by

Lecturer Exchange Fakultas Psikologi Universitas Jayabaya dan Thaksin University Thailand

KOPI, Internasional – Dalam upaya menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan internasional dan memiliki daya saing dengan lulusan universitas negara lain sekaligus meningkatkan daya saing perguruan tinggi Indonesia dengan perguruan tinggi luar negeri, tahun 2019 Fakultas Psikologi Universitas Jayabaya telah menjajagi kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri yang mempunyai reputasi baik.

Di antara penjajagan yang telah dilakukan Fakultas Psikologi Universitas Jayabaya yang difasilitasi oleh Konsulat Republik Indonesia di Songkhla Thailand telah sampai pada kegiatan implementatif dalam skema LoI (Letter of Intent) dengan Faculty of Education Thaksin University, di Songkhla Thailand. Sayangnya tindak Lanjut dari perjanjian tersebut sempat tertunda karena pandemi covid-19.

Pada Rabu 6 Oktober yang baru lalu, Fakultas Psikologi Universitas Jayabaya akhirnya mewujudkan kerjasama tersebut dalam bentuk pertukaran dosen yang bertajuk “THE 1ST VIRTUAL LECTURER EXCHANGE IN COOPERATION BETWEEN JAYABAYA UNIVERSITY (UJB) FACULTY OF PSYCHOLOGY WITH THAKSIN UNIVERSITY FACULTY (TSU) OF EDUCATION”.

Materi yang disampaikan dalam bentuk kuliah umum tersebut berjudul “Applications of Health Psychology during the Pandemic; Dra. Sri Mulyani Nasution, M.Psi. didapuk sebagai dosen yang menyampaikan kuliah sebagai perwakilan dari Fakultas Psikologi universitas Jayabaya.

Kuliah umum tersebut dihadiri mahasiswa dari kedua belah pihak, yaitu mahasiswa fakultas psikologi dari Universitas Jayabaya Jakarta dan mahasiswa fakultas Pendidikan dari Thaksin University, Songkhla,Thailand.

Fachry Sulaiman, SH selaku Konjen RI untuk Songkhla, yang telah memfasilitasi Kerjasama ini, dalam sambutannya mengatakan: ”Kami memang memberikan atensi soal ini agar kami dapat mengikuti perkembangan kerjasama ini yang bagi kami tentunya berdampak memperluas jaringan friends of Indonesia di wilayah kerja kami. Intinya mutual benefit. Ini juga kami harapkan jadi legacy kami sebelum kembali ke tanah air. Networking yang baik dengan masyarakat perguruan tinggi di Thailand selatan sejauh ini cukup baik dan dapat tanggapan positif.”

Selaku Dekan Fakultas Psikologi Universitas Jayabaya, Dr. Widura Imam Mustopo menyampaikan bahwa Pihak Fakultas Psikologi Universitas Jayabaya terus menindaklanjuti kerjasama pendidikan bidang psikologi.

Sembari menunggu MOU selesai, Fakultas Psikologi Universitas Jayabaya melaksanakan kegiatan Lecturer Exchange yang telah berlangsung tersebut.

Dalam kuliah umum tersebut, hadir pula Dekan Faculty of Education, Thaksin University, Ass. Prof. Amonwan Weerathammo, Ph.D. untuk memberikan sambutan.

Materi kuliah umum disampaikan dalam Bahasa Inggris dimana pemateri mendorong dilakukannya Pendekatan masyarakat untuk membangun resiliensi komunitas selama pandemi covid-19. Materi kuliah umum tersebut sekaligus memberikan wawasan tentang bagaimana mengatasi tantangan kesehatan di Indonesia, khususnya di masa pandemic covid-19.

Kuliah umum tersebut dipandu Dr. Chakadee Waiyavutti dari Pihak Thaksin University dan dibantu Dini Hidayati S.Pd, M.Pd sebagai penerjemah dari Fakultas Psikologi Universitas Jayabaya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi pembuka jalan di lingkup Universitas Jayabaya, khususnya fakultas psikologi, bagi tercapainya tujuan internasionalisasi perguruan tinggi yang dicanangkan Kemendikbud. (Reportase: Riri)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA