by

Tips dalam Memilih Sepatu Futsal yang Perlu Anda Ketahui

KOPI, Jakarta – Futsal merupakan olahraga yang sangat bertumpu pada kaki dan footwork adalah hal yang sangat berpengaruh terhadap jalannya permainan, oleh karena itu pemilihan sepatu futsal yang baik dan cocok menjadi sangat penting ketika ingin mendapatkan performa bermain yang maksimal.

Tapi sayangnya banyak orang khusunya pemula yang asal-asalan dalam memilih sepatu futsal dan lebih memperhatikan hal yang bersifat kosmetik seperti baju futsal printing dan kaus kaki. Mereka beranggapan bahwa asal sudah menggunakan sepatu futsal ya sudah cukup, padahal sepatu futsal sendiri beragam dan masing-masing dirancang khusus untuk jenis telapak kaki tertentu atau tempat bermain tertentu.

Dalam memilih sepatu Futsal, ada banyak hal yang harus diperhatikan seperti kualitas bahan, jenis kaki kalian, tempat bermain futsal, desain, dan harga sepatu tersebut.

Memang cukup banyak yang harus diperhatikan ketika memilih sepatu futsal. Nah, untuk membuatnya lebih simpel dan tidak ribet, berikut ini saya tuliskan saja beberapa tips-tips dalam memilih sepatu futsal yang bisa Anda lakukan agar tidak salah pilih sepatu.

Apa saja tips-tipsnya? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Pilih Sepatu Berdasarkan Tempat Anda Bermain Futsal

Sol sepatu futsal sendiri beragam dan dirancang khusus untuk digunakan pada tempat tertentu. Pada lapangan dengan permukaan rumput sintetis, Anda dianjurkan menggunakan sepatu futsal yang memiliki sol dengan pul berbahan karet, tidak seperti pul sepatu bola yang berbahan TPU keras. Lalu, pada lapangan dengan permukaan vinyl atau parquette Anda harus menggunakan sepatu dengan sol berbahan karet, sol ini sangat cocok untuk permukaan lapangan keras yang digunakan untuk bermain futsal.

2. Pilih Sepatu Futsal Berdasarkan Jenis Telapak Kaki Anda

Kurang lebih ada tiga jenis telapak kaki manusia yaitu pronasi sedang, lebih dan kurang. Bagi Anda yang memiliki jenis telapak kaki pronasi sedang maka umumnya Anda tidak akan bermasalah menggunakan jenis sepatu futsal apa saja. Namun, untuk jenis kaki pronasi lebih Anda harus mencari sepatu futsal yang lentur dan tidak terlalu keras bantalan solnya. Lalu untuk jenis kaki pronasi kurang Anda harus mencari sepatu yang memiliki bantalan pada bagian tengah midsole.

3. Sesuaikan Budget dengan Pilihan Sepatu

Tips ketiga adalah menyesuaikan budget dengan pilihan sepatu. Setelah menentukan pilihan jenis sepatu berdasarkan tempat bermain dan jenis kaki, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menyortir pilihan sepatu futsal berdasarkan budget yang Anda miliki.

Umumnya sepatu futsal dari merek internasional memiliki harga diatas Rp 500.000 sedangkan sepatu futsal merek lokal biasanya memiliki harga mulai dari Rp 200.000, tinggal sesuaikan budget saja, apabila budget hanya cukup untuk membeli produk lokal maka tidak usah ragu untuk memilih produk lokal karena produk lokal belakangan ini kualitasnya juga bagus-bagus, daripada membeli produk KW maka lebih baik membeli produk lokal.

Nah, itulah dia beberapa tips-tips penting dalam memilih sepatu futsal agar tidak salah pilih dan bisa mendapatkan sepatu terbaik yang cocok untuk Anda dengan Budget yang Anda miliki.

Demikian pembahasan mengenai tips-tips memilih sepatu futsal yang bisa saya sampaikan dan semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang berencana membeli sepatu futsal baru.

Sekian artikel kali ini, mohon dimaafkan apabila ada kesalahan dalam penulisan dan sampai jumpa di artikel-artikel saya berikutnya.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA