by

Sembahyang Imlek di Klenteng Kong Miao TMII Dilakukan dengan Protokol Kesehatan

KOPI, Jakarta– Sembahyang umat Khonghucu dalam Perayaan Tahun Baru Imlek 2572 Kongzili dilakukan antara lain di Klenteng Kong Miao, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada Jumat (12/2/2021) dengan protokol kesehatan yang ketat guna mencegah penyebaran Covid-19.

Ketua Matakin Provinsi DKI Jakarta Ws. Liem Liliany Lontoh, SE., M.Ag. mengatakan perayaan kali ini berbeda dengan perayaan tahun sebelumnya karena kita sedang pandemi. “Perayaan kali ini berbeda dengan perayaan tahun sebelumnya karena kita sedang pandemi. Acara sembahyang di Klenteng Kong Miao pun dengan protokol kesehatan yang ketat mulai dari pintu kedatangan hingga pintu keluar klenteng. Umat yang hadir diminta mencuci tangan dulu memakai sabun dan air mengalir selama 20 detik, hindari kerumunan, dan menjaga jarak. Di semua tempat di Kong Miao diterapkan protokol kesehatan (prokes),” katanya.

Ketua Hubungan Antarlembaga dan Lintas Agama Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) Pusat ini juga mengatakan tahun-tahun sebelumnya umat berbondong-bondong sembahyang di klenteng, tapi sekarang persembahyangan dilakukan dengan sangat sederhana. Umat Khonghucu yang hadir merupakan perwakilan beberapa pengurus dari masing-masing wilayah di Jakarta.

“Penyelenggara pun menerapkan protokol kesehatan secara ketat, mulai dari pintu kedatangan hingga pintu keluar klenteng. Umat yang hadir di klenteng dicek suhu serta kelengkapan alat pencegah virus seperti masker, pencuci tangan, hingga memastikan formasi jaga jarak,” terangnya.

Liliany juga menjelaskan sebelumnya panitia telah memberikan pengumuman kepada umat bahwa agenda sembahyang Imlek kali ini dibatasi pesertanya.

“Hanya dihadiri oleh perwakilan umat saja. Kita mewakili seluruh masyarakat untuk berdoa. Semoga kita selalu dilimpahi keberkahan untuk masyarakat Indonesia agar pandemi ini segera berakhir dan bencana segara teratasi,” tambahnya.

Panitia juga meminta seluruh umat yang hadir untuk menunda proses silaturahmi ke rumah keluarga. Penyelenggaraan barongsai yang biasanya menjadi tradisi rutin Imlek di Klenteng Kong Miao pun ditiadakan

“Untuk Imlek biasanya silaturahmi dari rumah saudara ke saudara yang lain, tapi kali ini kita imbau untuk merayakan sendiri saja di rumah supaya aman untuk diri sendiri dan keluarga,” terangnya.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA