by

Yuk Simak Ngobrol Asik Live di Instagram @Daihatsuind Bersama GT Radial

KOPI, Jakarta – Sharing tips ‘Ngobrol Asik’ yang ditayangkan langsung di Instagram Live @daihatsuind pada 17 Oktober 2020, dengan tema dan tips dalam melakukan Eco Driving. Program edukatif ini dikemas berupa talkshow dengan tema yang fresh sesuai dengan tren dan kondisi terkini dan dapat dinikmati oleh Sahabat Daihatsu di seluruh Indonesia.

Setelah pada edisi sebelumnya, Daihatsu membahas tentang safety driving and defensive driving, maka Eco Driving merupakan kombinasi dari kedua teknik tersebut. Sesuai tema dan namanya, Eco Driving kepanjangan dari Economical Driving, yaitu teknik berkendara untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar. Eco Driving memiliki beragam manfaat, seperti lebih hemat BBM (Bahan Bakar Minyak), mengurangi tingkat polusi sehingga lebih ramah lingkungan, meminimalisir potensi resiko kecelakaan di jalan raya, dan membuat komponen mobil lebih awet, sehingga dapat menghemat ongkos pengeluaran penggunanya dalam berkendara sehari hari.

“Terdapat banyak teknik dalam melakukan Eco Driving, misalnya menggunakan kendaraan yang sudah dilengkapi indikator Eco Driving, seperti Daihatsu Terios, Xenia, Sirion, Sigra dan Ayla, merencanakan rute perjalanan sesuai kebutuhan memanaskan mesin cukup 1 menit, berkendara sehalus mungkin, menjaga kecepatan konstan sekitar 60-80 Km/Jam dan RPM di putaran 2.000, jaga jarak dengan kendaraan lain dan gunakan engine brake untuk deselerasi, atur suhu AC ideal di kabin, matikan mesin dan buka jendela apabila sedang menunggu di dalam mobil lebih dari 5 menit, melakukan perawatan kendaraan secara berkala, dan menggunakan bahan bakar kendaraan yang direkomendasikan,” jelas Sony Sukmana, Senior Instrutctor Safety Defensive Consultant Indonesia.

“Pemilihan jenis ban mobil juga merupakan faktor penting dalam mendukung Eco Driving. Ban berjenis Eco merupakan ban berbahan baku ramah lingkungan, didesain khusus agar hambatan gulirnya rendah, dan spek ini pun bisa ditemui pada ban Champiro Eco dari GT Radial. Ia juga berpesan agar selalu menjaga dan merawat ban, karena saat berkendara, komponen inilah yang memiliki andil besar dalam menjaga keselamatan pengendaranya,” lanjut Zulpata Zainal, Proving Ground On Vehicle Tes Manager PT Gajah Tunggal.

Bagi Sahabat yang penasaran dan belum sempat nonton sharing tentang Eco Driving tersebut, bisa mengunjungi Instagram Daihatsu di @dajhatsuind pada channel IGTV. “Melalui sharing tips Eco Driving ini, Sahabat dapat berkendara secara aman, nyaman dan lebih hemat. Kami berharap, Sahabat dapat menerapkan teknik Eco Driving sehari-hari, sehingga Sahabat dapat lebih hemat bahan bakar dan bisa menabung untuk keperluan lainnya di tengah kondisi pandemi seperti saat ini serta tetap ramah lingkungan,” tutup Elvina Afny, Customer Satisfaction and Value Chain Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA