by

Dinilai Sukses, Bunda Paud Jembrana Terima Penghargaan Wiyata Dharma Madya Tingkat Nasional

KOPI, Jembrana – Bunda Paud Jembrana, Nyonya Gusti Ayu Ketut Candrawati Tamba memperoleh Penghargaan Kategori Wiyata Dharma Madya Tingkat Nasional. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ibu Wapres RI, Hajjah Wury Estu Handayani Ma’ruf Amin dalam acara Apresiasi Bunda Paud Tingkat Nasional Tahun 2023, yang digelar di Mercure Conventions Center, Ancol, Jakarta Utara, Rabu (8/11/2023).

Apresiasi Bunda PAUD Jembrana memperoleh penghargaan karena dinilai sukses menjadi motor penggerak terwujudnya PAUD berkualitas dan menjadi penggerak transisi PAUD ke SD yang menyenangkan di Kabupaten Jembrana. Yang lebih membanggakannya lagi, Nyonya Candrawati Tamba menjadi satu-satunya Bunda PAUD Kabupaten/Kota di Provinsi Bali yang menerima penghargaan dalam kategori tersebut.

Usai Pelaksanaan acara tersebut Bunda PAUD Jembrana Nyonya Gusti Ayu Ketut Candrawati Tamba mengucapkan terima kasih kepada semua stakeholder yang mendukung, sehingga menurutnya apresiasi yang diterima bukan untuk pribadi, tetapi untuk semua, terutama masyarakat Jembrana. “Terima kasih kepada seluruh stakeholder mulai dari:

  1. Pokja Bunda PAUD Jembrana
  2. Organisasi Mitra PAUD
  3. Forum Komunikasi PAUD SD, DUDI
  4. Mitra pembangunan lain.

Atas dukungan dalam Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan di Jembrana, dan apresiasi ini untuk kita semua, agar pendidikan yang lebih baik menuju Jembrana Emas 2026,” ungkap Bunda PAUD Nyonya Candrawati Tamba.

Lebih lanjut, Nyonya Candrawati Tamba yang juga sebagai Ketua TP PKK Jembrana menuturkan beberapa program dan inovasi yang telah dilakukan dalam mensukseskan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan di Jembrana diantaranya sebagai berikut:

  1. Penciptaan Jingle Transisi PAUD yang Menyenangkan
  2. Membentuk regulasi, koordinasi bersama stakeholder terkait
  3. Workshop, sosialisasi baik melalui media konvensional dan online
  4. Monev (monitoring dan evaluasi) pelaksanan kegiatan
  5. Gerakan parenting yang bersinergi dengan TP PKK yang menyasar keluarga-keluarga
  6. Peningkatan kesejahteraan Guru PAUD, khususnya yang non PNS dengan pemberian Insentif.

“Selain itu, suksesnya pelaksanaan Gebyar Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan yang dihadiri 4.967 orang lebih tersebut menunjukkan komitmen bersama seluruh pemangku kepentingan dalam mensukseskan gerakan ini, sekali lagi dengan dukungan team yang solid, penghargaan ini menjadi jawabannya, kedepan tentunya kita akan lebih semangat lagi,” tutur Bunda PAUD Nyonya Candrawati Tamba.

Sejalan dengan hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Jembrana, I Gusti Putu Anom Saputra menyampaikan bahwa penghargaan yang diterima dari pemerintah pusat tersebut merupakan apresiasi terhadap capaian kinerja Bunda PAUD Jembrana dalam menjalankan peran dan tugas secara optimal mendukung gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan menuju PAUD yang berkualitas. “Penghargaan ini bukan hanya sekedar apresiasi, tetapi juga menjadi inspirasi bagi para pemangku kebijakan dan masyarakat untuk terus mendukung perkembangan pendidikan anak usia dini di Jembrana,” ucap Kadis Dikpora Jembrana I Gusti Putu Anom Saputra.

Sementara itu, Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang juga Bunda PAUD Nasional memberikan apresiasi kepada Bunda PAUD di seluruh Indonesia atas pencapaian dan upaya yang sudah dilakukan untuk memperkuat gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan.
“Kami sangat berbangga, karena sejak gerakan ini diluncurkan, antusiasme di berbagai daerah di Indonesia sangat tinggi, semakin banyak kegiatan sosialisasi yang dilakukan untuk membuka wawasan masyarakat terkait gerakan ini,” ucap Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Hadir dalam acara Apresiasi Bunda Paud Tingkat Nasional Tahun 2023 tersebut, Mendikbudristek RI, Nadiem Anwar Makarim beserta jajaran, anggota OASE KIM, serta Bunda Paud Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA