by

Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan untuk Masa Depan Lebih Baik

KOPI, Jakarta – Kesehatan merupakan hal yang sangat berharga, sehingga Anda harus menjaga kesehatan dan memiliki perlindungan lebih seperti asuransi kesehatan Traveloka. Umumnya asuransi kesehatan dianggap mahal dan menambah pengeluaran bulanan. Padahal ada banyak manfaat pentingnya asuransi kesehatan untuk kamu miliki. Memiliki asuransi kesehatan sama dengan menabung, karena Anda secara tidak langsung melakukan pembelian  fasilitas kesehatan, apabila Anda mengalami hal yang tidak diinginkan.

Anda tentu mengetahui bahwa perawatan kesehatan baik rawat inap maupun rawat jalan membutuhkan biaya yang terbilang tidak murah, terlebih jika ada kondisi dan tindakan darurat yang membutuhkan uang dalam jumlah banyak dalam waktu yang sebentar. Asuransi kesehatan bisa menjadi solusi Anda.

Traveloka memiliki beberapa jenis asuransi kesehatan yang bisa jadi pilihan Anda seperti Bebas Handal – FWD disarankan untuk usia 30 hari-55 tahun. Hospital Cash Plan Astra Life disarankan untuk Anda yang berusia antara 18 – 59 tahun. Dan ada FWD Cancer Protection untuk Anda yang berusia 18 – 64 tahun dengan ketentuan yang bisa Anda cermati, di sini.

Asuransi Kesehatan

Tak ada yang menginginkan sakit namun tidak ada salahnya Anda memiliki perlindungan pada suatu kondisi yang akan dihadapi di kemudian hari. Saat Anda jatuh sakit, Anda bisa meminta pihak asuransi untuk mengurusnya, perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi dengan jumlah yang telah disepakati. Tak hanya itu, ini manfaat pentingnya memiliki asuransi kesehatan:

Memberikan Perlindungan untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Alasan utama memiliki asuransi kesehatan adalah adanya perlindungan untuk diri sendiri dan atau keluarga. Saat Anda memiliki asuransi kesehatan, tentu kesehatan Anda memiliki proteksi lebih dari luar dalam bentuk finansial. Jika sewaktu-waktu membutuhkan perawatan dan pengobatan maka asuransi akan menanggung kebutuhan dan pengeluaran biaya tersebut.

Menekan Pengeluaran

Sakit merupakan hal yang tidak diinginkan dan kesehatan merupakan hal yang tidak murah. Bahkan biaya pengobatan semakin hari semakin mahal, hal ini tentu didukung dengan kecanggihan teknologi serta perkembangan bidang medis yang semakin pesat, yang juga mendukung kenaikan biaya yang cukup mahal. Tentu saja, sangat memungkina bagi Anda bisa mengalami krisis keuangan untuk membayar keperluan dan biaya perawatan, terlebih kondisi seperti ini datang tanpa diduga. Di sini, pentingnya asuransi kesehatan yang bisa menanggung biaya pengobatan dan perawatan yang Anda jalani. Anda membayar premi setiap bulan yang telah ditentukan, terjadinya risiko krisis keuangan akibat pengeluaran biaya besar secara mendadak bisa diminimalisir.

Perencanaan Keuangan yang Matang

Asuransi kesehatan menjadi bagian penting dari perencanaan keuangan. Karena saat Anda membeli layanan asuransi kesehatan, maka Anda harus membayar premi bulanan tanpa mengganggu pengeluaran yang lain, sehingga Anda dipaksakan untuk memiliki rencana keuangan yang matang serta Anda memilih premi yang tidak memberatkan pengeluaran bulanan Anda.

Kemudian, Anda harus memperhatikan premi yang dikeluarkan sesuai dengan layanan yang didapat atau tidak, premi jangan memberatkan juga jangan terlalu murah dari harga pasaran karena itu patut dicurigai. Premi yang mahal belum tentu memiliki layanan terbaik, dan premi murah belum tentu mendapatkan layanan yang kurang. Sehingga Anda benar-benar harus memperhatikan premi dan manfaatnya serta ketentuan lainnya.

Waktu Lebih Efisien

Memiliki asuransi kesehatan akan memberikan pilihan serta fleksibilitas terkait biaya perawatan saat Anda mengalami sakit. Ketika sakit, Anda telah ditutupi oleh biaya yang ditanggung oleh pihak asuransi, sehingga Anda tidak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk biaya kesehatan. Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara melakukan verifikasi serta konfirmasi nomor asuransi yang dapat Anda temukan pada kartu asuransi, kemudian pihak rumah sakit akan melakukan beberapa proses konfirmasi, yang nantinya Anda bisa mengajukan biaya asuransi kesehatan pada perusahaan. Rumah sakit nantinya akan langsung berhubungan dengan pihak asuransi mengenai biaya yang telah dikeluarkan.

Mengurangi Stress

Datangnya penyakit secara mendadak bisa menambah stress, terlebih jika Anda tidak memiliki dana darurat untuk melakukan pengobatan. Biaya pengobatan yang semakin mahal juga akan memberikan tekanan psikologis. Dengan memiliki asuransi kesehatan, maka akan mengurangi tekanan dan stress yang terjadi. Asuransi akan menanggung biaya pengobatan dan perawatan sehingga Anda bisa fokus pada kesembuhan diri saja.

Memberikan Ketenangan

Memiliki asuransi akan memberikan rasa aman, tenang, dan nyaman. Tak ada lagi rasa was-was takut akan hal yang akan terjadi di masa depan. Hal ini karena Anda memiliki pegangan yang dapat Anda gunakan ketika Anda mengalami kejadian yang tidak terencana ini. Memiliki asuransi kesehatan juga membuat Anda lebih tenang tanpa perlu khawatir akan memberikan beban kepada orang terdekat maupun keluarga, saat membutuhkan biaya pengobatan dan perawatan yang cukup besar.

Mendapatkan Layanan Terbaik

Memiliki asuransi kesehatan sama dengan memiliki akses untuk mendapatkan fasilitas kesehatan terbaik saat berobat. Nantinya Anda akan mendapatkan pelayanan serta fasilitas kesehatan terbaik sesuai dengan premi yang telah Anda bayarkan.

Berbagai manfaat pelayanan kesehatan bisa kamu dapatkan seperti rawat inap, biaya kamar ICU, pengobatan penyakit kritis, rawat jalan bahkan hingga santunan meninggal. Umumnya, pihak asuransi memiliki Kerjasama dengan rumah sakit yang memiliki layanan terbaik dengan fasilitas yang lengkap. Saat Anda sakit, Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai biaya dan Anda bisa fokus pada kesembuhan diri.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat memiliki asuransi kesehatan di tangan. Jangan lupa untuk membeli asuransi kesehatan melalui Traveloka Lifestyle SuperApp, untuk mendapatkan berbagai macam manfaat asuransi kesehatan hanya di Traveloka! (ADV/Red)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA