by

Opini Tendik Universitas Jayabaya tentang Implementasi Program MBKM

KOPI, Jakarta – Tim peneliti dari Universitas Jayabaya yang terdiri dari Ketua Tim Peneliti Dra. Hj. Dewi Setyarini, MS, dan para anggota tim peneliti yakni: Dra. Winarni, M.Si dan Melita Sari berhasil menuntaskan penelitian dengan metode survey terhadap opini tendik Universitas Jayabaya tentang Implementasi Program MBKM, dalam penelitian yang bertajuk : “Opini Tenaga Kependidikan (Tendik) Universitas Jayabaya Tentang Implementasi Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM)”.

Survey opini tendik tentang implementasi program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) ini dilaksanakan pada hari Senin tanggal 20 Desember 2021. Metode penelitiannya survey dan teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuestioner dan FGD (Focus Group Discussion).

Responden penelitian adalah tenaga kependidikan (tendik) Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, serta Fakultas Psikologi. Ada 17 item yang ditanyakan kepada tenaga kependidikan.

Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar tenaga kependidikan (tendik) yang menjadi responden dari Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, dan Fakultas Psikologi belum tahu secara detail tentang Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM).


Data yang diperoleh melalui penyebaran angket dianalisis dengan menggunakan uji statistic.

Pengetahuan tentang MBKM diperoleh dari media sosial LLDikti Wilayah 3, kemudian Pimpinan Fakultas/Prodi, dan mahasiswa yang datang ke tendik (tenaga kependidikan) untuk dibuatkan surat ijin mengikuti program MBKM.

Namun Tendik (tenaga kependidikan) sendiri belum dapat mensosialisasi program MBKM kepada mahasiswa, hal ini dikarenakan universitas belum mengimplementasikan program MBKM. Program MBKM di Universitas Jayabaya masih dalam tahap persiapan. Hal ini yang menyebabkan tendik tidak mengetahui tentang program MBKM secara mendalam.

Laporan penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran Opini Tenaga Kependidikan di Universitas Jayabaya tentang implementasi Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang telah dicanangkan oleh Kemendikbudristek.

Laporan penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan gambaran pengetahuan tendik (tenaga kependidikan) tentang program MBKM, keterlibatan tendik dalam sosialisasi program MBKM, hambatan / kendala implementasi program MBKM dan tindak lanjut dari program MBKM.

Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa opini tendik tentang Program MBKM adalah tendik tidak mengetahui secara mendalam, mengetahui melalui media massa dan dari pimpinan fakultas / prodi. Tendik tidak terlibat dalam kegiatan sosialisasi program MBKM pada mahasiswa, serta tidak mengetahui manfaat, tujuan, sasaran dari program MBKM, dengan demikian tidak mengetahui kendala / hambatan program MBKM. Sedangkan untuk tindak lanjut dari Program MBKM, tendik berharap bahwa program ini dapat segera direalisasikan.

Program MBKM perlu segera disosialisasikan kepada tendik. Selanjutnya tendik ikut mensosialisasikan ke mahasiswa. Diharapkan dengan program ini mahasiswa memiliki pengalaman kerja, menambah wawasan, kreatif dan inovatif.

Dari hasil penelitian ini, peneliti merekomendasikan beberapa hal, yaitu segera merealisasikan implementasi Program MBKM, menyiapkan tenaga kependidikan yang handal, sehingga benar-benar memahami Program MBKM, dan memanfaatkan media sosial untuk mensosialisasikan Program MBKM. (imung)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA