.

Saat berkeliling menikmati indahnya markas Tengkorak di malam hari, di kolam pemancingan dan budidaya ikan ‘Robby Sitorus’, Sang Wakil Bupati menyempatkan diri turun dari kendaraan, untuk menyapa para Prajurit yang menghabiskan malam Minggu mereka dengan memancing ikan. Saat itu pula, Raja Aibon mulai menjelaskan tentang kesibukan tambahan pasukannya, demi menyukseskan program Ketahanan Pangan, baik di bidang Pertanian dan Perkebunan, maupun Perikanan.

“Sinterklas… Awalnya saya kira orang Intan Jaya. Ternyata Pak Poltak yang jadi Sinterklas. Luar Biasa!” sapa H. Aep Saepulloh, S.E., sembari menyalami Kapten Inf Poltak Siahaan yang sedang bersama para prajurit di kolam pancing Robby Sitorus.

Waktu sudah menunjukkan pukul 23.20 WIB. Sang Wakil Bupati pun pamit untuk meninggalkan markas Tengkorak. Sebelum meninggalkan Raja Aibon Cafe, kedua sahabat memadu janji untuk bertemu lagi dua hari kemudian, karena Komandan Pasukan Tengkorak ingin menjamu sahabatnya makan siang dengan menu khas Taliwang, Sumbawa Barat.

Pertemuan Wabup Karawang dan Danyon Tengkorak.

Dalam kesempatan tersebut, Haji Aep Saepulloh, Wakil Bupati Karawang, atas nama Pemerintah Kabupaten Karawang sangat mengapresiasi Danyon Pasukan Tengkorak. “Alhamdulillah di Markas 305 ini ada sebuah empang dan alhamdulillah empang ini mungkin airnya sangat bagus. Kami memberikan bantuan yaitu 10 ribu bibit Nila, sama 10 ribu bibit Lele. Tentunya ini merupakan salah satu program kami Pemkab Karawang, termasuk juga pemerintah pusat juga, bahwa dimana Ketahanan Pangan, kita wajib juga memberikan pemberdayaan di wilayah setempat,” ujar Wabup.

Wabup menambahkan, selain memberikan bibit Ikan Lele dan bibit Ikan Nila, karena di wilayah 305 memiliki wilayah yang sangat luas dan memiliki para pelaku usaha UMKM, dimana pelaku usaha UMKM ini adalah pemilik pengusaha kripik sukun. “Jadi, insyaallah kami melalui Dinas Pertanian akan memberikan bantuan bibit sukun, yang mana Insyaallah akan ditanam di sini dan ini pun akan bermanfaat,” ucap H. Aep Saepulloh.

Sementara itu, Letkol Inf Ardiansyah selaku Komandan Batalyon sangat berterima kasih atas segala dukungan dan perhatian dari Pemkab Karawang kepada Batalyon PR 305 Tengkorak. Apalagi, setelah menyapa para guru TK Kartika Tengkorak, sang Wabup berkenan membantu merehab bangunan TK Kartika. Sang Wabup menyampaikan bahwa pendidikan merupakan hal utama.

Oleh karena itu, fasilitas pendidikan juga harus diperhatikan. Diketahui bahwa TK Kartika Tengkorak mengalami kemajuan yang signifikan dalam setahun terakhir ini, baik dalam hal jumlah siswa, kualitas tenaga pendidik maupun kualitas hasil didikan.

“Saya, Letkol Inf Ardiansyah, Raja Aibon sudah kembali ke markas. Puji syukur kepada Tuhan dan terima kasih banyak kepada Pemkab Karawang yang memang selama ini, bukan hanya saat ini, tadi yang disebutkan oleh beliau itu bantuan yang saat ini saja, sebelumnya sudah banyak dan setiap tahun dan dari dulu memang sungguh besar perhatian dari Pemkab Karawang terhadap satuan kami di sini. Karena tanpa bantuan dari Pemkab tidak mungkin satuan kita bisa berbenah sampai dengan kondisi seperti ini,” ungkap Raja Aibon Kogila.

Menurutnya, saat mau berangkat ke penugasan, sampai kembali, supportnya sangat luar biasa. “Atas support tersebut kami ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Karawang, kepada Bang Haji Aep yang selama ini selalu memberikan support kepada kami dalam segala hal, segala bidang. Sehingga harapannya nanti kami sebagai bagian dari warga Karawang akan terus membuka bagaimana berperan serta dalam memajukan Karawang menjadi lebih baik dalam segala hal. Terima kasih, hormat kami Kostrad,” tutur Raja Aibon Kogila, Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad.

Maju terus Pasukan Tengkorak, maju terus Pemkab Karawang. Lanjutkan kreativitas dan inovasi untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (DJ)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA