by

Protes Dugaan Pencemaran Lingkungan, FKUB Gelar Unjuk Rasa di Depan PT. Monokem Surya

KOPI, Karawang – Forum Karawang Utara Bergerak (FKUB) menggelar aksi unjuk rasa di depan PT. Monokem Surya, Desa Amansari, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Kamis (9/11/23). Berdasarkan pantauan awak media, ratusan peserta aksi yang didominasi para pemuda Rengasdengklok sudah berkumpul di depan Terminal Rengasdengklok sejak pagi hari.

Para pengunjuk rasa melakukan aksi jalan kaki menuju PT. Monokem Surya dengan membentangkan spanduk bertuliskan protes soal dugaan pencemaran lingkungan. Aksi unjuk rasa ini sempat membuat macet arus lalu lintas di sepanjang Jalan Proklamasi-Tanjungpura selama beberapa jam. Puluhan petugas Kepolisian dibantu TNI, Satpol PP dan Dishub nampak berjaga mengawal aksi unjuk rasa.

Koordinator aksi Ferry Dharmawan mengatakan bahwa berdasarkan hasil investigasi masyarakat sekitar, diduga telah terjadi pencemaran lingkungan yang dilakukan oleh pihak perusahaan. “Mereka membuat saluran air pembuangan (limbah) ke Citarum secara langsung. Tapi memang informasinya mereka sudah melalui proses instalasi ipal, tapi kami harus melihat langsung,” ujar Ferry.

Tak hanya menggelar aksi demo, kata Ferry, warga didampingi Kantor Hukum Alexa sedang menyiapkan bahan laporan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan gugatan ke Pengadilan Negeri Karawang atas dampak yang dirasakan oleh warga. “Ini bukan aksi satu-satunya, ini baru dimulai,” tandas Ferry, pria yang dikenal dengan sebutan si Jambul Merah tersebut.

Peserta aksi lain, Anggadita (Angga De Raka), menambahkan, tuntutan aksi yaitu meminta PT. Monokem menghentikan pembuangan limbah cair ke Citarum. “Kedua, benahi dan penuhi izin-izin secara regulasi jangan sampai PT Monokem bersikap adikuasa atau adigung,” ujar Angga.

Adapun tuntutan lain, Angga meminta PT Monokem Surya untuk transparan dalam menyalurkan CSR untuk warga Rengasdengklok. “Bicara PT. Monokem bukan hanya Desa Amansari saja, tapi semua wilayah Karawang Utara,” kata Angga.

Sementara itu, peserta aksi bergantian berorasi di depan PT. Monokem Surya. Secara simbolis massa juga sempat menyegel pintu masuk PT Monokem Surya sebagai bentuk protes.

Usai berorasi, massa membubarkan diri dengan tertib dan akan kembali aksi pada pekan depan dengan jumlah massa yang lebih banyak. Hingga berita ini diterbitkan belum ada keterangan resmi dari pihak PT Monokem Surya. (DJ)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA