by

Ditarget Beroprasi Akhir November 2023, Bupati Jembrana Laksanakan Pemantauan ke RMU Desa Penyaringan

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi Tim Bank Mandiri serta Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana I Wayan Sutama melaksanakan Pemantauan ke Rice Milling Unit (RMU) Tibu Beleng, Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, Jembrana Bali, Rabu (8/11/2023). Pemantauan RMU tersebut ditargetkan mulai beroperasi di akhir bulan November 2023 dan memastikan semua siap.

Rice Milling Unit (RMU) Tibu Beleng Desa Penyaringan digadang-gadang menjadi Sentra Pengolahan Beras Terpadu Termodern di Bali. RMU yang merupakan bantuan Menteri BUMN Erick Thohir melalui CSR Bank Mandiri tersebut memiliki mesin canggih yang sudah terintegrasi.

Usai berkeliling meninjau semua fasilitas yang ada, Bupati Tamba mengatakan bahwa RMU tersebut akan bisa menjawab permasalahan harga gabah yang murah ketika memasuki masa panen. “RMU hadiah dari Bapak Menteri BUMN Erick Thohir melalui CSR Bank Mandiri, hari ini sudah terwujud, kita sudah uji coba, astungkara (mudah-mudahan) ini bisa menjawab persoalan dari petani padi yang ada di Kabupaten Jembrana,” ucap Bupati Tamba.

Pihaknya juga menjelaskan bahwa RMU Tibu Beleng diperkirakan mampu memproduksi hingga 60 ton beras per hari, nantinya selain gabah hasil dari petani Penyaringan, juga akan bisa menampung gabah hasil petani dari luar Desa Penyaringan. “Kebutuhan gabah setiap harinya hampir 60 ton, dimana produksi beras dalam satu jam bisa 3-4 ton, kalau produksi gabah dari sekitar Desa Penyaringan mungkin belum mencukupi, maka butuh produksi gabah dari petani dan dari subak-subak di luar Desa Penyaringan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Bupati Tamba mengatakan bahwa RMU Tibu Beleng memiliki mesin yang termodern, sehingga nantinya bisa menjadi objek edukasi baik bagi pelajar maupun masyarakat yang akan mengembangkan usaha di bidang penggilingan padi. “Tempat ini salah satu mesin yang termodern dan akan menjadi tempat edukasi baik untuk anak-anak sekolah maupun pihak swasta lainnya yang mau belajar tentang mekanisme RMU,” ujar Bupati Tamba.

Selain itu, Bupati Tamba sangat berharap Menteri BUMN Erick Thohir bisa meresmikan langsung RMU Tibu Beleng. “Dalam waktu dekat kita akan melakukan seremonial pamelaspasan, dan mudah-mudahan Pak Menteri Erick Thohir dan Direktur Bank Mandiri bisa hadir di Subak Tibu Beleng ini,” harap Bupati Tamba.

Sementara itu, Perwakilan Mitra Bumdes Nusantara, Atif Solihin yang ditugaskan melatih dan membimbing sentra pengolahan beras terpadu tersebut mengatakan bahwa RMU Tibu Beleng menjadi sentra pengolahan beras yang terlengkap di Bali. “Penggilingan ini sudah menjadi sentra penggilingan padi modern, mulai dari mesin sampai dengan produk, disamping sudah terintegrasi, di sini juga yang paling canggih, ada separator dan destoner yang terlengkap di Provinsi Bali,” ucap Perwakilan Mitra Bumdes Nusantara Atif Solihin. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA