by

Pemerintah Desa Makarti Jaya Bekerjasama dengan PT. Hengjaya Mineralindo Gelar Pelatihan Cara Kelola Sampah

KOPI, Sulawesi Tengah – Pemerintah Desa Makarti Jaya, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, menggelar pelatihan untuk masyarakat dengan tema “Pengelolaan Sampah melalui TPS3R”, Sabtu (6/8/22), berlangsung di Balai Pertemuan Desa Makarti Jaya. Kegiatan tersebut berjalan lancar berkat kerjasama dengan PT. Hengjaya Mineralindo.

Kegiatan tersebut diikuti 40 orang peserta dari Desa Makarti. Hadir sebagai narasumber, Rahmat Hidayat selaku CSR & ER PT. Hengjaya Mineralindo.

Sebelumnya, PT. Hengjaya telah mengusulkan pembuatan TPS3R di desa lain, namun tidak mendapat respon positif. Lalu, PT. Hengjaya berkunjung ke Desa Makarti Jaya yang disambut baik oleh Kepala Desa Makarti, Abdul Hakim, untuk mengusulkan pembuatan TPS3R.

“Semoga dengan adanya TPS3R di Desa Makarti Jaya, maka akan menjadikan masyarakat sadar akan manfaat sampah yang selama ini berserakan di setiap jalan poros, lebih-lebih di lorong-lorong,” ujar Rahmat kepada awak media ini di sela-sela pelatihan.

Lanjutnya, yang menjadi kendala setiap desa yang ada di Kecamatan Bahodopi sejak beberapa tahun ini adalah sampah. “Dari sekian banyak desa di Kecamatan Bahodopi yang terparah adalah Desa Lobata, selain sampah berserakan, air comberan pun sangat meresahkan masyarakat karena pembuangan airnya bukan ke parit tapi justru ke jalan poros,” jelasnya.

Rahmat pun berterima kasih kepada Kepala Desa Makarti, Abdul Hakim yang dikenal sangat baik. Ia sanggup menyediakan lahan tanah milik pribadi untuk dibangun TPS3R.

“Berkat kerjasama dengan Kepala Desa Makarti, pembuatan TPS3R akan segera bisa direalisasikan, karena Kepala Desa Makarti bersedia mengizinkan lahan tanah milik pribadi untuk dijadikan TPS3R. Saya sudah pernah mengajukan ke desa lain, namun pihak desa beralasan tidak memiliki lahan,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat yang enggan disebutkan namanya mengatakan bersyukur dengan adanya rencana Pemerintah Desa Makarti Jaya yang bekerjasama dengan PT. Hengjaya membangun TPS3R. “Kami selaku warga sangat gembira sebab masalah sampah yang sudah sekian tahun belum teratasi walaupun sudah berkali-kali diusulkan ke pemerintah daerah tapi sampai saat ini belum ada solusi mengatasi persoalan sampah. (Sukamri)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA