by

Peringati HUT ke-24, DWP Jembrana Gelar Lomba Nasi Tumpeng dan Vas Toga

KOPI, Jembrana – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Jembrana menggelar Lomba Nasi Tumpeng dan Vas Toga (vas dirangkai dengan tanaman obat keluarga) yang diikuti oleh seluruh DWP Unit di Kabupaten Jembrana, digelar di Gedung Kesenian Ir. Soekarno, Jembrana Bali, Jumat (15/12/2023). Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke-24.

Total ada sebelas grup yang mengikuti lomba tersebut, dimana masing-masing grup terdiri dari gabungan beberapa DWP unit. Para peserta tampak sangat antusias menampilkan nasi tumpeng dan vas dari toga beserta kreasinya, hasil karya tersebut secara langsung dilihat oleh Nyonya Candrawati Tamba selaku Penasehat DWP Jembrana didampingi Ketua DWP Jembrana, Nyonya Yuniati Budiasa.

Terkait hal tersebut, Nyonya Candrawati Tamba mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh DWP Kabupaten Jembrana, kata Nyonya Candrawati, dalam perlombaan selalu ada pihak yang menang maupun kalah, tetapi hal tersebut menurutnya adalah suatu hal wajar. “Kepada para peserta agar tetap semangat, karena kalah dan menang adalah sesuatu yang biasa,” ujarnya.

Pihaknya mengatakan bahwa menjadi juara bukanlah poin utama dari perlombaan tersebut, ia menegaskan melalui kegiatan serangkaian peringatan HUT DWP ke-24, para anggota DWP dapat meningkatkan keterampilan serta meningkatkan kekompakan dalam mendukung program-program Pemerintah Kabupaten Jembrana. “Hal tersebut bukan tujuan utama dalam penyelenggaraan kegiatan ini, yang penting adalah bagaimana ibu-ibu bisa meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta memperat tali persaudaraan untuk bersama-sama bersatu padu membangun Jembrana,” ucapnya.

Selain itu, Nyonya Candrawati Tamba juga mengajak seluruh anggota DWP Kabupaten Jembrana untuk ikut berperan dalam mengatasi masalah kemiskinan, kekerasan terhadap perempuan dan anak, perundungan, pernikahan dini dan balita stunting. “Sebagai kaum perempuan, kita harus mendukung pemerintah dan bergerak bersama dalam mengentaskan kemiskinan dan mencegah terjadinya kasus kekerasan pada perempuan dan anak, semuanya berawal dari keluarga, karena keluarga sebagai sekolah utama dan pertama dalam membentuk karakter anak dan menjadi tempat berlindung bagi anak dan perempuan,” ajaknya.

Pihaknya juga berharap DWP Kabupaten Jembrana dapat menjadi organisasi yang profesional dalam meningkatkan keterampilan para anggotanya serta dapat berkontribusi dalam pembangunan Kabupaten Jembrana. “Dengan usia yang bertambah, semoga DWP Kabupaten Jembrana menjadi organisasi profesional disertai program-program pengembangan dan peningkatan kualitas anggota DWP yang berkesinambungan, sehingga menjadikan anggota DWP mampu bersaing secara terbuka dan mampu berkiprah secara aktif dalam memberikan kontribusi pemikiran, gagasan serta pandangan terhadap pembangunan daerah yang kita cintai,” harapnya.

Sementara itu, Ketua DWP Jembrana Nyonya Yuniati Budiasa berharap melalui kegiatan lomba nasi tumpeng dan vas toga dapat mengekspresikan kebebasan wanita dalam berkarya dan berkreasi serta membangun kerjasama di antara anggota DWP. “Melalui lomba nasi tumpeng dan vas toga ini kita harapkan para anggota DWP semakin kompak, sehingga bisa bersatu untuk memajukkan Kabupaten Jembrana,” harapnya.

Dengan peringatan HUT DWP ke-24 yang mengusung tema: ‘Peran Strategis Perempuan dalam Pembangunan Berkelanjutan’, Nyonya Yuniati Budiasa menjelaskan bahwa bertujuan untuk meningkatkan kesadaran peran strategis yang dimiliki perempuan, khususnya anggota DWP dalam mendukung pembangunan daerah. “Kita optimalkan peran yang dapat dilakukan oleh perempuan untuk menunjang berbagai pilar-pilar pembangunan khusunya yang berkaitan dengan pendidikan, ekonomi, sosial budaya dan lingkungan,” jelasnya.

Setelah melalui penilaian yang cukup teliti, pemenang lomba akhirnya ditetapkan oleh para juri, untuk lomba nasi tumpeng dimenangkan oleh:

  1. Juara 1 diraih oleh tim gabungan DWP unit Dikpora, Dinas Sosial dan Satpol PP Jembrana
  2. Juara 2 diraih oleh tim gabungan DWP unit Sekda, PPPAPPKB dan Kecamatan Pekutatan
  3. Juara 3 diraih oleh tim gabungan DWP unit Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Badan Kesbangpol dan BKPSDM.

Sedangkan untuk lomba vas toga, dimenangkan oleh:

  1. Juara 1 kembali diraih oleh tim gabungan DWP unit Dikpora, Dinas Sosial dan Satpol PP
  2. Juara 2 kembali diraih oleh tim gabungan DWP unit Sekda, PPPAPPKB dan Kecamatan Pekutatan
  3. Juara 3 diraih oleh tim gabungan DWP unit Diskominfo, Dinas LH dan Dinas PUPRPKP Kabupaten Jembrana.

Demikian uraian pemenang lomba yang digelar Dharma Wanita persatuan Lomba Nasi Tumpeng dan Vas Toga,” (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA