by

Program Bupati Menyapa Bagi Desa se-Kabupaten Jembrana Siapkan Program Beasiswa Bidik Misi

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba melaksanakan program Bupati Menyapa bagi Desa atau Kelurahan se-Kecamatan Negara, kali ini dipusatkan di Gedung Mendopo Kesari, Jumat malam (22/12/2023). Kegiatan Bupati Menyapa tersebut mengajak segenap pimpinan OPD, bupati menyapa warganya dengan menyampaikan berbagai program termasuk menampung aspirasi yang disampaikan.

Seperti sebelumnya, program Bupati Menyapa kali ini terakhir di Kecamatan Negara, Bupati Jembrana membuka ruang diskusi dan memberikan motivasi untuk anak-anak muda dengan memaparkan sejumlah program pemberdayaan yang ditujukkan bagi generasi muda Jembrana. Salah satunya program penyaluran tenaga kerja keluar negeri, dengan mendukung program ini, Kabupaten Jembrana telah melaksanakan MoU dengan sejumlah lembaga penyalur kerja dan memfasilitasi pelatihan dan keberangkatannya.

Terkait hal tersebut, Bupati Tamba menjelaskan bahwa selain hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Jembrana juga menyiapkan program beasiswa berprestasi dan kurang mampu, terdapat ada 759 orang mahasiswa penerima beasiswa, dimana 750 orang penerima beasiswa tersebut merupakan mahasiswa yang berprestasi, sedangkan khusus mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk tahun ini terdapat 9 orang, yang mendapatkan bantuan. “Khusus KK miskin yang ada di Jembrana, kali ini saya menyiapkan program beasiswa agar bisa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi yang ada di Jembrana yaitu melalui program Beasiswa Bidik Misi,” jelasnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga mengatakan bahwa pemberian penghargaan bagi mahasiswa berprestasi yang berasal dari pemuda daerah, serta biaya pendidikan kepada mahasiswa kurang mampu adalah salah satu bentuk pengakuan dan apresiasi Pemerintah Kabupaten Jembrana atas prestasi para pemuda dalam menuntut ilmu pada jenjang pendidikan tinggi. “Hal ini diharapkan dapat membantu meringankan beban yang ada serta meningkatkan motivasi untuk dapat bersaing dengan pemuda daerah lainnya, disamping itu pula dengan adanya program ini, diharapkan adanya timbal balik untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Jembrana, “ucapnya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk memaksimalkan fungsi dan peran dari berbagai sektor antara lain, pertanian dan perikanan. “Saya mengajak para petani untuk memperbaiki sektor hulu dengan menanam tanaman kakao yang unggul, tidak hanya pertanian tetapi juga perikanan untuk lebih memaksimalkan fungsi dan peran Pelabuhan Perikanan Pengambengan, sehingga membuka peluang kesempatan kerja dan aktifitas perekonomian semakin meningkat, ” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA