by

Seminar Hasil Penelitian “MBKM, Self- Compassion dan Resiliensi Mahasiswa”

KOPI, Jakarta – Pada hari Selasa, 28 Desember2021, Fakultas Psikologi bekerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Jayabaya mengadakan Seminar Hasil Penelitian yang bertajuk “MBKM, Self- Compassion & Resiliensi Mahasiswa”. Seminar ini diadakan secara hybrid (luring dan daring).

Seminar luring yang diselenggarakan di kampus Universitas Jayabaya ini tetap mematuhi protokol kesehatan, antara lain melakukan cek suhu tubuh, cek sertifikat vaksin, membersihkan tangan dengan hand sanitizer yang telah disiapkan panitia dan yang hadir diwajibkan meemakai masker. Di samping itu, kapasitas ruangan dibatasi 60 % dan ruangan disterilisasi sebelum dan sesudah pelaksanaan acara.

Seminar ini dihadiri Dekan Fakultas Psikologi dan Wakil Dekan 3 Fakultas Hukum Universitas Jayabaya Bapak Hermansyah SE., SH.., MM. Dalam seminar ini diundang narasumber dari dunia industry untuk memberikan gambaran mengenai program MBKM yang telah diterapkan di perusahaannya.

Narasumber yang hadir adalah Bapak Risdhianto B. Irawan, Administration Director PT Komatsu Indonesia; perusahaan yang bergerak di bisnis pembuatan dan penjualan peralatan konstruksi dan pertambangan, peralatan utilitas, forest machines, mesin industri dan lain-lain.

Dalam kesempatan ini disampaikan Sasaran Program Perusahaan, yaitu: Target Activity sebanyak 20 sks penuh, tingkat kemampuan setara dengan level sarjana, menjadi bagian dari sebuah tim – terlibat secara aktif di kegiatan tim, masukan terkait performa kinerja setiap 2 bulan, harus memberikan presentasi di akhir magang kepada salah satu pimpinan perusahaan. Berdasarkan hasil pengamatan pihak Komatsu di lapangan, modal psikologis yang dibutuhkan Mahasiswa magang antara lain adalah: Kolaborasi, motivasi berprestasi, komunikasi dan resiliensi.

Hasil penelitian yang dilakukan tim yang terdiri dari Dra. Sri Mulyani Nasution, Dr. Widura Imam Mustopo, Ayu Lestari dan Wahyu Putri Widiastuti, dipresentasikan oleh Dr. Widura Imam Mustopo. Dalam penyajian hasil penelitian, beliau menyampaikan bahwa hasil penelitian yang dilakukan di Fakultas Psikologi Universitas Jayabaya mengenai Gambaran self-compassion mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Jayabaya dalam menjalani program MBKM.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-compassion mahasiswa cenderung rendah dalam menjalani program MBKM. Self-compassion dipandang sebagai dukungan sosial yang digunakan individu sebagai pengalihan upaya untuk membantu dan mengatasi diri secara emosional.

Elaborasi yang dilakukan dalam penelitian melalui focus group discussion menunjukkan bahwa Secara umum peserta diskusi menyambut antusias program MBKM dan diperkirakan sangat membantu mengenal dunia kerja dan diharapkan dapat mengembangkan kompetensi terutama soft skill yang dibutuhkan di dunia kerja. Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Jayabaya bersikap positif untuk lebih meningkatkan motivasi berprestasi dengan adanya program MBKM.

Lebih Lanjut disarankan dukungan sosial emosi dari penanggung jawab akademik untuk mengatasi berbagai kesulitan selama terjadinya perubahan. Perlu peraturan dan kebijakan yang jelas di tingkat Universitas mengenai MBKM sehingga mahasiswa dapat mengantisipasi perubahan dan melakukan strategi untuk mengatasinya.

Seminar ini dipandu oleh Moderator Sheha A. Habib, SH.MH dosen Fakultas Hukum Universitas Jayabaya. Pelaksanaan seminar secara luring dan daring ini kembali membangkitkan semangat Mahasiswa untuk kembali kuliah ke kampus secara luring. Setelah mengikuti perkuliahan secara daring selama dua tahun masa pandemic, ada kecenderungan Mahasiswa mulai enggan untuk kembali kuliah secara luring. (Riri)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA