by

Gagal Konstruksi, Jembatan di Cibuaya Karawang Ambruk

KOPI, Karawang – Jembatan di Dusun Neglasari RT 0/04, Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, yang masih dalam tahap pengerjaan oleh CV. Jaya Alfa Rizky ambruk, Senin (6/11/23), sekitar pukul 14:00 Wib. Penyebab sementara diduga kegagalan pada konstruksi yaitu pilar kiri dan kanan bagian tengah jembatan ambrol secara bersamaan.

Pada Selasa (07/11/23), warga di sekitar lokasi pekerjaan memberikan keterangan kepada wartawan, namun mereka enggan menyebutkan nama. Mereka menjelaskan bahwa kejadian jembatan ambruk terjadi sekitar jam 14:00 saat masih ada mandor di lokasi.

Mandor pulang sejenak dan jembatan langsung roboh. Salah seorang warga menyatakan, “Saya tahu bahwa seharusnya pemasangan tiangnya 4 tiang, namun hanya dipasang 3 tiang. Bahkan, jembatan ini terlihat datar, tidak seperti yang seharusnya lebih tinggi. Ini malah datar sehingga tidak dapat dilewati seperti jembatan sebelumnya yang lebih tinggi.”

Ketika dikonfirmasi melalui whatsapp, Jaja, salah satu pihak terkait, mengungkapkan bahwa sejak awal telah terjadi geseran. Selain itu, perlu dicek kedalaman sesuai perencanaan atau tidak. Ia mengatakan bahwa dirinya hanya melakukan survei awal bersama lurah setempat.

Setelah itu, ia mengukur ketinggian jembatan, dan selanjutnya pihak pengawas yang harus memastikan kesesuaian dengan perencanaan. Jaja menambahkan, “Saya merancang perencanaannya saja, setelah itu saya pasrahkan kepada pengawas. Di sinilah pengawas harus melakukan pengecekan ulang sesuai dengan perencanaan. Jika diperiksa, seharusnya tidak ada masalah, sebelumnya telah ada 4 jembatan seperti ini, dan tidak ada yang bermasalah. Jadi, jika jembatan yang keempat masih baik, masalahnya mungkin ada pada pengawas atau pelaksana yang kurang melakukan pengawasan. Pengawas kurang mengontrol, sementara pelaksana hanya berfokus pada keuntungan.”

H. Ali, pemilik CV. Jaya Alfa Rizky mengkonfirmasi bahwa dirinya hanya memiliki perusahaan dan meminjamkan CV tersebut kepada Iyos dan Hendra sebagai pelaksana proyek tersebut. Ali menjelaskan bahwa pertanyaan lebih lanjut sebaiknya diajukan kepada Iyos dan ia menegaskan terkait kesiapannya untuk bertanggung jawab atas seluruh kejadian ini. (DJ)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA