by

Kunci Dapatkan Pekerjaan Impian di 2021 dengan 10 Tren Keterampilan

KOPI, Jakarta – Sampoerna University “Bright Future Festival” mengundang salah satu konsultan perekrutan profesional terkemuka Indonesia, Michael Page International untuk ikut membagikan tips pengembangan skill dan kredensial diri dalam sesi webinar “Top Trending Skills and How to Get the Jobs You Want’.

“Indonesia diharapkan menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi terbesar di APAC pada tahun 2025, dengan target PDB berada di angka 5,0 % pada 2021. “Digitalisasi tentu menjadi salah satu permintaan paling tinggi di Indonesia diikuti dengan munculnya berbagai proyek infrastruktur digital. Sehingga di 2021, ada banyak perusahaan membutuhkan pekerja kompeten, mampu beradaptasi, dan siap menghadapi situasi menantang ini,” ujar Imeiniar Chandra, Director Digital and Technology Michael Page Internasional, Rabu (08/12/2020).

Generasi muda diharapkan sudah memiliki bekal edukasi matang dan mampu mengembangkan skill atau keterampilan diri yang baik, “Selain bekal pendidikan, kami memprediksikan ada 10 skill paling dicari dan dibutuhkan perusahaan di 2021 yaitu, growth mindset atau pola pikir untuk selalu berkembang, continuous learning atau mental untuk terus belajar, berpikir kritis, fleksibilitas, dedikasi, rasa ingin tahu tinggi, survival skill atau kemampuan bertahan dalam kondisi apapun, coaching mindset yaitu pintar mencari potensi dan mengembangkannya, leadership atau mampu bertahan dalam ambiguitas, serta kemampuan berkembang dalam lingkungan virtual,” tambah Imeiniar.

Imeiniar juga menjelaskan, rata rata hanya 2 persen CV yang berhasil lolos pada tahap pertama seleksi kerja. “Ada 3 hal yang perlu diperhatikan dalam menulis CV, yaitu sesuaikan pengalaman dengan deskripsi pekerjaan yang ditargetkan, fokus pada prestasi, serta gunakan struktur CV baik dengan format profesional. Bagi yang telah berhasil lolos tahap pertama, kunci kesuksesan dalam interview adalah 3P yaitu Past pengalaman relevan dengan target pekerjaan, People, tunjukkan keterampilan komunikasi dalam membangun relasi, dan Personal, memiliki keunikan atau keahlian berbeda dari yang lain,” urai Imeiniar lagi.

Bagi generasi muda, lanjutnya, meskipun saat ini kita sedang menghadapi masa sulit dengan persaingan pekerjaan semakin ketat, janganlah cepat menyerah dan tetap membuka diri pada kesempatan apapun. “Saya harap pemaparan hari ini dapat membantu mengembangkan skill kalian dan memperkuat kredensial diri yang nantinya mengantarkan kalian ke pekerjaan impian dan masa depan yang lebih gemilang,” tutup Imeiniar.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA